16 Tips Hidup Sehat Bahagia Agar Lebih Produktif

tips hidup sehat
Ilustrasi Hidup Sehat via (sumber)
Kumpulan Artikel Populer | Semua orang pasti ingin hidup sehat, hidup bahagia, bebas dari segala bentuk tekanan dan produktif dalam menjalani kehidupan. Termasuk saya dan Anda, bukan? Jika itu yang sedang Anda cari, maka sudah tepat berada disitus ini. Sebab disini akan saya tuliskan beberapa poin, tepatnya 16 Tips Hidup Sehat Bahagia Agar Lebih Produktif saat menjalani berbagai aktivitas keseharian Anda. Simak cara agar hidup sehat, bahagia dan produktif yang penulis kembangkan dari situs besar WikiHow dibawah ini:


kiat hidup sehat dan bahagia
Gambar via tht.org.uk





#1. Cukupkan Istirahat
Ini tidak hanya membuat Anda sehat tetapi juga Anda akan lebih bahagia. Sebuah kutipan mengatakan bahwa " Lebih cepat tidur akan membuat pria lebih sehat, kaya dan bijaksana", jadi pastikan Anda pergi tidur lebih awal atau jika ada masalah apapun yang Anda tidak menjaga waktu yang sempurna untuk tidur, maka Anda dapat menggunakan alarm sebagai pembantu mengingatkan segera bagun. Jangan khawatir. 

Biasanya, itu membutuhkan sekitar 8-9 jam tidur untuk orang dewasa dan 9-10 jam untuk anak-anak dan remaja. Tidur bermanfaat menghapus segala bentuk racun dalam tubuh terutama pada otak, yang mungkin menghalangi kebahagiaan Anda dan mungkin mempersiapkan Anda untuk menjadi seorang pemikir positif, untuk memulai hari lebih baik dari hari sebelumnya . Menonton televisi atau membaca buku menjelang waktu tidur biasanya akan mendatangkan rasa kantuk lebih cepat, sehingga akan lebih cepat tidur.

#2. Konsumsi Makanan Sehat
Akan lebih baik memilih makan buah-buahan dan sayuran berdaun hijau setiap hari. Pada umumnya hal demikian akan membuat Anda merasa lebih berenergi dan bahagia. Kurangi makanan ringan yang mengandung banyak kalori seperti kacang-kacangan, coklat, dan cemilan lainnya supaya tubuh tetap sehat. Disarankan makan buah-buahan dengan kandungan air relatif banyak seperti buah apel, semangka, pepaya, anggur dll. Manfaat buah ini sebagai penguat sistem imunitas, membuat kulit lebih segar, serta menjaga kesehatan penglihatan Anda.
    
#3. Perbanyak Minum Air Bening
Air baik untuk segala sesuatu dalam tubuh Anda, manfaat air terlalu besar untuk daftar mereka semua tapi itu tidak pernah berakhir. Air membantu untuk memberikan kulit yang jelas yang membuat Anda merasa lebih bahagia tentang penampilan Anda juga! Air adalah hanya cukup sumber menakjubkan dalam dirinya sendiri untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Jadi pastikan untuk memilikinya dengan Anda setiap saat setiap kali Anda berada di tempat kerja atau di studi, atau bahkan selama sesi latihan. Jadi cobalah untuk minum 8 gelas sehari. Juga jika Anda tidak benar-benar seperti rasa air, coba rasa atau berkilau dan mungkin menambahkan beberapa irisan lemon; dan tentu saja Anda dapat selalu memiliki labu Robinson atau sesuatu seperti itu.

#4. Memanjakan Diri Sejenak 
Maksudnya, ketika menginginkan sesuatu dan memang dirasa perlu maka lakukanlah. Misal, membeli sepatu favorit, membeli beberapa buku inspirasi, motivasi, atau mungkin buku cerita tokoh-tokoh terkenal kesukaan Anda. Bisa juga dengan melakukan penyegaran dengan berjalan-jalan disekitar taman, menghirup udara segar sendirian diwaktu senggang.

#5. Memiliki Sahabat Sejati
Ikatan dengan teman-teman yang benar dan pujian mereka dan menghargai mereka. Selalu menunjukkan kepada mereka betapa Anda mencintai mereka dan memperlakukan mereka bagaimana Anda ingin diperlakukan. Tetaplah saling percaya satu sama lain. Menjaga keakraban dengan sahabat-sahabat terbaik Anda disetiap kesempatan. Sesekali silingi dengan canda tawa bersama dalam momen tertentu, itu lebih baik.

#6. Olahraga Secara Teratur
Berolahraga apa saja sesuai minat Anda, apakah itu jalan santai, joging cepat, seni bela diri, senam, atau mungkin berjoged ria dikamar, hal ini akan membuat lebih kuat, perasaan lebih bahagia juga tentu saja meningkatkan kekebalan tubuh Anda.
   
#7. Senyum dan Tertawalah Sebelum Dilarang
Jangan terlalu diambil hati ketika ada lelucon yang tidak sengaja menyinggung Anda. Sebaiknya jika sedang merasakan sakit oleh teman, pergi saja ke suatu tempat sendirian tanpa sepengetahuan meraka. Hal itu sebagai bentuk rasa hormat kepada teman Anda. Jangan pernah merasa pesimis melaikan optimislah; tersenyum dan tertawa sepanjang waktu maka akan merasa bahagia. Agama mengajarkan bahwa senyum itu sebagai bentuk sedekah, karena siapa tahu dengan senyum Anda akan membuat orang-orang merasakan bahagia pula.

