Persiapan Cara Membuat Blog Baru Khusus Blogger Pemula

cara memulai blog pemula
Gambar via pixabay.com

Persiapan Ngeblog untuk Pemula


Blog Personal Keren | Mimiliki blog saat ini sudah menjadi gaya hidup modern, dengan blog baru kita bisa berbagi tulisan, opini, ide, gagasan kita kepada dunia melalui media internet. Diperlukan persiapan sebelum memulai ngeblog, terutama bagi pemula. Untuk sebagian orang "Ngeblog" atau aktivitas blogging ibarat sudah menjadi candu, bahkan sebagian lainnya menjadikan blognya sebagai sumber penghasilan. Benarkan demikian? Untuk menjadi seorang blogger sebenernya tidak sesulit yang dibayangkan, asalkan memiliki ide segar kemudian dituangkan menjadi sebuah karya tulis untuk dibagikan. Itu saja? Yaa... Sampi sana Anda sudah bisa dikatakan blogger.


Untuk Anda yang baru mengenal blogging dan ingin terjun ke dunia blogging tentunya, berikut ini saya ulas beberapa persiapan sebelum memulai blogging, berdasarkan pengalaman pribadi juga hasil belajar dari blogger lain. 

Keuntungan dari aktivitas ngeblog in diantaranya memiliki banyak temen, menambah wawasan dan bisa menghasilkan uang juga lho... Oke kembali lagi ke topik utama, berikut ini saya akan menuliskan persiapan ngeblog untuk pemula. Silakan simak poin-poinnya dibawah ini:

Tips Memulai Blogging Untuk Pemula

cara ngeblog pemula
Tips Blog untuk Pemula

Tentunya Anda harus sudah punya blog ya, kalau belum punya bisa membuatnya dulu. Banyak platform blog gratis yang bisa dipakai misal Blogger, Wordpress, Tumblr, dan masih ada platform lainnya, silahkan dipilih sesuai selera Anda.  Selengkapnya simak cara membuat blog baru di blogger


Kalau buat blog diusahakan nama blognya unik, menarik dan tidak terlalu panjang. Misal menggunakan nama Anda, panggilan, atau nama kesayangan Anda. Mari kita lanjut ke tipsnya.. Check this out!


1. Tentukan Tujuan Ngeblog

Tentukan dulu tujuan Anda ngeblog apakah untuk have fan, hobi, bisnis atau yang lainnya. Ini penting karena biar kedepannya bisa jadi seorang blogger yang jelas dan terarah. Maksudnya jangan berubah-rubah haluan dan ngikut-ngikutin orang (be yourself). Menjadi pengikut saja tidak cukup, setidaknya orang lain cukup dijadika panutan serta sumber inspirasi saja.

Jika sudah punya tujuan membuat blog, selanjutnya tentukan topik apa yang akan ditulis dalam blog. Karena topik menjadi poin penting dalam blogging. Sesuaikan topik blog dengan ketertarikan atau minat agar kedepannya tidak kehabisan ide bahan tulisan karena kitan menyenangi topiknya itu.


2. Menulis Postingan

Udah punya blog dengan tujuan dan topik yang jelas, sekarang saatnya memulai menulis postingan. Sebelum mulai nulis, sudah pasti ingin kelak postingan yang dibuat bakal dibaca banyak orang ya kan. Untuk itu loe perlu cari tau apa yang disukai dan menarik perhatian orang. Cara sederhana aja search di Google, ide menarik yang hendak ditulis. Dari situ bakal tau berapa jumlah blog yang udah buat postingan tentang ide tersebut.

Manfaatin Google Keyword juga buat nyari tau jumlah orang yang mencari dan tingkat persaingan kata kunci. Ini penting karena sebagai pemula loe gak bakal bisa langsung ngalahin blogger-blogger senior dan nembus halaman depan Google semua butuh proses untuk itu nikmati saja prosesnya.

Kunci sukses sebuah blog ada pada isi postingannya. Semakin berkualitas konten blog tersebut semakin bagus pula dimata pembacanya. Isi yang menarik selain disukai sama pengunjung juga akan membuat postingan tersebut ada di halaman depan Google. Inilah faktanya, silakan praktikan dan buktikan sendiri diblog Anda.


