Kiat Kiat Sukses Bisnis Pemula Hingga Profesional

kiat kiat sukses bisnisANWARIZ.com Blog Keren - Sukses dalam bisnis tidak dengan serta merta datang menghamiri kita, diperlukan perjuangan untuk mengrah ke kesuksesan tersebut. Definisi sukses/kesuksesan sendiri setiap orang memiliki pengertian berbeda artinya relatif. Pengertian sukses yang saya ketahui dari Wikipedia adalah


“achievement of an objective/goal”
Sukses adalah pencapaian dari sebuah tujuan. Segitu pendekkah? Ya memang pendek. Singkat padat dan jelas namun masih ada pengertian turunannya. Anda sudah paham bahwa sukses pada pencapaian dari sebuah tujuan, maka Anda harus punya tujuan dan mencapainya. Jika Anda ingin mencapainya, maka Anda harus berusaha, dan seterusnya.

kiat sukses bisnis indonesia


Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas tentang kiat kiat menjadi sukses. Namun, bukans sedang mencetikan diri saya karena memang saya pun belum berada pada posisi itu, melainkan sedang berjalan kearah sana sesuai minat dan kemampuan. Disini hanya merangkumkan hasil ngobrol-ngobrol dengan teman-teman yang sukses berbisnis baik bisnis online maupun bisnis offline. 

Dibawah ini beberapa poin kiat kiat sukses bisnis untuk Anda aplikasikan kedalam bidang usaha:



1.  Percaya Diri itu Penting
Rasa percaya diri sangat dianjurkan dimiliki ketika akan memulai suatu bisnis. Untuk itu, kita harus menilai diri sendiri secara positif. Nilailah potensi diri secara objektif dan proporsional.  Sebagai contoh, ada salah satu kenalan lulusan Fakultas Ekonomi tetapi sukses menjadi musisi. Pada awalnya beliau menekuni bidang musik karena hobi, bukan untuk profesi. Seiring waktu berjalan hobinya itu menghasilkan pundi-pundi rupiah sampai pada akhirnya beliau menekuni hobinya secara profesional sebagai musisi.

2.  Raih Peluang 
Ketika ada penawaran ide bisnis disekitar kita, ada baiknya mengambil peluang itu kemudian mencoba jalankan ide tersebut kemudian dibarengi dengan belajar sambil berjalan. Dalam artian tidak menunggu sampai ahli dulu dalam suatu bidang baru tersebut karena pada dasarnya Anda akan menjadi ahli setelah melakukan, mengalaminya sendiri dilapangan.

3. Jangan Tunda Rencana
Tidak sedikit diantara kita menunda-nunda rencana bisnis yang telah dikonsep sedemikian rupa. Maka tak heran karena terlalu lama berpikir, dan segalanya harus sempurna duluan ketika melakukan usaha. Jika cara berpikir seperti itu, maka bisa jadi Anda akan ketinggalan oleh orang lain yang lebih memilih praktik langsung.

4.  Lakukan Riset Pasar
Menentukan jenis usaha diperlukan peninjauan terlebih dahulu terhadap minat pasar. Sebelum memilih usaha apa, maka lakukan terlebih dahulu riset pasar. Sebuah kisah dari seorang sahabat memiliki rumah berdekatan kampus boleh dibilang berjarak puluhan meter saja. Pada mulanya dia ingin menjual sembako sebab fasilitas dimiliki orang tuanya mendukung. Namun orang tuanya lebih jeli mengatakan bahwa usaha model itu kurang cocok dijalankan diarea itu. Maka, disarankannya membuka usaha jasa cuci/laundry dengan alasan kebanyakan pendatang mahasiswa disekitar rumahnya. Dengan menjalankan saran orang tuanya tersebut, beliau merasakan kemajuan dibidang usaha laundry tersebut.

