Kiat-kiat Promosi Blog Agar Sukses

kiat kiat promosi blog hingga sukses

ANWARIZ | Kunci sukses sebuah blog gratisan pada hakekatnya terletak pada sukses tidaknya promosi blog yang bersangkutan. Promosi blog adalah merupakan salah satu cara yang terbaik untuk mendatangkan trafik ke blog yang bersangkutan. Sebagus apapun konten blog yang dimiliki bilamana tidak dibarengi dengan langkah-langkah promosi yang memadai, maka hal tersebut tidak akan berarti apa-apa. Artinya secara singkat blog yang bersangkutan pasti akan selalu gagal untuk mencapai "peringkat sukses".

Persiapan sebelum promosi blog.

Kita harus mempersiapkan blog sebelum melakukan promosi. Hal-hal yang harus dipersiapkan sangat banyak. Ini berdasarkan pengalaman saya, yang pernah mengalami kegagalan dalam promosi blog karena saya belum mempersiapkan blog yang bersangkutan dengan baik. Tentu saja anda tidak ingin kegagalan ini terulang pada blog anda, bukan ?.

Persiapan blog ini termasuk hal-hal seperti judul blog yang tepat untuk mewakili isi blog, deskripsi blog yang mewakili keseluruhan isi blog, navigasi blog yang baik, template yang menarik, siapkan pula beberapa artikel yang berkualitas untuk dibaca pengunjung (misalnya kita punya 10 artikel, maka 5 dari artikel tersebut adalah artikel andalan yang layak untuk dibaca dan menarik perhatian calon pengunjung blog), siapkan halaman buku tamu atau guest book, siapkan halaman about atau tentang blog, loading blog yang tidak berat dan kurangi aksesoris yang membuat blog menjadi lambat untuk dibuka.

Baca juga: 
Tips Jadi Penulis Profesional

Halaman hubungi kami atau contact person dan halaman tentang siapa diri kita juga penting untuk blog bisnis. Menuliskan tentang siapa diri kita akan meningkatkan kepercayaan orang lain kepada blog kita dan meningkatkan kredibilitas diri kita di mata pengunjung. Patut untuk diingat, tidak semuanya persiapan blog tersebut harus kita lakukan. Namun kira-kira inilah hal penting yang menurut catatan anwariz.com harus kita siapkan sebelum mempromosikan blog. Bila kita merasa telah mempersiapkan blog dengan baik, maka sekaranglah saat yang tepat untuk mempromosikan blog yang bersangkutan.

Pengertian Promosi dan Tujuan Promosi

1. Pengertian Promosi

Promosi menurut Swastha DH dalam bukunya ”Saluran Pemasaran”(1999 :26) merupakan salah satu unsur atau variabel dalam marketing mix yang bertujuan untuk memperkenalkan, mengingatkan, membujuk serta memberitahu konsumen mengenai suatu produk atau barang maupun jasa yang ditawarkan

Bagi konsumen yang menginginkan agar produknya habis terjual sudah tentu harus menggunakan strategi pemasaran yang baik. Strategi  yang digunakan oleh perusahaan seperti perencanaan produk, penentuan harga dan saluran distribusi kurang berarti tanpa didukung dengan usaha mempromosikan produk hingga ke tangan konsumen. Masalah semakin ketatnya persaingan di antara para pengusaha dalam memperebutkan pasar yang sama sedikit banyaknya turut memegang peranan terhadap pemakaian sarana promosi secara meluas pada setiap perusahaan.

Gejala pemakaian promosi secara meluas hampir menjangkau segala bidang usaha, baik usaha yang berorientasi bisnis maupun usaha non bisnis. Kesemuanya mengharapkan agar apa yang dihasilkan untuk konsumen mencapai sasaran.