3. Mencari Sumber Inspirasi

Maksudnya mencari inspirasi dengan cara berkunjung ke blogger lain kemudian amati, tiru, serta modifikasi cara mereka menyajikan sebuah artikel blog. Catatan penting jangan melakukan Copy Paste karena itu bukan ciri blogger sesungguhnya. Cukup sebagai bahan dan wawasan saja lalu kita akan menjadi tahu apa topik yang tengah ramai diperbincangkan blogger lain. 

Saat berkunjung ke blog orang lain kemuydian disana mendapat inspirasi, ada baiknya meninggalkan komentar. Buat komentar yang biasa saja seperti ucapan terimakasih dan kekaguman atas artikelnya tidak perlu kirim link segala, belajar jadi blogger yang punya tata krama agar dihargai sama temen-temen blogger lain. Sah-sah saja meninggalkan link tapi jangan sering-sering dan jangan menyertakan link hidup.


4. Targetkan Blog Anda

Dalam membuat dan melakukan sesuatu tentu kalau punya target tinggi itu bagus banget gan. Disini sebagai seorang blogger pemula banget, sekedar sebagai saran saja jangan pasang target yang terlalu tinggi. Untuk tahap pertama target blog anda jangka pendek saja dulu, baru kemudian buat target untuk bisa mengalahkan blog orang lain di mesin pencarian.

Posisi dalam pencarin akan meninkat dengan sendirinya seiring dengan aktivitas dalam posting blog, ada baiknya fokuskan dulu pada penulisan konten berkualitas untuk beberapa saat. Minimal 2-3 bulan pertama membuat konten terbaik pada blog sebelum dioptimasi dan disebarkan kepada publik.


5. Perkenalkan Blog Anda

Ini salah satu hal paling penting untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan popularitas blog Anda. Mensosialisasikan blog melalui media sosial ke temen-temen atau orang-orang disana. Jangan pernah merasa malu mempromosikan blog, optimis aja dengan hasil karya tak perlu merasa minder. Karena ini salah satu cara yang ampuh buat menarik perhatian pengunjung terutama untuk blog sangat baru.


6. Tampilan dan Optimasi

Alasan saya menyimpan bagian tampilan dan optimasi diurutan terakhir karena yang namamnya pemula kalau udah ngomongin desain dan SEO akan keasyikan sampai-sampai lupa nulisnya. Biasanya blogger pemula seneng banget ngutak-atik desain blognya, bahkan lebih fokus ngurusin desain dari pada buat postingan iya atau iya? Tampilan memang perlu tapi jangan terlalu dipikirkan diawal, maksimalkan saja menulis, menulis dan menulis, seiring berjalannya waktu tampilan blog bisa diubah menjadi semakin profesional.







SEO itu merupakan unsur penting agar blog Anda muncul di halaman masin pencarian Google, Yahoo, Bing dll. Dimana-mana semua orang ngomongin SEO buat ningkatin rangking blog di mesin pencari. Walapun Optimasi (SEO) ini penting namun sebagai pemula tidak perlu terlalu dipusingkan dengan hal ini. Fokus dulu ke menulis saja.



7. Pengalaman Guru Terbaik

Poin terakhir yakni belajar, karena dengan belajar maka pengalaman akan semakin banyak itu memudahkan kita meningkatkan kemampuan menulis, optimasi, desain, promosi, blog Anda kedepan. Jangan pernah takut untuk belajar tentang hal-hal baru berkaitan dengan blogging. Pelajari seluk beluk tentang blogging, istilah-istilah dalam blogging agar lebih mantap menatap masa depan blog Anda.

Sambil memelajari juga sedikit demi sedikit berkaitan dengan apa itu SEO, cara optimasi blog, bagaimana meningkatkan pengunjung blog dll. Belajarlah dari blogger senior yang sudah sukses diluaran sana untuk mendapatkan ilmunya mencapai titik sukses.

Demikian ulasan tentang persiapan memulai blogging untuk pemula kemudian bisa coba praktikan sendiri. Semoga bermanfaat, jika berkenan bagikan juga artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi agar mereka juga menjadi tahu cara mulai ngeblog.

0 komentar

Post a Comment