Objek Wisata Garut Terpopuler Banyak Dikunjungi Wisatawan Asing

tempat liburan di garut terpopuler
Wisata Garut

Objek Wisata Garut Terpopuler, Tempat Wisata Paling Banyak Dikunjungi - Garut merupakan sebuah kabupaten strategis disebelah timur Provinsi Jawa Barat. Sudah menjadi buah bibir bahwa Garut tidak lepas dari makanan kenyal manis khas Garut yakni Dodol Garut. Selain itu Garut juga terkenal dengan kesenian Adu Ketangkasan Domba Garut yang tersohor hingga mancanegara. Salah satu kuliner khas Garut adalah dodol Garut yang sudah terkenal ke seluruh penjuru tanah air bahkan luar negeri. Dimanapun anda berada, hampir diseluruh lokasi wisata di Jawa Barat pasti ada penjual oleh-oleh dodol Garut ini. Sektor pariwisata Kabupaten Garut juga tidak kalah menarik untuk dibahas, setidaknya ada 12 Tempat Wisata Garut Terpopuler hingga saat ini, apa sajakah itu? Mari kita sama-sama simak ulasan dibawah ini:

12 Lokasi wisata Garut berikut ini memiliki potensi besar untuk dijadikan sumber pendapatan daerah Kabupaten Garut jika dikelola secara profesional dan tersistem.

1. Situ Bagendit
danau situ bagendit garut
Gambar oleh http://panduanwisata[dot]id

Situ Bagendit merupakan objek wisata berupa situ atau danau yang berlokasi disebuah kawasan terpencil bernama Banyuresmi. Situ Bagendit juga semakin terkenal dengan cerita legendanya, legenda tentang asal-usul situ. Maka tak heran jika cerita tersebut menjadi salah satu daya tarik pengunjung baik lokal maupun luar Garut. Situ Bagendit memiliki pemandangan indah yakni air danau yang jernih serta terdapat rakit, perahu kecil dan sepeda air yang disewakan untuk memanjakan pengunjung berkeliling Situ Bagendit.

2. Pemandian Air Panas (Cipanas)

Lokasi pemandian air panas ini terletak dikaki Gunung Guntur yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat. Lokasi pemandian air panas Cipanas terdapat di 6 km dari Kota Garut. Di sepanjang jalan menuju tempat wisata Cipanas ini anda akan disajikan dengan pemandangan alami pedesaan asri nan elok dipandang mata. Pemandian air panas cipanas banyak digunakan warga untuk berendam, selain untuk mandi dan berenang, konon katanya air panas dilokasi wisata ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, namun itu kembali lagi kepada Anda.

3. Pantai Santolo
pantai santolo objek wisata garut
Pantai Santolo

Pantai Santolo adalah pantai yang terdapat atau berlokasi di Kecamatan Sikelet Kabupaten Garut. Tempat Wisata Pantai Santolo ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan yang kebanyakan berasal dari Bandung. Mereka ingin menyaksikan pemandangan alam yang sangat indah beserta melepaskan lelah setelah sibuk bekerja.

4. Gunung Papandayan
Nama Gunung Papandayan sepertinya sudah sangat familiar di telinga warga masyarakat Jawa barat. Gunung Papandayan terdapat di Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut dan merupakan salah satu gunung aktif di Jawa barat. Potensi wisata yang ada di Gunung Papandayan adalah berupa pemandanganya yang indah dan masih asri serta terdapat kawah dan sumber air panasnya. Bagi anda yang suka mendaki gunung, Gunung Papandayan juga sering didatangi oleh para pendaki untuk menikmati indahnya pemandangan gunung dan matahari terbit atau sunrise.

5. Pantai Rancabuaya
Tempat wisata di Garut lainnya yang sudah terkenal adalah Pantai Rancabuaya. Pantai Rancabuaya merupakan termasuk dalam deretan pantai yang berhubungan dengan Samudera Indonesia, sehingga memiliki ombah yang cukup besar. Pemandangan di Pantai Rancabuaya inu juga bagus dan tak kalah dengan pantai lainnya di Indonesia. Hembusan angin dan deburan ombak menjadi pelegkap tempat wisata ini. Di lokasi wisata Pantai Rancabuaya, pengunjung dapat bermain di baebatauan karang dan di pasir pantai yang indah.

