Keuntungan Blogger di Era Pasar Bebas ASEAN (Masyarakat Ekonomi ASEAN)

Blogger Sambut MEA

manfaat memiliki blog sambut ekonomi asean
Gambar via Hargen.co.id
ANWARIZ.com | Asean Economy Community (AEC) atau lebih akrab dengan istilah Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) telah berlaku pada akhir 2015 kemarin. MEA merupakan era baru yang yang sebetulnya akan mengokohkan persatuan negara-negara Asean dalam suatu basis perekonomian pasar bebas dan terbuka tak terkecuali bagi Blogger. Meskipun program besar yang merupakan tujuan akhir dari integrasi ekonomi di kawasan Asia Tenggara ini belum dilaksanakan, nyatanya MEA telah berhasil mencuri perhatian banyak kalangan, termasuk masyarakat internet Indonesia. 

Memang sudah faktanya negara-negara di Asia Tenggara sangat menantikan MEA 2016, akan tetapi realita berbeda terjadi di negeri ini, seperti yang saya katakan bahwa negara Indonesia masih merasakan kekhawatiram untuk menghadapi MEA, mulai dari mutu pendidikan ditambah tenaga kerja Indonesia yang relatif masih rendah serta sektor industri belum terbilang kokoh. Namun jangan terlalu memikirkan kendala jika tanpa solusi, justru seharusnya MEA bisa dijadikan ladang potensial, tempat Indonesia bisa mencuri perhatian Asean sekarang juga.

Di era informasi, kommunikasi serta kebebasan berpendapat seperti saat ini, tidak sedikit bermunculan media massa baik itu media cetak, digital, bahkan merambah media online semakin menjamur. Seperti terjadi pada awal 2015 kemarin populasi blogger semakin merajalela di dunia maya. Kehadirannya merapaikan kancah peredaran informasi secara cepat melalui internet sangat dibutuhkan oleh pencari berita terbaru.

Lalu seperti apa kontribusi para blogger saat ini? Jika dikaitkan dengan kehadiran media massa bergenre politik dan sebagainya yg semakin menjamur ternyata dibalik itu blogger memiliki manfaat bersama blog miliknya tersebut. Berikut ini adalah beberapa manfaat memiliki blog di era MEA seperti saat ini.

keuntungan blogger di era MEA
Gambar via Google.com

1. Menjadi Selebriti Online

Era informasi digital ditambah era MEA seperti saat ini, menjadi blogger memiliki keuntungan serta manfaat lebih, tentu saja jika tahu celahnya. Mengoptimalkan kinerja blognya dengan konten-konten bermanfaat serta berkualitas, saya rasa bisa memacu personal branding di media online. Itu sebabnya menulis agar banyak pembaca sangat diperlukan jika mamang ingin menjadi buah bibir pengguna internet lainnya.

Maksudnya begini, selain tetap konsisten membuat tulisan-tulisan diblog milik sendiri. Lakukan pula "tebar pesona" atas tulisan kita kepada media lain yang lebih besar agar cakupan pembacanya semakin meluas. Hingga tak mustahil akan lebih cepat dikenal banyak orang. Istilah kerennya seperti selebriti, begitulah kira-kira.

2. Menjadi Sumber Referensi

Pada dasarnya blogger menuliskan tulisan berdasarkan fakta kemudian ditambahkan dengan opini dari blogger tersebut sebelum kemudian dipublish dan dibaca oleh publik. Artinya informasi lansiran blogger cenderung objektif tanpa ada kepentingan terselubung dibaliknya. Masyarakat Ekonomi ASEAN menjadi ladang potensial para blogger untuk berlomba-lomba menyajikan informasi memenuhi kebutuhan para Netizen.


Terkait: Tips Menulis Konten Blog SEO Friendly

Bisa saja blogger menjadi sumber informasi di era MEA untuk bersaing dengan media jurnalistik, jika saja tahu caranya serta mampu mengambil peluang-peluang diantara media-media besar. Semua itu tidak menutup kemungkinan, asalkan mau belajar menuliskan sesuatu karya bermanfaat.

3. Portofolio Online Era MEA

Blogger dengan blognya berisikan konten-konten berkualitas serta kaya akan manfaat tentu saja memiliki kelebihan tersendiri. Tulisan Anda akan dibaca oleh orang lain dengan minat serta ketertarikan sama seperti apa yang telah Anda tuliskan tadi. Itu bisa menjadi sebuah cacatan berharga tersimpan di media dimana siapa saja bisa mengetahui siapa pemilik konten tersebut, yakni Anda.

Jangan langsung diam ketika tulisan Anda telah terposting, karena akan percuma jika tidak dibarengi dengan pemasaran konten–promosikan tulisan-jika memang menjadi bagian dari perusahaan adalah cita-cita Anda. Sebab perusahan menilai karya tulis Anda sebelum merekrut menjadi bagian darinya.

4. Ajang Unjuk Kreativitas

Seberapa kreatifkah Anda? Anda bisa melihatnya pada blog yang sedang Anda kelola. Kreatifitas di zaman sekarang memang seperti hal yang menarik dan menyenangkan. Industri kreatif yang semakin berkembang di negeri ini seharusnya mendorong para blogger untuk mengenalkan karya-karya terbaik mereka melalui media blog.

Ini adalah sebuah tantangan sekaligus keuntungan menjadi blogger untuk bisa berkreasi dengan lebih baik dan lebih produktif lagi. Kalau para blogger bisa melakukan hal ini, bukan tidak mungkin hasil kreatifitasnya di blog, baik itu berupa tulisan, gambar, video, dan lainnya, bisa membuahkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan bagi sesama.

5. Banyak Relasi dan Mitra

Mencari banyak teman tidak hanya dilakukan via Media Sosial (Facebook, Twitter, dll) seperti pada umumnya. Menjadi blogger di era MEA juga bisa memiliki banyak teman, bahkan jauh lebih banyak. Blog baru bermunculan setiap menit, setiap harinya ribuan blog baru terlahir dengan minat dan topik berbeda-beda. Melakukan tegur sapa sesama blogger adalah cara menambah banyak  relasi dan mitra. Tidak menutup kemungkinan menjadi mitra bisnis.


Di era komunikasi digital yang sangat pesat saat ini, Anda bisa memperluas jaringan blog dengan bergabung dengan beberapa komunitas blog atau komunitas penulis baik lokal maupun tingkat nasional. Dengan bergabung dengan komunitas-komunitas tersebut blogger berpeluang menambah jumlah relasinya lebih banyak lagi.

menjadi blogger di era pasar bebas asean
Gambar via Inspihero.com

Demikianlah beberapa Keuntungan Blogger Menyambut MEA Seperti Saat Ini. Semoga dapat menambah wawasan seputar blogging dan manfaatnya. Sampai jumpa di artikel ANWARIZ Blog berikutnya.

9 komentar:

  1. Wah jadi semangat ngeblog lagi nih aku, makasih ya gan spiritnya

    ReplyDelete
  2. Iklan adsense yang sebelah kanan atas itu gee banget gan!

    ReplyDelete
  3. wah ternyata ada untungnya ya jadi blogger baru tahu saya makasih infonya sob...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih sudah berkunjung ke blog keren ini... Sepertinya Anda lebih tahu banyak soal blogging. Huft

      Delete
  4. I'm Megan from IDNtimes. We would like to feature your original photos as part of our content. The credit's still yours and we will put the backlink to your blog. If you feel uncomfortable, please tell us at tania@idntimes.com.

    ReplyDelete
  5. Ok, Megan.. It does'n matter , as long as follow the rules that apply in my blog privacy policy.

    ReplyDelete