Pola Hidup Sehat Islami Ala Rasulullah Patut Anda Tiru

ANWARIZ.com - Pola hidup sehat adalah suatu cara maupun kebiasaan hidup seseorang yg memungkinkan menjalani kehidupan sehat dan menyenangkan. Dengan tubuh sehat dan suasana bahagia disinyalir dapat memperpanjang usia kehidupan. 

pola hidup sehat bagi muslim ala rasullullah
Gambar via Galih.id
Sejatinya usia memang sudah ditentukan sebelum manusia dilahirkan ke muka Bumi. Namun, menjalani pola hidup sehat akan lebih baik ketimbang harus apa adanya karena tubuh adalah titipan dan sehat adalah anugerah. 

Oleh karenanya, mengamalkan cara hidup sehat bagi umat muslim adalah suatu keharusan dan telah dicontohkan oleh Rassulullah SAW. Bukan berarti umat non muslim tidak diperkenankan menjalaninya. Karena hidup sehat dan bahagia adalah mutlak pemberian Tuhan kepada seluruh makhluk-Nya di muka Bumi.



Berikut ini Pola Hidup Sehat Islami Dicontohkan Nabi bisa Anda lakukan :


1. Duduk ketika hendak minum

Ketika merasakan dahaga sebagiknya mengambil posisi duduk terlebih dahulu sebelum minum. Ternyata cara ini juga terbukti menyehatkan secara ilmiah karena pada saat berdiri katup filter masih belum siap menerima tekanan air yang masuk, namun akan berfungsi ketika dalam posisi duduk. Oleh karenanya, mari kita mulai membiasakan minum dalam posisi duduk agar senantiasa sehat dan berkah.

2. Tidak makan sebelum lapar dan tidak berlebihan dalam makan.

Pola hidup sehat menurut Islam yang dijalani oleh Rasul ini sungguh bisa dijadikan teladan oleh umat terdahulu hingga akhir zaman sekarang. Salah satu cara hidup sehatnya adalah Rasulullah tidak makan sebelum lapar dan tidak berlebihan dalam makan. Faktanya hal itu telah terbukti menyehatkan secara medis dan penelitian secara ilmiah.

3. Selektif memilih makanan. 

Makanan yg masuk ke mulut Rasul senantiasa dijaga, yakni harus halal dan tayyib. Halal berkaitan dengan urusan akhirat, yaitu halal cara mendapatkannya dan halal barangnya. Sedangkan thayyib berkaitan dengan urusan duniawi, seperti seberapa besar kandungan gizi dari makanan tersebut, apakah bermanfaat atau tidak. Rasul sangat gemar mengkonsumsi madu. Biasanya Beliau meminum madu setelah dicampur air, bermanfaat membersihkan air liur dan pencernaan lebih sehat. Rasul bersabda,” Hendaknya kalian menggunakan dua macam obat, yaitu madu dan Alquran” (HR. Ibnu Majah dan Hakim).



4. Makan dengan tenang tidak tergesa-gesa.

Cara makan seperti guna terhindar dari tersedak, tergigit, kerja organ pencernaan menjadi teratur dan lebih ringan. Makanan pun bisa dikunyah dengan lebih baik, sehingga kerja organ pencernaan akan bekerja lebih sempurna. Makanan yang tidak dikunyah dengan baik akan sulit dicerna. Jika tidak diperhatikan dengan baik hal tersebut dapat menyebabkan kanker usus besar dalam jangka waktu lama.

5. Makan dengan tangan kanan

Makan menggunakan tangan kanan tidak hanya sebagai tradisi melainkan suatu kebiasaan menyehatkan ketika makan. Saat anda makan menggunakan tangan kanan maka yang aktif adalah otak kiri dimana sifat otak kiri ini selalu teratur, dan tetap berpikir. Sedangkan jika makan menggunakan tangan kiri maka otak kiri aktif cenderung imajinatif dan acak. Jadi bisa disimpulkan makan dengan tangan kiri dianggap kurang cocok menurut sebuah penelitian, karena berdampak pada ketidakfokusan saat makan.

6. Menyegerakan tidur dan bangun

Rasul menyegerakan tidur ketika sudah tiba pada waktunya. Jadi tidur yang tepat di malam hari kira-kira adalah seusai istirahat setelah shalat Isya, atau kurang lebih pukul 21.30. Setelah itu, lalu bangun melaksanakan shalat di sepertiga malam, kira-kira pukul 03:00. Sehingga lama waktu istirahat kurang lebih 8 jam, sesuai dengan anjuran ilmiah dan medis. 



7. Sringlah berpuasa

Berpuasa tidak hanya kewajiban bagi Umat Muslim, namun jauh dibalik ketentuan itu mengandung beragan hikmah bagi kesehatan tubuh manusia. Menurut sebuah penelitian berpuasa adalah sebuah metode ampuh untuk menahan diri. Hal ini merupakan sebuah cara sehat yang belum diketahui kebanyakan manusia masa kini. 

Demikianlah ulasan mengenai Pola Hidup Sehat Islami Ala Rasulullah yang bisa Anda coba mulai saat ini juga. Semoga bisa memberikan manfaat serta kebaiakan bagi kita semua. Mari mulai Cara Hidup Sehat sekarang juga

0 komentar

Post a Comment