Meraih sukses dengan Blog gratisan

kiat kiat sukses dengan blog gratisan

anwariz.com Meraih sukses dengan sebuah blog gratisan terdengar sebagai sebuah mimpi di siang bolong alias bagaikan pungguk merindukan bulan atau sesuatu yang mustahil terjadi. Demikian kemungkinan anggapan sebagian orang yang tentu saja belum sepenuhnya memahami eksistensi sebuah blog, meski dalam bentuk blog gratisan sekalipun.

Sebagai bentuk motivasi blogger pemula termasuk anwariz, mari kita perhatikan cuplikan artikel berikut ini  :

Mungkin tidak akan pernah ada yang menyangka bahwa sebuah blog gratisan milik Blogspot, mampu membuat seorang wanita menjadi kaya raya. Apalagi blog itu tidak didesain secantik dan semenarik mungkin, pun dioptimasi dengan tehnik SEO super canggih.

Tapi, itu semua tidak berlaku bagi seorang Linda Ikeji. Wanita asal Nigeria ini berhasil mematahkan prediksi orang-orang bahwa blogger gratisan tidak akan mampu menghasilkan banyak uang.

Buktinya ia mampu meraup kekayaan hingga N1.1 Miliar Kobo (mata uang Nigeria) atau setara dengan Rp.70 miliar dengan kurs Rp.6.425 untuk N100 dari blog gratisannya. Kekayaan itu datang dari sebuah blog yang bisa dikata, jauh dari kesan bagus. Jika tak percaya kunjungi saja blognya di http://www.lindaikeji.blogspot.com.

Beberapa blogger Indonesia sebenarnya sudah pernah membicarakan kesuksesan Linda. Namun sangat minim informasi, dari mana sebenarnya Linda menghasilkan uang sebanyak itu. bloGoooblok ~ pun awalnya kesusahan mengorek informasi lebih jauh soal Linda Ikeji, hingga berhasil menemukan satu artikel di Ventures Africa.

Dari laman Ventures Africa, berhasil mendapatkan informasi bahwa Linda Ikeji adalah seorang blogger yang meraih sukses tanpa unsur kesengajaan. Kesuksesannya pun tidak di dapat secepat kilat. Butuh waktu  lima tahun, hingga akhirnya dia mendapat penghasilan.

Jika sebelumnya pernah mengulas 10 Blogger Murni Berpenghasilan Terbesar di Dunia, Linda Ikeji bisa dikata lebih pantas menyandang predikat itu. Kesepuluh orang yang sukses dalam dunia blog itu, telah menjalankan blog dari berbagai flatform dan menggunakan Top Level Domain (TLD).

Sedangkan Linda hanya menggunakan domain gratis milik Google yakni Blogspot dan itupun hanya ada satu buah. Wow....

Lalu, Siapa Sebenarnya Linda Ikeji ?

Hingga 2010, orang-orang masih belum kenal siapa itu Linda Ikeji? Ia baru menjadi perbincangan, khususnya di Nigeria pada awal 2011 setelah berhasil mendulang sukses dengan penghasilan hingga Rp300 juta dalam sebulan. Kisahnya, seperti kilat, dengan cepat tersebar dan menginspirasi banyak orang.

Linda Ikeji mulai membangun blog pada tahun 2006. Awalnya, ia sama sekali tidak membayangkan akan sesukses saat ini. Sebelum memulai menjadi blogger, ia adalah seorang model dan juga jurnalis selama delapan tahun. Hingga akhirnya dia merasa profesi itu tidak merubah kehidupannya.

Di negaranya, Linda juga dikenal sebagai seorang aktivis. Telah banyak kasus kesenjangan sosial di benua hitam itu yang ia dampingi. Mulai dari kasus pembunuhan yang tidak kelar-kelar, hingga kasus salah tangkap dengan tuduhan pencurian.

Dia juga dikenal sebagai wanita filantropi yang sangat tinggi menaruh perhatian pada kasus Ebola di Afrika. Pada tahun 2014 lalu, dia menyumbang sejumlah uang untuk penanganan kasus Ebola.

Dia juga merupakan anggota Alumni Future Awards. Dimana pada tahun 2012, ia memenangkan penghargaan untuk kategori Young Personality of the Year, dan pada tahun 2014, ia kembali mendapat dua penghargaan yakni Outstanding Blogger of The Year dan Best Gossip & Gist Blog at the Media Broad Awards. 

Kisah suksesnya menjalankan sebuah blog telah mengantarnya menjadi wanita muda yang berpengaruh di Nigeria. Ia telah sukses menggerakan banyak kalangan muda Nigeria dari pengangguran menjadi punya banyak kegiatan, salah satunya menjadi blogger.

Bertitik tolak dari penggalan artikel tersebut di atas, penulis dalam hal ini merasa yakin sepenuhnya, bahwa siapapun orangnya pasti akan mampu meraih sukses meskipun hanya dengan berbekal sebuah blog gratisan yang ber-platform blogger. Kesuksesan tersebut dapat ter-realisasi manakala yang bersangkutan mampu dan senantiasa berjuang keras untuk itu. 

Membuat sebuah blog gratisan (dengan platform blogger) untuk dapat tampil sekelas blog-blog yang mempergunakan TLD (top level domain) adalah merupakan suatu perkara yang mudah untuk dilakukan, yang penting sang adminnya harus sedikit menguasai pola-pola optimasi SEO blog (berikut dengan perkembangannya) agar dapat bersaing dengan blog-blog TLD pada sebuah daftar halaman pencarian search engine semacam Google search engine. Penulis sendiri telah membuktikan hal tersebut, bahwa hingga saat ini Info Blog (yang nota bene sebuah blog gratisan) telah mampu menembus jajaran halaman pertama daftar pencarian Google dengan jumlah kompetitor yang melampaui angka 2 milyar lebih. Tentu saja hal ini merupakan sebuah prestasi yang sangat membanggakan.