#8. Menekuni Hobi 
Hobi apa saja yg bisa membuat Anda senang serta bahagia ketika menjalaninya. Misalnya, hobi main musik, bersepeda, main game sejenak tidak ada salahnya dilakukan. Penulis sendiri memiliki hobi unik yakni kolaborasi antara Blogging dan Musisi (hobi saya selain nulis yaa bermain drum) bersama teman-teman Band saya di Bandung. Cobalah untuk menjadi aktif dan merayakan pencapaian kecil Anda. Sesekali berikan hadiah tanpa mengharapkan pamrih, tetap menyibukan diri lalu rasakan bahagia.
    
#9. Membantu Keluarga
Bentuknya bisa saja dengan membantu mencucikan piring dirumah, membereskan tempat tidur, atau apa saja asalkan bisa membantu keluarga Anda. Itu tidak hanya akan membuat mereka lebih menyayangi, melainkan mereka tidak akan merasa khawatir ketika suatu saat Anda harus pergi meninggalkan rumah mereka.

#10. Mengingat hal-hal penting. 
Ingat popularitas bukanlah segalanya dan Anda akan lebih suka memilih teman sejati lebih dari itu. Ingat, kadang-kadang Anda harus membiarkan teman pergi dan membuat satu sama lain. Ingat bahwa kata-kata dapat menyakiti. Ingat Anda hanya hidup sekali dan hidup adalah apa yang Anda buat. Ingat semua hal ini dan banyak lagi dan Anda akan tahu apa yang membuat keluar dari hidup Anda.

#11. Mengelola Stres 
Menjaga agar diri tetap dalam keadaan tenang, santai itu akan lebih baik. Ini berarti untuk bekerja apapun kecuali dalam posisi santai. Ini juga mencakup bahwa Anda harus tenang, santai dan bahagia bahkan jika Anda menangani stres, karena yang akan memberikan daya tahan dan kekuatan untuk memecahkan masalah yang kompleks dan sangat kritis juga. Akibatnya, Anda mulai menangani situasi sulit sekalipun, dengan begitu akan mudah memahami diri sendiri.

Menghirup udara, menghela napas dalam dalam lalu sesekali melakukan meditasi atau yoga itu akan lebih baik. Membaca dan menulis, menulis buku harian, mendengarkan musik untuk menenangkan Anda, duduk di jendela dan melihat keindahan seisi langit.



Baca juga: Afirmasi Positif


#12. Memilikilah Tujuan Anda Bukan Tujuan Orang Lain
Kegegalan dan sukses tidak datang dari bungkusan kopi instan. Miliki rasa percaya bahwa Anda dapat mencapainya. Jika Anda dapat memimpikannya, Anda dapat mencapainya; tidak peduli bagaimana caranya. Tentu saja tetap tujuan dan impian yang realistis. Anda tidak bisa menjadi Superman karena Superman Is Dead (jadilah legenda) atau sesuatu diluar jangkauan kemampuan Anda. Tetap yakin pada tujuan akhir atas apa yang tengah Anda kerjakan hari ini.

#13. Menikmati Udara Segar
Pergi keluar dengan teman-teman, menghadiri sebuah pesta kecil-kecilan, berkumpul dengan keluarga, bersepeda bersama anggota komunitas, berjalan-jalan dengan hewan peliharaan Anda, lalu nikmatilah!

#14. Menjadi Diri Sendiri, Setialah!
Tidak mengubah diri menjadi seperti siapapun dan apapun. Tetaplah setia pada iman dan keyakinan itu. Selalu memiliki martabat Anda, tidak pernah memiliki penyesalan, selalu menjadi yang terbaik yang Anda bisa! Tetap bersama hal-hal menyenangkan serta orang-orang yg membuat Anda senang.

#15. Musik dan Kata Bijak
Mendfengarkan musik kesukaan dan membaca kutipan-kutipan inspiratif dipercaya dapat mempengaruhi Anda dan mengubah seluruh hidup Anda. Jadi, tetaplah terinspirasi oleh sesuatu yg jadi ketertarikan kalian.






#16. Mencintai Hidup
Anda harus mencintai hidup Anda! Bangga, dan tertawa lepas! Bermimpi dan berharap, menjadi siapa pun yang Anda inginkan. Tetaplah hidup dan membuatnya menjadi apa yang Anda kehendaki sesuai keyakinan Anda tadi. Jangan menyerah. Sebuah perjalanan seribu mil sejatinya dimulai dengan langkah pertama. Hidup adalah musik, cinta adalah lirik. Tetap kuat. Kegagalan adalah pintu menuju kesuksesan. Anda harus membuat pilihan untuk mengambil kesempatan atau kehidupan Anda tidak akan pernah berubah. Hiduplah selalu dalam setiap kesempatan!

Demikianlah tulisan terbaru saya tentang 16 Tips Hidup Sehat Bahagia Agar Lebih Produktif untuk kesempatan kali ini. Semoga bisa memberikan banyak manfaat kepada kita semua khususnya bagi pembaca setia anwariz.com. Sampai jumpa pada artikel beikutnya. Share artikel ini kepada teman-teman jika itu bisa membuat Anda bahagia!

2 komentar:

  1. Nah bagus nih Kiat Sehatnya...hee..trims bang sdh di share.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah berkunjung... Semoga memberi banyak manfaat kepada penduduk internet, khususnya pembaca setia KiatKiat.com :)

      Delete