Sisi Unik Pidi Baiq, Imam Besar The Pandal

sisi unik pidi baiq
Sisi Unik Pidi Baiq, Sumber gambar: disini
Anwariz.com - Di kalangan pelajar dan mahasiswa, tentunya nama Pidi Baiq bukan sosok yang asing lagi bagi mereka. Pasalnya beberapa novel karangan Ayah Pidi Baiq (sapaan akrab beliau) diantaranya Drunken Mama (series), Dilan, Dilan II, dan juga Milea terbukti telah menjadi kesukaan para remaja masa kini. Banyak yang bilang kalau gaya bahasa si Ayah itu bikin mereka baper, pokoknya membuat hati cewek makin meleleh dah. Tak jarang komentar miring tentang gaya Pidi Baiq, mulai dari konyol, kocak, absurd dan apalah-apalah beragam komentar dari pecinta karya beliau.

Betul sekali. Keunikan demi keunikan tak hanya nampak pada hasil karyanya saja melainkan pada sosok Pidi Baiq itu sendiripun punya banyak keunikan tersendiri. Kepiawaiannya membuat lagu dan memainkan gitar di berbagai kesempatan acara diselingi dengan tingkah jenaka, konyolnya membuat beliau digilai banyak wanita (maksudnya dibilang, gilaa..gilaaa.. *peace Ayah :D). Dibalik kesuksesan beberapa buku-novel beliau yang menjadi best seller di pasaran. Pidi Baiq adalah Imam besar sebuah Band Legendaris dikalangannya sendiri sih..haha... Yaa.. Ia adalah pemimpin The Panas Dalam (The Pandal Band)

Terus, apa sudah pada tahu seperti apa sih perjalanan berdirinya The Panas Dalam-nya Pidi Baiq, kalau belum berarti Anda sudah betul membaca artikel ini. Lha emang tujuan penulisannya kan buat ngejelasin itu... Tapi awas, siapkan kepala untuk geleng-geleng sejenak oke... Lanjut!

Ayah Pidi Baiq pernah menjelaskan secara singkat dan gak jelas seperti ini kira-kira ujarnya:
“Jadi, The Panasdalam itu akronim sebetulnya. The-nya dari Atheis, pa-nya dari Paganisme, itu yang menyembah gitu, bukan Tuhan, nas-nya dari Nasrani, da-nya dari Hindu Buddha, lam-nya dari Islam, begitu”.

rumah the panas dalam
Suasana Rumah The Panas Dalam
Kalau jaman saya kuliah dulu, Pidi Baiq itu punya negara sendiri lho.. Saya juga sempat akan bergabung menjadi bagian dari NKRTPD (Negara Kesatuan Republik The Panas Dalam) waktu itu sudah banyak penduduknya dan ada KTP-nya juga. Ngeri tapi kocak didalamnya. Jadi awal kehadirannya memang formatnya bukan band, melainkan komunitas gitu. Ketika saya coba mengitup dari homepage Ayah Pidi, The Panasdalam itu didirikan tanggal 18 Agustus 1995 di salah satu ruangan kuliah yang ada di kampus ITB (Institut Teknologi Bandung) tempat sang ayah mengenyam bangku kuliah.

The Panas Dalam semakin melejit di kalangan anak muda, terutama kalangan pelajar-mahasiswa di Bandung berkat keunikan musik dan pembawaan lirik-lirik nyelenehnya. Maka tak heran jika The Pandal manggung dimana-mana sudah seperti Band Legendaris aja tuh si Ayah.

Mungkin diantara Anda juga banyak yang masih penasaran seperti apa sih kekocakan dan keabsurdan Pidi Baiq, silakan baca tulisan sebelumnya yang sudah saya kemas sebagai berikut;


Jikapun masih ada yang merasa penasaran banget oleh sosok Ayah Pidi bisa langsung saja menyambangi markasnya Imam Besar The Panas Dalam di Bandung, tepatnya di jalan Ambon No. 8 Antara Jl. Ambon dan Jl. Flores

0 komentar

Post a Comment