5.  Belajar dan Berinovasi
Seorang pebisnis, harus mengetahui cara berpikir inovatif. Mengapa demikian? Maju mundurnya bisnis akan ditentukan oleh kreativitas Anda. Bisa jadi, sebuah bisnis saat ini maju atau berjalan. Namun dinamisme akan terus berlanjut. Boleh jadi, bidang usaha Anda sudah tidak bisa lagi berkembang akibat perubahan trend. Disinilah, kemampuan kreativitas Anda diperlukan untuk mengubah cara Anda menjalankan bisnis dan menghasilkan produk atau jasa baru sesuai dengan perkembangan pasar.


6.  Perbanyak Berdo'a 

Ini memang susah dijelaskan, tapi berdasarkan cerita dari teman yang sukses, semuanya menyatakan tidak berhenti untuk berdoa dan bekerja. Doa dan kerja adalah 2 sisi yang tidak bisa dipisahkan. Walaupun kesuksesan tidak dijaminkan, doa sudah tentu merupakan pengharapan.


7.  Perbanyak Berbagi
Sudah banyak teman-teman blogger dan buku-buku tentang keutamaan sedekah. Untuk lebih jelasanya Anda bisa simak disini. Itulah alasan kenapa poin Sedekah saya masukan kedalam Kiat Kiat Sukses Bisnis Pemula ini agar lebih mendekatkan diri kepada Tuhan YME. 




Demikian ulasan mengenai kiat kiat menjadi sukses bisnis untuk pemula, bersumber dari beberapa pengalaman pribadi dan obrolan santai bersama teman-teman yang sekarang sudah sukses secara finansial. Tentu saja ke-7 poin diatas bukan patokan sukses sebenarnya. Maka dari itu saya sangat menanti masukan-masukan dan saran dari Anda pembaca setia ANWARIZ Blog agar berkenan menambahkan tips dikolom komentar. Semoga bermanfaat!

12 komentar:

  1. Banyak aksi ketimbang belajarteori lebih baik itu mas bro, karena aksi akan memberikan pengalaman yg berguna.

    ReplyDelete
  2. Sepakat kang.. Anda benar. Aksi lebih baik dari teori. Untuk itulah saya belajar membagikan sedikit pengalaman (aksi) kedalam bentuk artikel (teori) dengan harapan terjadi kesinambungan antara teori dan aksi agar menjadi AMAL. Terimakasih atas masukannya kang :)

    ReplyDelete
  3. Menjadi sukses itu mudah jika kita mempunyai niat yang mantep ya bang ali :)

    ReplyDelete
  4. Saya rasa juga demikian Bang Al.. Semoga saja dimudahkan jalannya. Terimakasih atas kunjungannya. Mudah-mudahan ada kunjungan berikutnya yaa bang al.. :)

    ReplyDelete
  5. yg paling utama pantang menyerah gan..kalo gagal dicoba terus..itu yang saya praktekan

    ReplyDelete
  6. Betul itu gan Wima. Pantang menyerah menjadi sebuah "resep" anti gagal dalam mengejar keberhasilan. Terimakasih atas masukannya gan..

    ReplyDelete
  7. memperbanyak berbagi itu yang paling penting :D

    ReplyDelete
  8. Sejauh ini saya sepakat dengan mas iskael, :D
    Saya sedang belajar melakukan itu mas.. Terimakasih sudah menengok blog kecil saya ini. Keep sharing!

    ReplyDelete
  9. tp bisnis hrus btuh modal bnyak jga gan,, hhee

    ReplyDelete
  10. @Afdhal:
    Saya kira banyak peluang bisnis disekitar kita yg modalnya relatif kecil. Misal, dengan 50rb sudah bisa bisnis pulsa, ya gak mas Afdhal?! Tuh kan murah meriah sudah bisa punya bisnisan. Modal utamanya keyakinan dan do'a aja mas. La Haula Wa Laa Kuwwata Illa Billah :)

    ReplyDelete
  11. @BebasBayar turut mencerdaskan #Indonesia. Raih dana pendidikan TOTAL 50 JUTA! www.maslukis.com

    ReplyDelete