Kesuksesan Erat Kaitannya Dengan Berpikir Kreatif

kaitan berpikir kreatif dan kesuksesan
Berpikir Kreatif untuk Kesuksesan

anwariz.com | Berpikir Kreatif pada dasarnya merupakan kunci sukses seseorang di dalam menjalani kehidupannya di dunia ini (manusiawi). Untuk meraih kesuksesan di dunia bisnis sebagai salah satu contoh, pola berpikir kreatif sangat-sangat dibutuhkan terutama untuk mencari peluang-peluang baru yang menghasilkan. Bahkan, bisa jadi berbagai macam cara pun telah dan mulai dijalankan oleh para pelaku usaha (bisnis) untuk bisa mencapai kesuksesan yang telah diimpikannya. Dalam hal ini proses berpikir kreatif tentu saja memegang peranan yang sangat penting.

Untuk bisa menciptakan sebuah peluang usaha yang tahan banting dan mampu menghasilkan di tengah-tengah gempuran persaingan pasar, selalu dibutuhkan adanya kreativitas yang tinggi agar bisa tercipta sebuah inovasi baru yang belum pernah ada sebelumnya. Selain itu, para pelaku usaha juga dituntut untuk selalu berpikir kreatif guna meningkatkan nilai tambah produk atau jasa yang mereka miliki serta mampu memenangkan persaingan pasar yang ada di sekitarnya.

Jadi, wajar saja bilamana para entrepreneur sukses selalu diidentikan dengan sekelompok orang yang tak pernah lelah untuk berkreasi, mereka tidak henti-hentinya untuk berpikir kreatif. Karena setiap harinya mereka harus menggunakan kreativitasnya untuk mempertahankan eksistensi usahanya. Lalu, langkah apa saja yang bisa dilakukan para pelaku usaha untuk meraih puncak suksesnya ?

Berikut ini beberapa tips motivasi bisnis yang bisa Anda jalankan untuk meraih sukses usaha.
1. Miliki mimpi yang besar
Setiap manusia memiliki hak yang sama untuk menggantungkan mimpi mereka setinggi-tingginya. Namun sebagai pelaku usaha, tentunya mimpi yang Anda cita-citakan tersebut juga harus didukung dengan pola usaha yang realistis, sehingga mimpi besar yang telah Anda tuliskan bisa terwujud sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan, dan bukannya menjadi impian kosong di siang bolong. Karena itu, mulailah dengan mengerjakan sesuatu hal yang kecil untuk menggapai mimpi besar yang telah Anda inginkan.

2. Ciptakan ide yang unik, buatlah konsep yang bagus, dan optimalkan proses eksekusinya.
Untuk meraih mimpi besar yang sangat Anda inginkan, bisa dimulai dengan menciptakan sebuah ide segar yang belum pernah ada sebelumnya. Setelah ide tercipta, maka buatlah konsep yang matang untuk mewujudkan ide-ide tersebut. Terakhir, setelah perencanaan sudah benar-benar matang, maka lakukan semua proses eksekusi dengan optimal agar ide kreatif yang Anda miliki menghasilkan inovasi baru yang memberikan nilai tambah bagi perkembangan usaha Anda.

3. Tak lelah untuk berinovasi
Ketika seorang pelaku usaha berhasil menciptakan sebuah karya, maka Ia tidak boleh cepat berpuas diri dengan produk yang dihasilkannya. Teruslah berkreasi untuk merancang inovasi-inovasi baru yang akan diluncurkan pada periode berikutnya. Sebab, kehadiran sebuah produk baru tidak hanya menarik perhatian konsumen, namun juga menarik perhatian para kompetitor untuk menduplikasi produk tersebut. Karenanya, jangan pernah lelah untuk berinovasi, karena kompetitor Anda juga tidak lelah untuk menduplikasi.

4. Senang dengan tantangan baru
Seorang pengusaha yang sukses memiliki mental yang kuat dan berusaha menikmati setiap tantangan dalam perjalanan usahanya. Saat orang lain terlena dengan kemapanan yang telah didapatkan, maka seorang pelaku usaha cenderung berani mengambil sebuah resiko untuk mendapatkan hasil yang lebih besar. Mereka tidak lelah untuk terus berkarya dan menjadikan tantangan baru sebagai teman baiknya hingga mencapai puncak kesuksesan.

5. Selalu belajar dari pengalaman
Untuk menjadi pengusaha yang sukses, tidak ada salahnya bila Anda belajar langsung dari pengalaman para pengusaha yang telah berhasil mencapai puncak kejayaannya. Dari mereka, Anda bisa mengambil beberapa strategi jitu yang mengantarkan mereka meraih suksesnya. Disamping itu, Anda juga bisa mendapatkan pelajaran penting dari pengalaman-pengalaman yang dimiliki para entrepreneur-entrepreneur sukses, baik pengalaman pahitnya dalam memulai usaha maupun pengalaman mereka untuk mengembangkan usahanya.


Melatih Otak agar mampu berpikir Kreatif

Albert Einsten yang mana merupakan ilmuwan dunia pengembang ilmu fisika, hanya menggunakan 1% dari sel otaknya. Padahal jika dilihat, Einsten merupakan salah satu ilmuwan yang cukup kreatif, dan bahkan hampir tiap saat memikirkan hal-hal baru. Berbeda dengan manusia di zaman sekarang ini. Kemampuan berpikir kreatif manusia, sangatlah terbatas karena tidak dilatih untuk menggunakannya dan mereka telah terlena dengan berbagai macam kemudahan dan fasilitas.

Berikut 10 cara mengasah otak agar berpikir kreatif di bawah ini.

1. Membiasakan aktif menjadi kidal dan juga kanan
Lakukan tugas dengan tangan non-dominan, jika biasanya menggunakan tangan kidal (kiri) maka gunakan tangan kanan dan sebaliknya. Contohnya saat menggunakan Handphone, saat menulis, menggosok gigi, dan mengikat sepatu dengan arah berlawanan. Menurut Franklin Institute, jenis latihan ini dapat memperkuat hubungan saraf yang ada dan bahkan membentuk saraf baru.

2. Membaca
Membaca dapat melenturkan otot-otot otak, baik bacaan yang ringan (seperti komik atau novel) maupun bacaan informasi. Dan menurut studi Dr. Nikolaos Scarmeas pada tahun 2001, membaca dapat membantu membangun ‘cadangan kognitif’ untuk menunda timbulnya demensia.

3. Bermain puzzle atau teka-teki silang
Sudoku, kotak rubik, TTS dan jenis puzzle lainnya, dapat melatih otak khususnya otak kiri, menurut pusat pelatihan kognitif Learning Rx. Tambahkan strategi baru untuk mengefektifkan latihan otak, misalnya memecahkan teka-teki silang dengan tema yang tidak biasa.

4. Bermain permainan strategi
Permainan strategi seperti catur, monopoli atau game yang ada pada komputer lainnya, akan menggunakan otak kanan yang dapat membantu orang untuk lebih berpikir kreatif.

5. Ubah rutinitas
Menurut Lawrence Katz, profesor Neurobiologi di Duke University Medical Center, mengubah rutinitas dan cara-cara hidup baru dapat mengaktifkan koneksi otak yang sebelumnya tidak aktif. Latihan yang bisa dilakukan misalnya, mandi dengan mata tertutup atau mengatur ulang kantor atau meja.

6. Belajar bahasa asing
Dengan belajar bahasa asing akan mengaktifkan bagian otak yang belum digunakan sejak Anda mulai berbicara. Sebuah studi tahun 2007 di York University di Toronto, menemukan bahwa penggunaan beberapa bahasa dapat meningkatkan suplai darah ke otak untuk menjaga kesehatan koneksi saraf.

7. Menikmati musik
Selain mendengarkan musik, belajar juga untuk memainkan instrumen musik. Para ahli juga merekomendasikan untuk mengaktifkan dua indera sekaligus, seperti mendengarkan musik dan mencium bunga.

8. Latihan fisik
Latihan fisik juga dapat meningkatkan kesehatan otak, karena dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Menurut Stanford Center on Longevity dan The Max Planck Institute for Human Development, latihan fisik dapat meningkatkan perhatian, penalaran dan memori.

9. Hidup sosial
Otak dapat dilatih dengan menjalani kehidupan sosial Anda, misalnya dengan mengunjungi teman. Sebuah studi 2006 oleh Dr David Bennett dari Rush University Medical Center menemukan bahwa memiliki jaringan sosial dapat memberikan perlindungan terhadap gejala klinis penyakit Alzheimer.

10. Mencari hobi baru
Tantang otak untuk belajar keterampilan baru atau hal-hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Jika Anda bukan seniman, cobalah untuk belajar melukis atau memahat. Jika Anda bisa bermain piano, belajarlah memainkan gitar. Temukan sesuatu yang baru dan menarik untuk dapat menjaga otak agar tetap aktif.

Baca juga:
10 Cara Agar Kecerdasan Lebih Meningkat


9 Cara untuk menjadi pribadi yang kreatif

Anda mungkin sudah tidak asing mendengar istilah “berpikir di luar kotak (thinking out of the box)”. Bagaimana jika kita katakan bahwa siapa pun bisa menjadi lebih kreatif – dan dengan demikian lebih mampu memecahkan masalah, mengerjakan proyek-proyek unggulan, dan secara keseluruhan menjadi pribadi yang lebih menarik – tanpa berusaha melakukannya dengan keras ?

Hal itu benar, dan inilah buktinya : Peneliti dari University of California, Santa Barbara, memiliki siswa yang bekerja pada latihan kreatif, dan kemudian memberi mereka istirahat. Selama waktu istirahat, para siswa diminta untuk betul-betul bestirahat, bekerja pada tes memori intensif, menamai warna yang muncul di layar komputer, atau tidak benar-benar mengambil istirahat sama sekali. Setelah mereka kembali bekerja, para siswa yang telah melakukan tugas ringan menamai warna warna melakukan pekerjaan mereka lebih baik dibanding siswa lain.

Mengapa? Pikiran kreatif kita akan mengalir bebas selama mengerjakan tugas apapun ketika pikiran lebih mudah untuk mengembara, kata Jonathan Schooler, PhD, seorang profesor psikologi di UC Santa Barbara dan salah satu penulis studi tersebut. Dengan kata lain, inilah yang menjelaskan mengapa anda memiliki ide-ide terbaik ketika berada di kamar mandi – karena aktivitas yang tepat akan membuat pikiran anda untuk terus dan terus berpikir.

Berikut adalah sembilan cara untuk mendapatkan kreativitas anda mengalir.

1. Ambil istirahat.
Tapi bukan sembarang istirahat : Istirahat yang mempengaruhi kreativitas meliputi kegiatan yang memerlukan cukup gerak – namun justru tidak terlalu mengasyikkan seperti berjalan-jalan atau berkebun, kata Schooler.

2. Tidur sebentar.
Tidak ada yang dapat mencegah krisis di siang hari dengan ucapan “Saya bosaaan”, dan hal yang sama juga bisa menimpa anda. “Orang-orang lebih produktif dan kreatif setelah tidur siang,” kata Schooler. Tidur sebentar dapat membantu anda menyelesaikan masalah dimana anda tidak bisa melakukannya ketika terjaga. Mengapa? Karena pikiran anda bisa berjalan liar ketika anda bermimpi. Namun tentu saja bagi anda yang bekerja di kantor, harus memiliki trik-trik khusus agar anda dapat melakukan aktivitas ini.