6. Curug Orok
Selain Pantai, di Garut juga terdapat tempat wisata berupa curug atau air terjun. Curug Orog adalah tempat wisata di garut yang berlokasi di Desa Cikandang. Ketinggian air terjun di Curug Orog ini mencapai 45 meter. Saat liburan tiba banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata yang indah di Garut ini.

7. Pantai Cijeruk Indah
Karena lokasinya yang berdekatan dengan laut, maka terdapat beberapa pantai yang terdapat di Kabupaten Garut. Pantai-pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah sehingga sering dikunjungi oleh para wisatawan. Pantai Cijeruk Indah merupakan sebuah pantai di Kabupaten Garut yang terdapat di Desa Sagara. Pantai Cijeruk Indah memiliki daya tarik pantai yang masih bersih, asri dan belum banyak dikunjungi wisatawan.

8. Pantai Karang Paranje
Tempat wisata pantai di Garut lain yang banyak dikunjungi masyarakat adalah Pantai Karang Paranje. Di pantai ini terdapat gugusan karang yang enambah keelokan wisata di pantai tersebut. Pantai ini masih terlihat asri dan belum banyak dikembangkan oleh pihak terkait. Hal ini menjadikan wantai ini tempat yang masih asri dan alami.

9. Puncak Darajat
wisata pegunungan darajat garut
Puncak Darajat Garut

Kawah puncak darajat adalah salah satu objek wisata di Garut yang memiliki keindahan yang masih segar. Kawah darajat terletak dibawah gunung api Papandayan. Lokasi tersebut menjadikan Darajat menghasilkan air panas seperti halnya di Cipanas Garut. Potensi ini dimanfaatkan oleh pemerintah setempat untuk membangun sebuah pemandia air panas di bilangan darajat.

10. Candi Cangkuang
wisata candi cangkuang garut
Candi Cangkuang

Candi Cangkuang Garut merupakan salah satu candi peninggalan Agama Hindu yang terdapat di Kecamatan Leles, Garut. Menurut ahli sejarah candi ini dibangun pada saat pemerintahan Kerajaan Sunda Galuh. Lokasi tempat wisata ini sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga dan mengenal sejarah yang ada di Kabupaten Garut.

11. Rifting Cimanuk
arung jeram cimanuk
Cimanuk Rafting

Jangan sangka Garut hanya memiliki pantai indahnya saja. Selain wisata pantai ternyata di Kabupaten Garut terdapat tempat wisata yang dikhususkan untuk memacu adrenalin siapapun Anda. Tempat wisata ini berupa arung jeram yang terdapat di sepanjang Sungai Cimanuk.

12. Makam Keramat Godog
wisata religi makam godog
Gambar dari digarut[dot]com

Apa sih yang membuat Makam Keramat Godog ini kian sitimewa? Tak lain dan tak bukan karena makam Godog dipercaya sebagai makam Prabu Kean Santang atau juga dikenal dengan Syekh Sunan Rohmat putra Prabu Siliwangi dari Kerajaan Padjadjaran. Lokasi makam Godog terdapat di lereng Gunung Karacak atau alamat lengkapnya di Desa Lebak Agung Kecamatan karangpawitan, Garut. Makam ini dikeramatkan oleh warga sekitar sehingga banyak dikunjungi oleh para peziarah sebagai lokasi wisata religi terfavorit di Garut. Simak juga: Pesona Sanghyang Heuleut, Bandung

Nah itulah setidaknya Tempat Wisata Garut Paling Populer yang bisa saya sajikan pada kesempatan kali ini. Jangan lupa begikan pula artikel ini kepada orang-orang yang Anda cintai. Siapa tau mereka juga ingin merasakan sensasi indahnya suasana Swiss Van Java. Sampai jumpa diartikel berikutnya

2 comments:

  1. Garut memang kota leutik camperenik yang menyimpan tempat-tempat menarik untuk dijelajahi..Kereeen kang...salam!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benerr kang Husni, Garut si lembur kuring tea... Banyak potensi Kota Intan yang tersembunyi padahal sangat sayang jika tidak diketahui dunia. Saya mencoba mengenalkan Garut dengan segala kapasitas yg saya miliki. Salah satunya lewat tulisan sederhana ini. Wa'alaikum Salam Wr. Wb.

      Hapus

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar