Friendster Indonesia Media Sosial Baru Menjadi Trend Kalangan Netizen

ANWARIZ.com | Friendster.id Sosial Media Baru Indonesia - Beberapa waktu sebelum kemunculan Facebook dan Twitter, Friendster adalah media sosial yang banyak digemari kala itu terutama dikalangan remaja. Pada saat itu belum jamannya smartphone sperti sekarang ini, sehingga bilik-bilik warnet kerap dipadati oleh mereka yang rela menghabiskan waktu untuk berlama-lama nongkrongin Friendster.

friendster indonesia medsos baru
Laman Depan Friendster.id
Masa jaya Friendster harus berakhir pada tahun 2009, seiring dengan dominasi Facebook yang kian mengokohkan jaringannya. Pada tahun itu pula, Friendster dibeli taipan Malaysia kemudian fungsinya beralih menjadi portal social game online beberapa tahun berikutnya yakni pada pertengahan 2011.

Mengenal Friendster Media Sosial Indonesia Banget

"Friendster adalah sebuah media sosial yang membantu untuk berbagi asa, cerita, dan tawa bersama orang-orang terpenting dalam hidup Anda. Sebagai situs jejaring sosial karya anak bangsa, Friendster merupakan sebuah gambaran khas dari karakter bangsa, terutama jiwa semangat muda-mudi Indonesia. Bersama Friendster Anda akan tetap dekat dengan kami, kita, dan mereka. Selamanya," begitu sapaan pertama di dalam situs tersebut.

Kemunculan Friendster baru ini sempat mendapat sorotan dari berbagai pihak. Bagi rekan-rekan yang dulu mungkin pernah menikmati serunya mengutak-atik akun Friendster (Old), tentu merasa sangat penasaran seperti apakah pengganti media sosial fenomenal tersebut.

Friendster id  Media Sosial Karya Anak Negeri

Tahun 2016 menjadi tahun fenomenal buat saya karena bisa menggunakan media sosial Friendster (walaupun bukan versi jadul) hehe.. Senangnya. Situs ini juga menawarkan layanan media sosial, kali ini situs Friendster yang menggunakan ekstensi domain .id tersebut merupakan sebuah karya asli developer dalam negeri. Dibawah naungan PT. Kebunbibit Penuh Bunga, Friendster.id mulai meluncurkan layanannya pada tanggal 9 Maret 2016 silam.

Pihak Friendster.id menjelaskan bahwa situsnya tidak ada hubungan kerjasama atau afiliasi dengan pihak Friendster lawas yang bermarkas di Amerika. Maka secara otomatis pernyataan tersebut menjawab pertanyaan besar sebagian masyarakat mengira bahwa Friendster ID merupakan bentuk baru dari Friendster lawas.

Tampilan Antarmuka Friendster ID

Jika menilik dan mengamati tampilan situs media sosial Friendster.id, pada dasarnya terdapat kemiripan yang cukup mencolok dengan Facebook. Menggunakan warna dasar biru kuning saja sebagai pembeda, ternyata Friendster.id juga mempunyai layanan nyaris sama dengan Facebook. Update status, posting foto, video, musik, file dan lainnya bisa kita lakukan di laman tersebut.

Tombol "LIKE" dengan menggunakan karakter "JEMPOL" juga digunakan oleh Friendster.id ketika ada teman yang menyukai postingan kita. Hanya saja jika di FB tidak ada sistem "DISLIKE" maka sitem ini diterapkan pada Friendster.id. Jika ingin membuat grup, kita juga bisa melakukannya di startup yang boleh dibilang masih amat belia ini. Kompleksitas dari situs ini belum menyaingi Facebook, tapi untuk kelas startup hal itu sangat wajar karena masih bisa merasakan fasilitas beragam sekaligus bernostalgia.


Chatting juga bisa dilakukan di Friendster.id seperti halnya pada Facebook. Kita bisa berpesan langsung secara personal antar pengguna dengan dukungan fitur messanger ala friendster. Untuk berbagi konten dengan media lain juga bisa dilakukan karena disitu terdapat media content sharing seperti berbagi ke Twitter, Google+, Facebook, dan WhatsApp. 

Menjiplak Nama Besar Friendster Lawas, Benarkah?

Tak lagi bisa dipungkiri jika memang media sosial baru besutan anak muda Indonesia dengan kreativitas tinggi ini seolah-olah mendompleng nama besar Friendster lawas yang dahulu sempat merajai situs media sosial. Cukup riskan memang, jika saya harus berpendapat dalam kasus ini dikhawatirkan suatu saat bisa saja pihak Friendster (Old) menuntut atau apalah itu istilahnya kepada Friendster ID. Namun, tentu saja itu hanya perkiraan semata karena belum tahu sepak terjangnya akan seperti apa kedepan.

Pemilik Friendster.id Akhirnya Terungkap

Mengutip dari Techno.id beberapa waktu lalu, website itu ternyata dimiliki oleh PT. KebunBibit Penuh Bunga. Perusahaan tersebut dikenal sebagai pemilik platform jual-beli tanaman KebunBibit.id yang didirikan sekaliugus dipimpin oleh seorang pria berambut gimbal bernama Steve Stanley.

foto founder friendster indonesia dan kebunbibit
Steve Stanley, image by cdns.klimg.com
"Dua hari launch, user sudah 2.000-an," aku pria berambut gimbal itu. Hari ini, Steve mengaku pengguna Friendster.id sudah meningkat drastis hingga 20.000. Kemarin saja, visitor-nya tercatat mencapai 50.000.

Sudah waktunya kehadiran Friendster.id layak kita apresiasi. Sebuah usaha mengandalkan segala potensi dan kreatifitas dari sekelompok pemuda Indonesia sehingga membawa nama bangsanya tercium oleh bangsa tetangga. 

Penasaran untuk mencoba menggunakan Friendster ala Indonesia? Silakan langsung saja kunjungi situs resminya ya. Selamat bernostalgia!