4 Alasan Mengapa AC Harus Rutin Diservice


Di beberapa kota besar, memiliki AC di ruangan hampir menjadi hal yang umum. Namun, tidak semua orang yang memiliki AC mengetahui pentingnya melakukan service rutin terhadap AC mereka. Idealnya, AC perlu di service setiap 3 bulan sekali untuk menjaga kualitas AC agar tetap baik. Service ini minimal berupa mencuci AC agar debu dan kotoran yang menempel pada AC tidak menumpuk dan menyebabkan AC menjadi tidak dingin.
Apabila AC anda tidak dicuci secara rutin, kualitas udara yang dihasilkan AC akan menurun perlahan-lahan sehingga AC tidak lagi dingin. Selain itu, penumpukan debu dan kotoran pada AC juga dapat menimbulkan berbagai masalah dan resiko. Di antaranya adalah:
Biaya listrik akan meningkat
Kotoran dan debu pada AC akan membebani kinerja AC dan membuatnya bekerja lebih keras. Hal ini dapat meningkatkan pemakaian listrik sekitar 5% sampai 15% lebih besar dari kondisi normal.
Memperpendek Umur AC
AC yang kotor akan membuat AC anda bekerja lebih keras untuk mencapai suhu yang diinginkan. Apabila AC bekerja terlalu keras, komponen dalam AC akan lebih mudah rusak sehingga masa pakai AC anda akan semakin singkat.
Mengurangi Kenyamanan
Jika AC anda kotor, udara yang dihasilkan AC menjadi kurang dingin, timbulnya suara berisik pada AC, atau keluarnya air dari unit indoor yang akan mengganggu kenyamanan anda dan keluarga.
Resiko Kesehatan
Selain itu, AC yang kotor juga meningkatkan resiko berkembangnya bakteri dan jamur di dalam AC. Apabila bakteri atau jamur ini terhirup bersama udara yang keluar dari AC, maka akan meningkatkan resiko penyakit pernafasan bagi anda dan keluarga.
Itulah beberapa kerugian jika anda tidak membersihkan AC anda secara rutin. Anda dapat mencuci AC anda sendiri atau menggunakan jasa cuci AC yang ada. Jika anda tidak terlalu mengerti cara mencuci AC, sebaiknya anda menghubungi penyedia jasa cuci AC untuk membersihkan AC anda. Namun, pastikan bahwa jasa cuci AC yang anda gunakan adalah jasa cuci AC yang berkualitas dan dapat dipercaya.

0 komentar

Post a Comment