Cara Menulis Artikel Review Efektif dan Baik di Blog

ANWARIZ.com | Cara Membuat Artikel Review yang Baik dan Benar - Kesalahan mendasar saat membuat artikel review biasanya kerap dilakukan oleh seorang blogger pemula atau penulis baru, namun hal itu wajar saja karena masih dalam tahap belajar. 

tips membuat artikel review yang baik dan benar
Cara Membuat Arikel Review, by writingspro.com
Biasanya kesalahan tersebut terletak pada persiapan tema tulisan agat menarik untuk dibaca oleh pencari informasi. Ada juga kesalahan fatal dari segi pengejaan dan kosakata yang melenceng dari kamus, kemudian hanya diantisipasi mengandalkan mesin Google Translate dan beberapa software sejenis.

Mau menulis apa ya? Nah, ini kesulitan terbesar penulis pemula sebab tidak mengetahui apa yang hendak ditulis! Seandainya kekurangan pengetahuan terhadap suatu produk semata hal ini bisa diatasi dengan mencari informasi di website resmi produk tersebut. Lalu, jika sudah demikian apakah permasalahan selesai dengan sendirinya? Bisa ya bisa tidak. 

Ketika konten review buatan Anda kurang menarik dan tidak memenuhi keinginan pihak pemegang produk (Advertiser) bisa saja hal itu menyebabkan hasil review yang kita sajikan akan ditolak. Pihak pengiklan biasanya menginginkan sebuah konten review dengan kesan wajar dan natural di mata publik.

Dibawah ini beberapa proses Step by Step menulis artikel review efektif yang diambil dari berbagai sumber. Pada dasarnya adalah pelajaran Bahasa Indonesia yang telah kita dapatkan sewaktu duduk di bangku sekolah. Kemungkinan karena terlalu bersemangat mencari uang instant di media internet sehingga membuat kita lupa akan tata bahasa kemudian membuat tulisan itu sulit diterima oleh pihak bersangkutan dalam hal ini pengiklan.

cara membuat artikel review blog
Image by blog.scielo.org

Berikut ini 5 poin penting membuat artikel review agar efektif:


1. Pendahuluan

Pada bagian pendahulian ini tuliskan alasan mengapa Anda menulis produk / jasa. Namun perlu diingat! Jangan pernah menuliskan bahwa Anda sedang membuat artikel review. Misalnya Anda akan membuat review tentang "Serunya Ngeblog Bersama Anwariz.com", ceritakan saja pengalaman menarik ketika berkunjung, membaca, menyimak artikel di blog tersebut.

2. Latarbelakang


Pada bagian latarbelakang silakan tulis tentang produk atau jasa yang akan direview. Produknya apa, milik siapa, siapa yang memproduksi, bekerjasama dengan siapa, kapan mulai beroperasi dan lain sebagainya.

3. Komponen Penulisan Artikel


Dalam penulisan artikel review, harus memerhatikan poin-poin penting terlebih dahulu. Yakni meliputi Apa sih situs/produk tersebut? Apa kegunanaa produk tersebut? Bagaiamana manfaat/keuntungan dari produk tersebut? Bagaimana cara membelinya? Bagaimana testimoni kita (berupa pengalaman)? Kalimat yang berupa rekomendasi dari kita? Dan yang terakhir adalah menyebutkan contact person, bisa berupa email, url web, atau alamat kantor dari perusahaan bersangkutan.


4. Kelebihan

Pada bagian kelebihan atau keunggulan ini lakukan dengan cara menuliskan keunggulan produk atau jasa bersangkutan. Sumbernya bisa dari mulut ke mulut berdasarkan terstimonial orang lain atau 'product knowledge' yang ada pada website tersebut. Alangkah baiknya jika kita menambahkan sudut pandang penulis dalam review tersebut.

5. Kelemahan


Tuliskan poin kelemahan dan kekurangan dari produk atau jasa yang kita review sehingga terlihat objektif tidak berat sebelah. Namun jangan pernah tuliskan kekurangan secara mendetail dan berlebihan. Tuliskan saja kekurangan umum yang juga terdapat pada produk semacam itu.

6. Kesimpulan


Pada bagian kesimpulan, Anda wajib membuat kesimpulan sekaligus ajakan untuk menggunakan produk atau jasa, ajakan  mengunjungi website resmi produk review. Di sini juga kita bisa menulis keputusan kita untuk menggunakan produk atau jasa yang kita review.

*Artikel review
*Contoh artikel review
*Cara buat artikel blog review

Demikianlah ulasan singkat mengenai Tips Membuat Artikel Review yang Baik dan Benar, semoga dapat memberikan manfaat kepada rekan-rekan pembaca setia Anwariz Blog dimana saja berada. Nantikan artikel terbaru saya di kesempatan lain. 

10 komentar:

  1. Wah, terkadang saya suka terlewat nih sama poin-poin penting di atas. Sekarang jadi lebih paham nih soal review. Hehe

    Salam, uwedzblog.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya rasa mas Ramadani sudah sangat paham dengan semua itu. Ya.. Saya sedang belajar mas, jadi mohon share ilmunya yaa..

      Delete
  2. oh gitu ya gan, pantesan aje visitor jarang ngunjung,

    btw nice ino sob

    ReplyDelete
  3. Sebagian besar mengenai hal ini saya masih belajar bro.. Selamat mencoba!

    ReplyDelete
  4. bener bgt bro... sangat mudah sekali membedakan content review yg berkualitas dan yang asal review

    Ada baiknya klo kita selaku blogger itu mempelajari bahasa jurnalistik, agar pesan yang disampaikan benar-benar terarah.

    GutLak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju tuh mas bro... Menjadi blogger memang harus siap belajar dan belajar disetiap kesempatan sehingga blognya terus berkembang. Apalagi belajar tentang bahasa jurnalistik. Harus tuuh..
      Tenkiu bro...

      Delete
  5. ternyata tidak bisa asal buat gitu ya. mending langsung saya suruh buat sama revewerNya lansung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan.. Disini saya mencoba membagikan ilmunya kok. Semoga bermanfaat. Terimakasih

      Delete
  6. Perkongsian yang baik...banyak pengetahuan yang boleh diambil..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kembali telah mengunjungi blog ini... Baca juga artikel & informasi lainnya di Anwariz.com

      Delete