Berikut ini sekedar merupakan kiat-kiat meraih sukses dengan sebuah blog gratisan.

1. Pilih Niche Blog Paling Banyak Dicari

Sebelum membuat blog, sangat disarankan untuk memilih sebuah niche blog yang paling banyak dicari. Semakin banyak orang yang mencari informasi dengan niche tertentu, maka tentulah akan semakin banyak juga visitor yang datang ke blog kita. Untuk mencari kepopuleran niche kita bisa menggunakan tool Google Trends. Dengan Google Trends kita bisa tahu niche apa saja yang paling sering di cari melalui search engine. Dalam hal ini kita gunakan saja search engine paling terkenal yaitu Google. Biasanya niche yang paling diminati dan paling banyak dicari adalah tentang dunia teknologi seperti komputer, gadget, dan lain-lain.

2. Rajin Menulis Artikel

Jika point pertama tersebut di atas sudah di tangan kita, artinya niche sudah ditentukan dan blog juga sudah jadi kita buat. Maka langkah selanjutnya adalah mengisi blog dengan tulisan-tulisan/artikel. Buat artikel yang sesuai dengan niche blog. Tapi tidak menutup kemungkinan juga kalau blog yang berthemakan gado-gado akan sukses. Karena sudah banyak contohnya blog gado-gado bisa sukses. Yang terpenting dalam menulis artikel adalah usahakan jangan menulis artikel hasil copy paste dari blog lain. Tindakan ini hanya akan membuang waktu dengan percuma. Artikel hasil copy paste kedepannya akan sulit diindex di mesin pencari. Bahkan lama-lama jika seluruh artikel yang kita tulis di blog hasil copy paste, maka blog akan lenyap dari SERP. Hal ini bisa terjadi setelah adanya algoritma Google Sandbox.

Jika kita terpaksa harus melakukan copy paste artikel dari blog lain, maka sebaiknya usahakan untuk melakukan modifikasi lagi. Jadi jangan seutuhnya artikel tersebut hasil copy paste. Lakukan perubahan dengan menggunakan gaya bahasa anda sendiri.

Maka dari itu, point pertama yang paling penting adalah kita harus mencari niche untuk blog kita yang akan dibangun. Selain kita bisa tahu bahwa niche apa yang paling banyak diminati, selanjutnya untuk menyesuaikan apakah kita mampu mengembangkan blog jika kita memilih niche tersebut.

3. Lakukan Promosi Artikel

Promosikan artikel-artikel yang kita tulis di blog. Kegiatan promosi ini sangat penting karena untuk menarik visitor yang menuju ke blog kita. Lakukan promosi ke situs-situs terkenal dengan cara blogwalking. Atau bisa juga membagikan link artikel melalui sosial media seperti Facebook, Twitter dan juga promosi ke sosial bookmark ternama. Selain itu kita bisa aktif menuliskan kembali artikel yang dibuat di situs artikel direktori atau forum-forum terkenal.

4. Bangun Backlink Yang Berkualitas

Untuk memperkuat artikel agar muncul di halaman terbaik SERP, maka kita harus membangun backlink yang berkualitas. Backlink adalah link yang kita tanam di luar (blog) yang mengarah ke blog kita. Backlink ini bisa kita dapatkan dari kegiatan blogwalking, aktif menjadi penulis tamu di blog terkenal, submit URL artikel di web 2.0 seperti Tumblr, WordPress, Blogdetik, dan lain-lain. Usahakan carilah backlink yang berkualitas. Artinya sebuah backlink yang kita peroleh dari web-web yang mempunyai otoritas bagus. Langkah ini konon katanya untuk meningkatkan SEO blog.

5. Pasang Iklan Di Blog

Nah jika semua point di atas sudah kita terapkan, maka sampailah kita kepada point yang paling dinanti-nantikan. Kalau blog kita sudah terkenal dan visitor perharinya sudah stabil, maka cobalah pasang iklan di blog kita. Terserah mau iklan apa yang akan dijalin kerjasamanya dengan kita. 

Jenis iklan yang biasa ditempel di blog-blog seperti iklan PPC (Pay Per Click), contohnya Google Adsense, Chitika, Infolink, Kliksaya, dan masih banyak lagi. Kemudian iklan CPM (Cost Per Mille), contohnya Value Click, Burts Media, dan lain-lain. Silakan Anda cari saja di internet tentang jenis-jenis iklan yang biasa dipasang di blog. Namun dari sekian banyak iklan yang paling menjanjikan adalah Iklan Sponsor. 

Iklan Sponsor ini merupakan iklan yang paling besar penghasilannya. Karena penghasilan dari iklan tidak dibagi-bagi lagi langsung dibayar dari pengiklan kepada kita. Tapi itu dia untuk mendapat dan dipercayai sebagai publisher Iklan Sponsor ini sangat sulit. Karena tentunya pihak pengiklan akan melihat blognya dulu sebelum dia percaya untuk memasang iklannya.

Baca juga: 
Tips Blog Ramai Pengunjung dengan Mudah

Melalui kombinasi kerja keras, konsistensi, pemikiran inovatif, dan kreativitas, kita pasti akan mampu untuk membuktikan bahwa ada peluang bisnis yang layak di sekitar kita, meskipun hanya berbekal sebuah blog gratisan.

0 comments

Posting Komentar

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar