Bahan Alami Ampuh Hilangkan Jerawat

Jerawat adalah permasalahan kulit yang sudah sering membuat banyak orang jengkel karena masalah kulit yang satu ini sangat sulit untuk dihilangkan terutama jerawat yang disebabkan oleh faktor hormon. Jerawat memiliki banyak penyebab beberapa diantaranya: ketidakseimbangan hormon, bakteri, dan minyak berlebih.
cara hilangkan jerawat secara alami
Ilustrasi Jerawat 

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami

Menggunakan Putih telur

Ada begitu banyak manfaat dari putih telur yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan, utamanya untuk kesehatan kulit. Nutrisi yang ada pada putih telur ini juga begitu bermanfaat untuk dapat menyerap minyak yang terproduksi berlebihan pada bagian wajah. Minyak yang berlebihan pada kulit wajah tentu saja akan sangat menganggu, karena selain membuat kita merasa tidak nyaman, wajah yang berminyak juga merupakan sarang bakteri yang dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan putih telur: Pisahkan putih telur dari kuningnya hingga tidak ada yang tertinggal, masukkan ke dalam mangkuk setelah itu kocok hingga berbusa untuk membuat teksturnya lebih encer. Setelah itu balurkan ke seluruh bagian kulit yang berjerawat hingga merata. Diamkan hingga 15-20 menit sampai putih telur kering, setelah itu bilas dengan air bersih.

Menggunakan Soda kue

Soda kue atau baking soda secara umum merupakan bahan campuran untuk membuat kue. Tetapi ternyata baking soda juga sering digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit termasuk jerawat. Meskipun bukan 100 persen bahan alami soda kue cukup aman digunakan untuk menghilangkan jerawat selama tidak berlebihan. Cara penggunaannya: Campur soda kue dengan air hingga teksturnya menyerupai pasta agar lebih mudah dibalurkan di kulit wajah. Setelah campuran tadi mereta baru terapkan soda kue ke bagain kulit yang berjerawat. Diamkan sekitar 10 menit, dan bilas dengan air sampai bersih. Sesudah menggunakan soda kue sebaiknya anda memakai pelembab wajah karena soda kue dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan sedikit panas.

Madu murni

Madu masih menjadi salah satu andalan sebagai bahan untuk mempercantik kulit wajah karena mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang diperlukan untuk proses regenerasi kulit. Kandungan antibakteri dan antivirus yang dimiliki madu diketahui juga cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat beserta bekasnya. Meskipun demikian, pemakaian madu untuk mengobati jerawat memakan waktu yang tidak sebenatar sehingga anda harus benar-benar bersabar jika ingin menghilangkan jerawat dengan bahan yang satu ini.

Cara menghilangkan bekas jerawat

Bekas jerawat merupakan permasalahan kulit yang sangat mengganggu karena dinilai dapat mengurangi penampilan. Ada banyak jenis bekas jerawat yang umum seperti kemerahan, flek hitam, dan luka (scar). Bekas jerawat berupa kemerahan dan flek hitam secara umum bisa dihilangkan dengan bahan-bahan alami meskipun proses penyembuhannya cukup lama. Sedangkan scar atau parut bekas jerawat umumnya hanya bisa dihilangkan dengan prosedur medis seperti prosedur bedah, dan perawatan laser. Berikut beberapa pilihan cara untuk menghilangkan bekas jerawat:

Chemical peeling: Chemical peeling merupakan prosedur pengelupasan kulit yang menggunakan bahan kimia. Secara umum prosedur ini digunakan untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat, kerutan, dan garis halus di kulit wajah. Chemical peeling memiliki kelebihan berupa proses penyembuhannya yang cepat, tetapi memiliki efek samping seperti kulit terasa terbakar, kulit menjadi lebih tipis, dan lebih mudah mengalami flek hitam kembali.

Prosedur laser: Prosedur laser banyak ditempuh untuk orang yang tidak sabar untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cara biasa. Perawatan laser dilakukan dengan menggunakan cahaya berkekuatan tinggi yang bertujuan untuk meratakan scar atau parut bekas jerawat. Perawatan laser menjadi semakin diminati karena hasil yang diberikan bisa langsung terlihat. Tetapi seperti halnya chemical peeling perawatan laser juga memiliki kekurangan seperti haragnya cukup mahal, memiliki efek samping berupa kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari, timbul rasa terbakar, bahkan memicu pembengkakan. Tentunya efek samping yang ditimbulkan bisa dikurangi jika perawatan dilakukan oleh dokter kulit yang ahli.

Demikian beberapa cara menghilangkan jerawat beserta bekasnya semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Penulis Tamu: Imam Fahrudin, Jawa Timur

0 komentar

Post a Comment