9 Kesalahan Blogger Pemula Berakibat Fatal


kesalahan fatal blogger pemula
Image via jabudesigns.co.uk
ANWARIZ Blog Personal Keren - Ada beberapa hal yang harus dilakukan dan ada pula aktivitas terlarang atau menjadi kesalahan fatal juga sering dilakukan oleh penggiat blog pemula, sebagai bahan pembelajaran maka ada baiknya kita simak apa saja kesalahan blogger pemula tersebut sehingga jangan mengikuti hal tersebut, oke langsung saja berikut ini poin-poinnya:

Pertama. Menyibukan diri pada tampilan blognya
Sebenarnya mengurusi tampilan sebuah blog itu hal yang wajar dan harus pula dilakukan guna memberikan kesan terbaik kepada pembaca. Namun, jika terlalu keseringan serta melebihi dosisnya ya tidak baik juga. Contoh kesalahan itu diantaranya sering mengganti template, bongkar-pasang widget, pernak pernik dll. Itu cukup dilakukan kalau bisa sekali seumur hidup saja.

Yang akan menjadikan blog sobat dikenal dan dikunjungi oleh banyak orang nantinya bukanlah karena tampilan, melainkan karena konten blog kalian nantinya.

Kedua. Kuantitas lebih penting dibanding kualitas

Blogger pemula biasanya berlomba-lomba untuk mengisi blognya dengan tulisan sebanyak mungkin tanpa peduli dari mana asal tulisan tersebut dengan harapan cepat banyak pengunjung kemudian seketika itu pula blognya terkenal diseantero jagad maya. Semangat yang bagus... Tapi semangat yang salah alamat.

Ketiga. Banyak teori namun sedikit aplikasi
Rasa ingin tahu besar dan menggebu itulah ciri khas seorang yang punya hobi baru tak beda dengan blogger pemula. Buka buku sebanyak mungkin, baca sana sini mengumpulkan seabreg informasi tapi pada akhirnya dia lupa bagaimana harus mengaplikasikan teori/informasi tersebut.Lebih baik sedikit informasi tapi secara benar diaplikasikan sehingga usahanya tidak sia-sia

Keempat. Konsistensi minim
Ketika mengenal dunia blog dia rajin update posting bahkan setiap haripun dilakukannya, namun itu tak bertahan lama, setelah itu menghilang tanpa jejak tulisan terbarunya lagi. Konsiten dalam melakukan suatu usaha sangat dianjurkan untuk hasil yg kita harapkan dikemudian hari. Mengupdate rutin walau sedikit lebih baik asalkan tetap dilakukan, daripada sekali 1000 artikel setelah itu blognya tewas..hehe (gak mungkinlah yaa..kecuali robot yang nulis tuh)

Kelima. Terlalu banyak topik bahasan
Membahas banyak topik memang tidak salah, karena memang tidak ada aturan pakemnya harus seperti ini atau seperti itu. Namun, jika terlalu banyak topik blognya tidak memiliki keunikan dan akan sulit populer dimata pembaca dan mesin pencari.

Keenam. Terlalu bangga akan statistik blognya
Seorang blogger pemula biasanya akan sangat rajin mengecek jumlah pengunjung, ranking alexa, pagerank, dan lain sebagainya. Sehari bisa mengecek sampai ratusan kali. Padahal hal tersebut tidak akan membantu menambah jumlah pengujung blog sobat dan hanya akan membuang-buang waktu.

Ketujuh. Membuat terlalu banyak blog
Jika seorang blog master mengurus blog banyakpun bukan masalah, puluhan bahkan sampai ratusan. Tapi khusus bagi pemula sangat tidak disarankan membuat terlalu banyak blog karena membuat gagal fokus.

Kedelapan. Berambisi dapat uang instant
Diakui atau tidak faktanya banyak blogger yang memulai ngeblog karena ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Mereka beranggapan mendulang uang dari blog bisa dilakukan dalam waktu semalam, padahal tidak demikian. Butuh waktu, usaha, proses kemudian lakukan secara berkesinambungan.

Kesembilan. Kurang memaksimalkan mesin pencari

Tidak hanya bicara soal blogging, apapun informasi yang anda inginkan semua tersedia di Internet.Maka manfaatkanlah fasilitas mesin pencari (Google, Yahoo, dll) secara optimal, itu akan lebih baik. 


Baca: Fungsi Utama Mesin Pencari Google

Nah itulah 9 Kesalahan Blogger Pemula Berakibat Fatal jika tidak segera dilakukan perbaikan, belajar dari kesalahan adalah suatu tindakan mulia. Yuk kita belajar kembali guna memaksimalkan kemampuan menulis/blogging kita. Semoga memberi manfaat kepada kita semua.

10 komentar:

  1. kalau soal tampilan, bagi saya yang suka design sama seni..ngefek banget. setidaknya setahun sekali saya ganti sebagai penyegaran. apalagi tiap tahun selera saya berubah. dulu jaman kuliah sukanya apa..sekarang udah kerja sukanya beda lagi.

    soal topik, blog ini juga campur-campur tuh. kalau nnulis 1 topik aja malah suka mati gaya. sebab, saya ngeblog dari hati..apa yang ada..ya yang saya tulis hahahaha

    ReplyDelete
  2. Ya betul sist, ini juga blog pertamakali saya sejak 2010 lalu, dan blog ini tidak akan pernah dihapus apalagi dijual karena dari blog inilah sekarang sy bisa mengelola 14 blog lainnya 2 diantaranya custom domain (terintegrasi dngn akun google). Tentu saja blog inipun msh jauh dr ideal, krn saat itu masih awaw. Sepakat jika menulis blog sesuai gairah, maka akan menikmati prosesnya. Terimakasih sudah berbagi tawa... Salam

    ReplyDelete
  3. Yang nomor 4... menurut saya yang paling fatal... :D

    ReplyDelete
  4. Iya mas, untuk istiqomah itu agak sulit.. Terlihat dari blog yg sudah lama mati suri ini. Baru dibangunkan lagi nih... Semoga bisa lebih baik. Terimakasih sudah berkunjung.

    ReplyDelete
  5. saya termasuk juga kayaknya nih.hehe

    ReplyDelete
  6. Saya sendiri sedang belajar memerbaikinya mas. Belajar sambil berbagi pengalaman. Semoga lebih baik kedepannya aja mas Ilmu des. :)

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Sudah lumrah barangkali Mas Ahmad, hehe... Pada awalnya saya sendiri pun sempat terjebak disana. Seiring berjalannya waktu ternyata blogging tak melulu uang melainkan informasi bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung.

      Delete
  8. Saya banget tuh yang nomor 5,8,9. Semakin luas pengetahuan saya makasih gan :)
    Saya juga baca disini 6 Kesalahan fatal Dan umum blogger pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke gan kembali kasih... Saya juga sudah berkunjung dan meninggalkan komentar di blog agan.

      Delete