Istilah Penting Seputar Blog Beserta Artinya Wajib Diketahui Blogger Pemula

daftar istilah dalam dunia blogging wajib diketahui
Istilah Seputar Blog via Flickr
Dalam dunia blogging ada beberapa istilah yang mungkin akan terasa aneh dan asing ditelinga kita terutapa para blogger pemula. Istilah-istilah seputar blog pada artikel kali ini akan membahas lebih detail satu per satu apa saja yang sering terdapat pada istilah blogging. Semoga akan sedikit menambah wawasan blogger pemula ketika akan membuat sebuah blog baru. Berikut ini istilah penting seputar blogging yang wajib diketahui blogger pemula:
Posting  
Adalah kegiatan untuk mengirimkan artikel ke dalam blog. 
Blogging 
Merupakan kegiatan mengisi, menulis dan mengelola suatu blog
Blogger  
Adalah sebutan bagi orang yang menulis di blog tersebut. Artinya ialah pengelola suatu blog atau situs weblog melalui jaringan internet. Syarat seseorang bisa menjadi blogger yakni ia harus bisa menulis! Soal teknologi untuk blogging, ada berbagai platform sebagi pilihan tempat dimana kita akan melakukan posting suatu tulisan kita di internet. Diantaranya ada platform gratisan seperti Blogger, dan Wordpress, anda bisa memilih sesuai selera.
Adsense 
Merupakan teknologi periklanan online yang dimiliki oleh Google dan memberikan kesempatan kepada para Blogger untuk melakukan monetisasi blognya dengan menampilkan iklan kontekstual di blog mereka. stiap kali orang/atau pengunjung mengklik teks iklan Google Adsense, maka si pemilik blog akan mendapatkan sejumlah komisi. Selain dari Google, Adsense lokal pun tidak kalah pentingnya.
Adwords  
Merupakan kebalikan dari Adsense. Adwords memungkinkan perusahaan atau individu untuk memasang iklan dan mempromosikan produk, jasa atau situs mereka berdasarkan perhitungan cost per Click (CPC). seorang pemasang iklan harus menentukan kata kunci yang hendak dibidik nya dan berapa harga yang bisa ia berikan untuk setiap iklannya. Iklan Adwords bisa muncul di halaman hasil pencarian Google maupun di Unit iklan Adsense di situs atau blog yang mengikuti program Adsense.
Affiliate Marketing 
Affiliasi, sebuah cara yang dangat populer untuk mendapatkan uang dari internet di mana seorang pemilik program affiliasi memberi kesempatan orang lain untuk memasarkan produk atau jasanya dengan imbalan sejumlah komisi.
RSS 
Merupakan format web feed yang ditulis dalam format XML (eXtensible Marup Language) digunakan untuk menginformasi kan suatu konten digital yang sering di Update, seperti Blog, News feed, atau podcast.
SEO (search Engine Optimization) 
Merupakan cara untuk mengoptimasi suatu situs (blog) dengan cara meningkatkan page rank di mesin pencari. Tujuan dari optimasi ini tiada lain agar blog tersebut mudah ditemukan oleh mesin pencari (Google, Yahoo, Bing, dll) ketika dipanggil oleh pencari informasi di internet.
Hits 
Istilah lain untuk sebutan banyaknya jumlah pengunjung blog yang bisa dihitung berdasarkan IP atau ID unik.
Alexa 
Sebuah perusahaan online  (milik Amazon.com) yang memantau traffic semua situs di internet. sistem ranking yang digunakan didasarkan pada data statistik dari toolbar browser pengguna internet.
Atom 
Sebuah format sindikasi feed yang dikembangkan sebagai alternatif RSS. Atom memungkinkan seseorang mendapatkan update artikel dari sebuah situs atau blog manakala ada posting baru.
Blogversiting
Kegiatan adversiting  (periklanan) yang dilakukan melalui media blog.
Clix  
Merupakan sebuah komunitas online dalam dunia blogging.
Blogroll 
Merupakan daftar link yang berada dalam sebuah blog.
Multi-Blog 
Sebutan untuk membuat dan mengelola blog secara bersama-sama, dikenal juga dengan konsep author.

Demikian bahasan kali ini mengenai Istilah-istilah Seputar Blog yang harus diketahui terutama oleh pemula. Semoga dapat membantu menambah wawasan Anda seputar blog dan aktivitas blogging Anda menjadi semakin mumpuni. Salam senyum :)

5 comments:

  1. blognya udah bagus kok mas cepi. sedikit saran aja, tombol share melayangnya rada mengganggu pembaca,..sidebar lebih baik di pasang widget buat navigasi (label, kategori, arsip) agar pembaca lebih mudah menjelajah isi blog, itu lebih efektif menurut saya..maju terus blognya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhirnya floating share button-nya sudah saya ganti mas.... Terlihat lebih cerah yaa..hehehe

      Hapus
  2. Terimakasih Mas Teguh atas kunjungan kembali dan masukannya. Jika demikian segera saya perbaiki agar lebih mudah diakses oleh pembaca setia. Salam sukses selalu untuk kita semua

    BalasHapus
  3. Artikelnya sangat membantu terutama bagi blogger pemula seperti saya. Terimakasih banyak atas artikelnya. Salam kenal dari http://anwarizone.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. Terimakasih sudah berkunjung...
    Silakan simak juga artikel terupdate yaa...
    Salam senyum!

    BalasHapus

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar