Iseng Iseng Berhadiah Menjadi Blogger Sukses

ANWARIZ.com | Kisah Blogger Sukses Berawal dari Iseng Ngeblog - Blogging atau akrabnya ngeblog menjadi salah satu aktivitas menantang sekaligus sebagai sarana menyalurkan hobi serta bakat menulis.
iseng nulis biar jadi blogger sukses
Image by sumber

Berangkat dari melihat tulisan menarik di blog lain yang mengutarakan manfaat ngeblog, serunya blogging, kemudian mengantarkan saya pada titik dimana ingin memulai menulis via blog. Rasa penasaran juga besar untuk membuktikan ungkapan blogger yang mengatakan bahwa blog bisa menghasilkan uang.

Perjalanan Ngeblog dari Iseng Menjadi Blogger Sukses


1. Blog Iseng


Pertama kali membuat blog sempat bingung setelah blog jadi mau diisi tulisan tentang apa ya?! Pada akhirnya blog tersebut terbengkalai karena postingan hanya alakadarnya saja dan jauh dari berkualitas. Tidak percaya diri juga apakah tulisan itu dibaca atau tidak oleh netizen. Hanya meraba-raba, mengalir apa adanya tanpa terpikir konsep, rencana, optimasi, riset bla bla bla. Pokoknya pada masa-masa ini semua serba mengarang saja. #BlogIseng

2. Hobi Ngeblog


Sedikit demi sedikit mengerti tentang seluk-beluk blogging, istilah dalam blog, lalu kemudian blogging menjadi aktivitas menyenangkan. Selian memperluas wawasan juga media berbagi serta sebagai bonusnya mendapatkan penghasilan dari blognya, banyak  blog yang sudah saya buat dan bertrafik lumayan namun biasa merasa belum puas ganti blog lagi yang bisa karena isi postingan atau juga template blognya. Saat ini saya fokus mengelola blog Anwariz ini serta beberapa blog lain yg juga sudah menggunakan Top Level Domain (TLD).

3. Blog Monetisasi


Seiring berjalannya waktu, pengalaman ngeblog semakin banyak, karena seringnya browsing mulai penasaran dengan make money blogging. Alhasil terus belajar membuat konten menarik serta berkualitas sebagai modal utama monetisasi blog. Semakin gencar melakukan blogwalking ke blog-blog hebat di Indonesia demi mendapatkan ilmu baru tentang teknik Optimasi Mesin Pencarian (SEO) baik itu SEO on page, off page, sampai kepada teknik promosi blog melalui media sosial.

6 Tips Evaluasi Blogger Pemula 

sukses ngeblog berawal dari iseng

Pertama kali belajar ngeblog mengunakan platform dari WordPress dan Blogger (Blogspot) tentunya ada kelebihan serta kekurangan diantara keduanya. Waktu terasa berjalan begitu cepat hingga setelah mengenal Google AdSense saya putuskan untuk lebih fokus menggunakan blogspot (blogger) karena dirasa lebih mudah juga nyaman ketika mengelolanya. 

Pada tahap itu menjadi suatu pengalaman tersendiri sebagai blogger pemula. Lalu kemudian saya melakukan beberapa evaluasi mengenai perbedaan ngeblog bada saat pertama kali membuat blog dengan saat ini ketika sudah sedikit memiliki pengalaman. Untuk itu saya sertakan juga hasil evaluasinya dibawah ini sebagai bahan pembelajaran juga bagi teman-teman ketika ingin membuat blog. #Blogger


Beberapa Kesalahan Blogger saat Memulai Ngeblog


1. Tampilan Amat Sederhana


Tampilan sederhana menjadi ciri khas blogger pada saat pertama kali membuat blog. Dalam hal ini, belum banyak mengetahui cara menggunakan template, mengedit serta memodifkasinya. Menggunakan template free premium dari luaran pun belum mengetahuinya, padahal kita bisa menggantinya. Silakan Anda searching tentang template dan cara memilih template blog yang baik, saya rasa banyak ditemukan.

2. Asal Copy Paste  


Memposting artikel seenaknya saja tanpa mencantumkan sumbernya padahal tulisan itu karya orang lain. Hal semacam ini masih dilakukan oleh blogger pemula karena ketidaktahuan mengenai etika menulis sebuah artikel. Itu akan sangat merugikan terutama jika aktivitas blogging untuk monetisasi Google AdSense, karena itu merupakan pelanggaran TOS-nya Google. Sebaiknya mulai dikurangi sedikit demi sedikit, kalaupun mau copy jangan langsung paste melainkan ubah dahulu menggunakan kalimat sendiri.

Terkait:
Tips Menulis Artikel Baik dan Berkualitas
Ngeblog di Tempat Baru Lebih Produktif

3. Tanpa Teknik SEO.  

Ini bisa terjadi saat mereka insert gambar atau copy paste artikel yang salah posisi. Sehingga format dari microsoft word masih nempel atau tidak adanya penggunaan alt dan title untuk gambar. Silakan belajar teknik SEO untuk pemula. Termasuk pemasangan meta tag blog dll.

4. Tidak Mengeti Apa itu Read More


Jika mengacu kepada standar postingan dari blogger (blogspot) maka setiap tulisan baru akan terlihat memanjang, sehingga kadang mengganggu bagi mereka yang ingin melihat artikel lainnya. Sekedar masukan saja, cobalah membuat potongan readmore secara manual dengan menggunakan fasilitas icon kertas terputus di bagian atas menu ketika membuat postingan baru. Itu akan sangat membantu. #Ngeblog

5. Blog Tidak Responsif


Tidak dapat dipungkiri lagi, saat ini pencari informasi pada kenyataannya telah banyak menggunakan gadget atau smartphone ketika mengakses internet, sehingga blog yang dibuat diharuskan mengikuti perkembangan atau template harus bisa menyesuaikan dengan perangkat milik pencari informasi tersebut. Artinya buatlah blog Anda responsif agar tidak ada hambatan ketika diakses dari berbagai platform.


Baca juga: Cara Praktis Optimasi SEO On Page Blog

6. Minim Fitur Pendukung.  


Pada saat awal ngeblog masih bingung tentang fitur apa saja yg pas diterapkan pada blog sehingga performa blog kurang begitu maksimal. Anda bisa mencari tahu tentang fitur-fitur penting untuk blog sebelum memulai bikin blog. Misal; Fitur komentar via facebook, via Google+ atau Disqus, Share Button, Related Post dll. #Blogger

Demikianlah ulasan tentang Perjalanan Ngeblog Biar Jadi Blogger Sukses, semoga dapat memberikan sedikit banyak manfaat bagi kita semua terutama bagi teman-teman yg berencara mulai membuat blog dan mendalami blogging. Sampai jumpa di artikel Anwariz berikutnya. Salam Senyum!

0 komentar

Post a Comment