Perusahaan  atau lembaga sebagai pembawa pesan berusaha mengadakan komunikasi dengan masyarakat agar dapat membujuk dan mempengaruhinya untuk mengikuti keinginan perusahaan. Semahalnya dengan perusahaan bisnis yang mempengaruhi masyarakat atau konsumen melalui usaha promosi agar mau membeli produknya atau dengan kata lain promosi merupakan kegiatan bagaimana perusahaan itu menyampaikan informasi yang sangat tepat pada konsumen yang tepat pula mengenai produk perusahaan, dan mampu meyakinkan konsumen bahwa konsumen tidak salah dalam memilih produk dengan harga yang pantas. Keberhasilan perusahaan dalam mempromosikan produknya terlihat dari besarnya minat konsumen untuk membeli.

Bauran promosi untuk setiap produk adalah berbeda-beda pula biasanya untuk barang dan jasa lebih banyak menggunakan sarana promosi berupa periklanan dan personal selling, dan kedua alat tersebut bisa pula dilengkapi dengan promosi penjualan. Sedang publisitas dapat membantu dalam menciptakan kesan positif bagi perusahaan maupun produk.

Untuk menentukan variabel bauran promosi yang paling efektif, sangat sulit dalam manajemen perusahaan, sementara itu perusahaan dituntut untuk mencari kombinasi terbaik atas penggunaan alat-alat tersebut. Kesulitan yang dihadapi yaitu manajemen tidak dapat mengetahui secara pasti mengenai luasnya kegiatan periklanan, personal selling, promosi penjualan, publisitas atau alat promosi lain yang dipakai. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kombinasi terbaik dari variabel bauran promosi adalah :

a)    Besarnya Dana Promosi
Menentukan kombinasi promosional mix yang efektif sangat tergantung dari besarnya dana yang tersedia untuk keperluan tersebut. Semakin besar dana yang tersedia, semakin efektif pula kegiatan promosinya. Sebaliknya dengan dana yang kecil akan menyebabkan kurang efektifnya promosi. Oleh sebab itu, bagi perusahaan yang memiliki dana sangat terbatas sebaliknya menggunakan sarana periklanan dari pada menggunakan sarana personal selling

b)    Sifat Pasar
Hal ini tergantung dari seberapa luasnya wilayah pemasaran produk perusahaan, apakah dalam batas pasar lokal, nasional ataukah internasional. Jika pasarnya bersifat lokal tentunya sarana promosi yang digunakan juga tidak banyak, mungkin sudah cukup dengan menggunakan personal selling saja. Lain halnya dengan daerah pasar nasional dan internasional yang menemukan beberapa sarana promisi. Jadi, tidak cukup dengan hanya menggunakan iklan tanpa desertai sarana promosi lainnya.

c)    Konsentrasi Pasar
Masalah konsentrasi pasar dapat mempengaruhi strategi yang dipakai perusahaan terhadap : jumlah pembeli, jumlah pembeli potensional yang beraneka ragam dan konsentrasi secara nasional. Bagi perusahaan yang mengarahkan penjualannya satu kelompok pembeli, maka saat promosi yang digunakan juga akan berbeda dengan perusahaan yang memusatkan penjualannya pada semua kelompok pembeli.

d)    Jenis pembeli
Pembeli industri, konsumen rumah tangga, dan pembeli lainnya akan mempengaruhi strategi  promosi yang dilakukan perusahaan. Kadang-kadang perantara turut ambil bagian dalam pelaksanaan program promosi perusahaan untuk membantu mencapai sasaran pasar.

e)    Jenis Produk
Jenis produk seperti barang konsumsi dan barang industri merupakan faktor lain yang ikut menetukan pemakaian strategi promosi perusahaan. Baik barang konsumsi maupun barang industri akan berbeda cara mempromosikannya. Untuk jenis barang industri, terutama jenis instalasi atau barang berharga cukup tinggi lebih tepat kalau memanfaatkan sarana promosi personal selling. Sementara itu periklanan lebih banyak dipakai untuk mempromosikan jenis barang- barang konsumsi, terutama pada barang konvenience sebab memerlukan saluran distribusi yang luas dan tidak tepat bagi jenis barang industri. Berbeda dengan sarana promosi lain, yakni publisitas dan promosi penjualan. Keduanya dapat digunakan baik untuk mempromosikan barang konsumsi maupun barang industri.

f)     Tahap-tahap Siklus Kehidupan Produk
Strategi promosi yang dipakai pada setiap tahap dalam siklus kehidupan produk berbeda-beda sesuai kondisi pada saat tersebut. Pada tahap perkenalan, pemasaran diarahkan untuk mendorong peningkatan permintaan primer atau primary demand terlebih dahulu dan bukannya permintaan selektif atau selektif demand. Jadi, perusahaan harus menjual kepada pembeli dengan mempromosikan produk tersebut secara umum sebelum mempromosikan suatu merek tertentu.

Kegiatan personal selling dapat lebih diutamakan dari pada kegiatan promosi lainnya, ketika perusahaan memasuki daerah pemasaran baru atau menjual produk baru. Pada tahap pertumbuhan, kedewasaan dan kejenuhan, perusahaan dapat menitukberatkan periklanan pada kegiatan promosinya. Memasuki tahap kemunduran, usaha-usaha promosi sudah tidak banyak membantu tingkat penjualan perusahaan. Iklan hanya dapat dipergunakan untuk mengingatkan saja.

2. Tujuan Promosi
Telah disebutkan dimuka bahwa, promosi adalah salah satu bagian dari variabel marketing mix. Dengan sendirinya pomosi juga turut memberikan andil yang besar terhadap keberhasilan program pemasaran perusahaan. Pada umumnya, perusahaan melakukan promosi dengan mendasarkan pada tujuan-tujuan di bawah ini, sebagaimana yang dikemukakan oleh Swasta (1999 : 3), yaitu :

1. Memodifikasi tingkah laku
2. Memberitahu
3. Membujuk
4. Mengingatkan

Tujuan utama yang akan dilakukan oleh perusahaan secara mendasar terdiri dari beberapa alternatif antara lain berupa menginformasikan, mempengaruhi, membujuk, mengingatkan sasaran konsumen tentang perusahaan dan bauran pemasarannya. Oleh karena itu, secara mendalam tujuan promosi tersebut dapat diuraikan sebagai berikut :

a.    Memodifikasikan tingkah laku
Ada beberapa  alasan yang menyebabkan orang-orang melakukan komunikasi, di antarnya : mencari kesenangan, mencari bantuan, memberikan pertolongan atau instruksi, memberikan informasi, mengemukakan pendapat atau ide lain halnya dengan informasi, dari segi lain, berusaha mengubah tingkah laku dan pendapat, serta memperkuat tingkah laku yang ada. Penjual sebagai sumber selalu berusaha menciptakan kesan yang baik tentang dirinya (promosi kelembagaan) atau mendorong pembelian barang dan jasa perusahaan. Sebagai tujuan utama dari kegiatan promosi yang akan dilakukan adalah menginformasikan seluruh aspek-aspek dan kepentiangan perusahaan yang berhubungan dengan konsumen dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya untuk dapat diketahui dengan jelas.

b. Memberitahu
Promosi yang bersifat meningkatkan ditujukan agar konsumen atau pembeli yang ada tidak lupa akan produk perusahaan yang tetap setia membeli produk perusahaan tersebut. Dengan mengingatkan konsumen berarti terus dapat mempertahankan merek produk di hati masyarakat. Cara ini baik dilakukan ketika produk memasuki tahap kedewasaannya di dalam siklus kehidupan.

c. Membujuk
Promosi yang dilakukan dapat dimaksudkan untuk memberitahukan konsumen tentang produk yang ditawarkan perusahaan. Tujuan ini lebih tepat dijalankan oleh perusahaan pada tahap-tahap awal dalam siklus kehidupan produknya. Promosi yang bersifat informatif ini juga penting bagi konsumen karena dapat membentu uraian pengambilan keputusan untuk pembeli.

Sebagai alternatif kedua dari tujuan promosi yang akan dilakukan oleh perusahaan adalah mempengaruhi dan membujuk pelanggan atau konsumen sasaran agar mau membeli atau mengalihkan pembeli terhadap produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

d.  Mengingatkan
Sebagian masyarakat kurang menyukai promosi yang bersifat membujuk atau persuasif. Tetapi pada kenyataannya promosi ini banyak dipakai perusahaan terutama dalam upaya untuk meningkatkan penjualan, mendorong pembelian. Perubahan mengharapkan adanya kesan positif dari konsumen sehingga dapat memberi pengaruh yang lama terhadap perilaku pembeli. Promosi yang bersifat persuasif ini banyak digunakan pada saat produk tersebut mulai memasuki tahap pertumbuhan di dalam siklus kehidupan produk.

Sebagai alternatif terakhir dari tujuan promosi yang akan dilakukan perusahaan adalah mengingatkan kembali konsumen sasaran selama ini dimiliki atas keberadaan perusahaan dan merk-merk produk yang dihasilkan, yang tetap setia dan konsisten untuk melayani konsumennya di manapun mereka berada.

Dari keseluruhan alternatif tujuan promosi yang dilakukan perusahaan tersebut di atas, secara singkat dapat dikatakan bahwa tujuan promosi yang dilakukan bekaitan erat dengan upaya bagaimana konsumen atau calon konsumen dapat mengenal produk perusahaan memahaminya, berubah sikap  menyukai, yakin dan pada hakekatnya akhirnya membeli dan selalu mengingat akan produk tersebut.

CARA PROMOSI BLOG GRATISAN YANG EFEKTIF

Bergabunglah dengan komunitas pada media sosial. Pilihlah komunitas yang sesuai dengan thema blog yang anda miliki. Carilah komunitas yang memiliki anggota sesuai dengan target pasar (niche blog) Anda. Misalnya jika Anda memiliki bisnis jual kosmetik, Anda dapat memilih komunitas yang banyak beranggotakan wanita. Sebaiknya Anda menghindari komunitas  bisnis online karena biasanya anggotanya juga orang-orang seperti Anda, yaitu mereka yang memiliki usaha dan sedang mencari wadah untuk berpromosi.

Selengkapnya jika ingin membaca tentang teknik promosi dan pemasaran bisa disimak disini

Setelah Anda bergabung di komunitas, berusahalah untuk aktif di komunitas tersebut. Misalkan saja Anda memiliki bisnis menjual kosmetik dan Anda telah bergabung dengan komunitas ibu muda. Nah Anda dapat aktif memberikan komentar, tanggapan, maupun jawaban atas pertanyaan atau permasalahan yang dihadapi para ibu muda seputar kosmetik atau perawatan wajah mereka. Berikan ide-ide original yang Anda miliki dan kemaslah dengan bahasa yang ringan. Dengan begitu Anda tidak terlalu mencolok saat melakukan promosi.

Untuk mengenalkan nama blog Anda di dunia internet, Anda juga dapat menggunakan jasa pemasangan iklan. Anda dapat memasang iklan baris, atau iklan pada blog-blog tertentu baik di banner, sidebar, postingan sesuai dengan kebijakan yang diberikan oleh pemilik blog tersebut. Yang perlu Anda perhatikan ialah Anda harus jeli dalam memilih blog yang akan Anda pakai untuk memasang iklan promosi blog. Pastikan blog atau website tersebut memiliki jumlah kunjungan atau traffic yang tinggi dengan target visitor sesuai dengan thema blog atau niche blog anda.

Selanjutnya, untuk memajukan usaha bisnis online yang Anda jalankan (bagi pebisnis online), tidak selalu Anda harus menempuh jalur online juga. Anda juga sebaiknya memanfaatkan teman-teman Anda di kehidupan nyata sebagai media untuk promosi. Ajak mereka untuk mengunjungi website ataupun blog yang Anda miliki. Siapa tahu dengan melihat katalog yang ada pada website atau blog Anda, mereka jadi tertarik untuk membeli atau mungkin dapat merekomendasikan kepada kerabat yang lain, yang sedang membutuhkan produk yang Anda jual. Ini adalah salah satu trik marketing yang ampuh.

Masih berhubungan dengan teman-teman Anda di dunia nyata, Anda juga dapat memanfaatkan kemajuan teknologi chat, seperti BBM, Line, WhatsUp, BeeChat, dan lain-lain untuk mempromosikan blog Anda. Anda juga dapat membuat group sendiri melalui media chat tersebut, dengan Anda sebagai adminnya. Bahaslah topik-topik yang ringan seputar masalah yang dapat diselesaikan dengan membaca beberapa artikel blog yang Anda miliki. Sebaiknya jangan mempromosikan bisnis ataupun produk Anda secara terang-terangan karena dapat memunculkan pandangan negatif teman-teman Anda tentang Anda yang tiba-tiba membuat group tersebut. 

Baca juga: 
Cara Membuat Blog Ramai Pengunjung

Cara Promosi blog yang baik

Banyak cara promosi blog yang bisa kamu dapatkan dari internet dan tinggal praktek saja. Terserah apakah blog kamu adalah personal blog atau blog pribadi, blog bisnis, blog berita, atau jenis blog lain. Kamu dapat membaca tentang blog dan jenis-jenis blog terlebih dulu.

Promosikan blog ke search engine.
Kamu tahu, ada dua jalan bagi orang untuk menemukan blog kamu. Yaitu pengunjung blog yang datang secara direct link dan natural visitor yang menemukan blog kamu melalui search engine. Direct link adalah pengunjung blog yang datang karena telah mengetahui alamat url blog kamu dan mengetikkannya pada browser dan bisa juga dari petunjunk backlink yang ada pada blog lain. Sedangkan pengunjung blog natural adalah pengunjung blog yang secara tak sengaja menemukan blog kamu pada search engine atau mesin pencari dengan mengetikkan sebuah kata kunci tertentu yang membawanya ke blog kamu. Nah, segera daftarkan blog kamu ke search engine.

Daftarkan blog ke Blog directory.
Banyak situs yang memberikan layanan gratis blog directory. Kamu tinggal pilih dan mendaftarkan blog di sana. Diharapkan dengan mendaftarkan blog ke blog directory akan membuat blog kamu semakin dikenal banyak orang serta dapat meningkatkan jumlah pengunjung blog kamu. Promosi blog melalui blog directory ini terbukti dapat meningkatkan trafik kunjungan blog saya.


Daftarkan blog ke RSS search Engine.
Apa itu RSS bisa kamu baca di RSS Feed. Ini juga hal penting yang sebaiknya kamu lakukan untuk blog. Saya sudah mendaftarkan blog ke rss search engine dan hasilnya luar biasa. Terjadi peningkatan readers (pembaca) sebanyak 50%.

Promosi blog dengan blogwalking.
Sediakan waktu untuk mengunjungi blog lain atau blogwalking dengan meninggalkan komentar yang baik pada artikel blog tersebut. Silahkan baca cara berkomentar pada blog. Diharapkan dengan mengunjungi blog lain, kamu akan mendapat kunjungan balik dari pemilik blog tersebut.

Promosi blog melalui Shoutbox. 
Selain meninggalkan komentar pada artikel blog, kamu juga bisa meninggalkan pesan singkat pada shoutbox. Tidak semua blog menambahkan aksesoris ini. Jika memang kamu menemukan shoutbox, maka sebaiknya isi dan tinggalkan pesan singkat. Disarankan agar kamu juga menyertakan shoutbox pada blog kamu. Jika tertarik kamu bisa baca cara membuat shoutbox.

Promosi blog ke situs sosial networking.
Jika kamu adalah tipe orang yang suka berjejaring sosial, maka cara ini sangat efektif untuk mempromosikan blog kamu. Seperti promosi blog ke Google Plus, facebook, friendster, twitter dan situs jejaring sosial yang kamu ikuti.

Promosi blog melalui mailing lists. 
Ikutlah bergabung dalam sebuah milis yang cocok dengan keahlian dan bakat kamu. Di milis, kamu bisa memberikan bantuan ke anggota milis dengan menjawab pertanyaan yang mereka butuhkan. Penting untuk menyertakan juga alamat url blog kamu. Misalnya ada pertanyaan atau informasi yang berkaitan dengan isi blog kamu, maka tidak salah untuk menyertakan alamat url blog kamu. Milis groups dapat berupa milis alumni, milis rekan kerja dan milis keanggotaan organisasi dan banyak lagi. kamu tinggal mencari milis di Google Groups atau Yahoo! Groups.

Promosi blog melalui email signature.
Yahoo! dan Google menyediakan layanan email signature ke penggunanya. Secara otomatis email signature akan disertakan pada setiap email keluar yang kamu kirim. Tulislah email signature berupa kalimat menarik dan sertakan alamat url blog kamu yang akan membawa pembaca email untuk berkunjung ke blog kamu.

Promosi blog melalui iklan baris gratis.
Banyak situs iklan baris gratis yang tersedia di Indonesia ataupun di luar negeri. Isi iklan tidak harus panjang, namun sangat menarik dan memancing pembaca agar datang ke blog kamu. Singkat, padat dan tepat sasaran. Pasanglah iklan secara rutin dan perhatikan hari serta jam pemasangan iklan yang benar-benar tepat untuk pembaca. Seperti hari Sabtu dan Minggu adalah hari yang sangat cocok memasang iklan. Jika ada uang lebih, kamu juga bisa memasang iklan di broker-broker PPC. Hanya jika punya uang berlebih saja.

Promosi blog di Yahoo! Answer.
Sangat menyenangkan untuk bisa berbagi dan saling menolong di Y!A. Pilihlah pertanyaan yang berkaitan dengan isi blog kamu. Jawablah pertanyaan di Y!A dengan baik dan bijaksana, jangan lupa sertakan alamat blog kamu jika dan hanya jika memang relevan dan dapat menolong pengguna Y!A tersebut.

Promosi blog melalui sms. 
Beritahu kepada teman-teman tentang blog yang baru saja kamu buat. Promosi blog melalui sms sangat jitu dan meningkatkan trafik kunjungan blog kamu. Jangan malu-malu, gagal itu biasa. Yang penting kamu telah melakukan usaha ini. Saya yakin, secara perlahan kamu akan semakin percaya diri untuk mempromosikan blog kamu.

Promosi blog melalui kartu nama.
Sertakan alamat blog dalam kartu nama pribadi. Mungkin kamu menemui banyak orang di dunia ini dan lupa siapa saja yang pernah kamu temui. Maka dari itu, buatlah kartu nama pribadi. Ga perlu kartu nama yang canggih dan mahal. Sederhana saja, yang penting isi pesan dan alamat url blog kamu tersampaikan.

Promosi blog dalam komunikasi sehari-hari.
Pasti sudah tahulah maksudnya. Seperti ketika sedang ada acara kumpul-kumpul dengan teman-teman atau mate kamu. Katakan kepada mereka bahwa kamu sudah punya blog dan beritahukan alamat urlnya apa dan judul serta deskipsi blog. Promosi blog sambil ngegosip juga bisa koq. 

Artikel menarik: 
Istilah-istilah Blogging Lengkap dengan Artinya

Promosi blog melalui selebaran.
Buatlah selebaran yang berisi judul blog dan deskripsi blog kamu secara menarik. Tempelkan selebaran di tempat-tempat umum. Seperti halte, mading sekolah dan papan pengumuman kampus adalah tempat yang strategis untuk menempelkan selebaran. Kamu bisa menentukan dan menilai di mana tempat yang strategis untuk menempelkan selebaran tersebut.

Promosi blog melalui stiker.
Buatlah stiker sederhana yang berisi judul, deskripsi dan alamat blog. Bagikan ke teman-teman kamu. Kamu juga dapat menempelkan stiker seperti misalnya di mobil, motor, helm, dan tempat lainnya.

Demikian ulasan tentang Cara Promosi Blog Agar Sukses, semoga bermanfaat bagi pembaca setia anwariz.com. Salam senyum

2 komentar:

  1. artikelnya mantap sekali..cukup membantu saya yang baru merintis website...

    ReplyDelete
  2. Oke sob... Selamat menyimak posting terbaru di KiatKiat.com. Semoga websitenya makin ramai.

    ReplyDelete