3. Meditasi
Jika anda tidak punya waktu untuk meditasi, ambil beberapa menit untuk menenangkan pikiran anda. Menurut sebuah penelitian terbaru di Frontiers in Psychology, meditasi mendorong pemikiran yang kreatif. “Beristirahat dan duduk diam, idealnya dengan punggung tidak menyentuh kursi Anda, berfokus pada napas anda,” kata Schooler.

4. Buat sedikit kebisingan
Diam justru dapat “memekakkan” telinga. Menurut penelitian terbaru, dikatakan bahwa bekerja di lingkungan yang cukup bising membantu orang menjadi lebih produktif dan kreatif. Tingkat kebisingan yang optimal cocok dengan sebuah kedai kopi, tetapi jika anda tidak bisa bekerja di dalam Starbucks, pergilah ke kantin kantor anda atau sekedar membuka pintu ruang kerja anda. Kuncinya adalah membiarkan otak anda mendapat masukan dari ketidakpastian yang ada di sekitar anda.

5. Go green
Melihat benda-benda hijau akan meningkatkan pikiran yang kreatif, begitu kata sebuah penelitian di Jerman baru-baru ini. Otak kita mengasosiasikan warna dengan alam dan pertumbuhan, yang memacu inovasi. Yang diperlukan hanyalah dua detik untuk melihat sesuatu yang hijau, jadi lanjutkanlah menatap tanaman.

6. Maksimalkan berkendara anda
Siapa tahu ada jalan lain untuk bolak-balik menuju pekerjaan anda atau toko serba ada langganan anda. Merubah rute berkendara anda menuju suatu lokasi akan membantu meningkatkan kreativitas anda, terutama jika anda terbiasa mengambil jalan besar yang cenderung membosankan, kata Schooler.

7. Log out
Bermain facebook atau game komputer tidak akan membuat otak menjadi lebih kreatif. “Banyak situs hiburan mungkin akan cukup menarik,” kata Schooler. Di banding melakukan hal tersebut, sebaliknya lakukanlah doodling (menggambar sambil melamun atau sambil bercakap-cakap atau sambil memikirkan sesuatu).

8. Bermimpi kecil
Tutup mata anda dan bayangkan masa depan anda. Apa yang anda lihat ? Nah, akan lebih kreatif jika anda terus seperti ini. “Ketika orang membayangkan diri mereka jauh di masa depan, hal itu menyebabkan pikiran untuk beralih ke cara berpikir global yang bisa sangat berguna,” kata Schooler. Tapi membayangkan apa yang akan anda makan untuk makan siang anda besok tidak masuk hitungan. Mimpikan masa depan yang sangat jauh – seperti lima tahun atau lebih – untuk hasil terbaik.

9. Selamat minum
Waktu bersenang-senang dapat membawa anda melakukan brainstorming terbaik. Sebuah studi terbaru dari University of Illinois di Chicago menemukan bahwa orang-orang yang mabuk (bukan dalam arti mabuk berjalan sempoyongan dan jatuh), lebih mampu memecahkan masalah yang berhubungan dengan kata. Ternyata jumlah sedang dari alkohol dapat membantu mengendurkan fokus anda, sehingga lebih mudah untuk berpikir kreatif. Namun cara ini belum tentu cocok untuk diterapkan dalam budaya kita, mengingat adanya larangan untuk mengkonsumsi alkohol.

Demikianlah uraian penulis tentang meraih Sukses dengan Berpikir Kreatif, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

5 comments:

  1. belajar bahasa asing kayaknya paling menarik menurut saya, nice artikel sob..

    BalasHapus
  2. Ya, mendalami bahasa asing menjadi tuntutan untuk bisa memerluas jaringa dan peluang sukses ke arah yang lebih luas lagi. Oia ada 1 lagi tips pamungkas, yakni salam senyum :)

    BalasHapus
  3. Your Article Is This Very Helpful Thanks For Sharing...!!!

    BalasHapus

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar