Publisher Affiliate Amazon: Keuntungan dan Keunggulan Bisnis Affiliasi Amazon

ANWARIZ.com | Keuntungan dan Kelebihan Affiliate Amazon - Affiliate marketing adalah sebuah proses pemasaran di Internet dengan cara membantu menjualkan produk-produk milik pihak lain, baik itu produk fisik maupun berbentuk digital product. Ketika terjadi penjualan melalui link yang dipasang melalui blog tersebut maka akan mendapatkan komisi dari pihak Amazon
keuntungan bisnis affiliate amazon
Sumber gambar waldorfmaui.org


Biasanya earning yang diberikan pihak pemilik bisnis adalah sistem komisi yang besarnya biasanya ditentukan di awal oleh pemilik produk dalam hal ini pihak Amazon.com. Affiliate bisa juga diibaratkan makelar dalam dunia nyata. Perbedaannya sedikit sekali, yakni pada besaran komisi dan sarana menjalankan bisnisnya saja.


Keuntungan Affiliate Marketing

Menggeluti bisnis affiliate akan membawa banyak keuntungan bagi blogger pemula meski pengetahuan tentang produk belum begitu banyak. Bebasnya modal salah satu diantara banyaknya keuntungan tersebut, hanya perlu modal koneksi internet saja. Jumlah pendapatan dari affiliate pun sangat besar karena jumlah pihak penyedianya sangat banyak di berbagai bidang produk.

Dalam menjalankan bisnis Affiliasi dibutuhkan blog dengan konten update, oleh karenanya selain mendapatkan keuntungan juga membuat blog affiliasi menjadi lebih profesional berkat tuntutan update konten tadi. Ketika akan menuliskan suatu judul artikel akan terbantu oleh produk sehingga tidak akan ada kesulitan saat pembuatan artikel review.

Apa Itu Amazon.com?


Amazon.com adalah toko online terbesar di dunia penyedia berbagai jenis produk, barang elektronik, kebutuhan rumah tangga, konsol game, smartphone, buku, dan lain-lain. Jeff Bezos mendirikan Amazon pada tahun 1994 dan berpusat di Seattle, Washington, Amerika serikat. Namun tidak hanya di Amerika, Amazon juga tersebar di belahan dunia lain seperti negara-negara maju lainnya. Terbukanya kesempatan bagi para publisher untuk mendapat penghasilan lewat blog dengan cara bekerjasama dengan pihak Affiliate Amazon.



Baca juga: Sukses Menjadi Affilasi ID Hostinger

Agar menjadi publisher affiliate Amazon.com sebagai penjual produk-produk Amazon.com harus daftar terlebih dahulu melalui situsnya Amazon.com. Besaran komisi dari setiap produk yang terjual yakni 4%-9%, lumayan besar apalagi jika banyak produk yang terjual oleh blog kita. Sudah lebih dari cukup untuk kelas pemula.

Ada beberapa keuntungan ikut dalam program affiliate Amazon.com, yaitu:

1. Customer dapat melakukan semua transaksi secara online, kapan saja dimana saja. Ini membuat potensi jumlah pembeli semakin banyak, dan komisi amazon pun semakin banyak.

2. Amazon.com memiliki banyak sekali member yang sering berbelanja secara online, sehingga kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan dari program affiliate Amazon.com sangat besar.

3. Produk yang dijual sangat banyak, kita sebagai publisher tidak akan kehabisan ide dalam memilih jenis produk yang mau dipromosikan karena pilihan produknya sangat banyak, boleh dibilang hampir semua produk dapat dibeli melalui Amazon.com.

4. Publisher tidak perlu pusing dengan proses penyediaan dan pengiriman barang karena semuanya sudah dilakukan oleh pihak Amazon.com.

5. Detail produk yang dijual juga sangat lengkap sehingga memudahkan kita untuk menganalisa produk mana saja yang paling laris dipasar dan produk mana yang mendapat rating kurang baik dari pembeli.

6. Kemungkinan terjadinya cross selling, ketika seorang customer masuk ke Amazon.com melalui link promosi di website kita dan tidak jadi membeli barang tersebut malah membeli barang lain, kita sebagai publihser tetap mendapatkan komisi sesuai dengan persentase dan harga barang yang dibeli.

7. Amazon.com sangat dipercaya oleh customernya. Apabila barang yang dibeli rusak karena proses pengiriman atau tidak sesuai dengan deskripsi barang maka customer dapat melakukan return atau minta penggantian barang yang sama. Inilah yang membuat Amazon.com sangat dipercaya oleh customernya karena menyediakan jaminan 30 hari bagi pembeli.

8. Tidak ada biaya untuk bergabung dengan Amazon.com dan mereka tidak menerapkan sistem waralaba pada publishernya. Karena itu publisher tidak akan dikenakan biaya apapun untuk mendaftar ataupun pencairan komisinya.

9. Publisher dapat memilih barang apa saja yang akan dipromosikan, dan pihak Amazon.com sudah menyediakan banner, link, widget, yang bisa membantu proses promosi yang dilakukan.

10. Amazon.com menyediakan laporan penjualan dengan lengkap disertai dengan komisi yang telah didapatkan oleh publishernya.

Banyak sekali Internet Marketer Indonesia ikut serta dalam program Affiliasi Amazon ini, bahkan sudah banyak pula dengan penghasilan ratusan sampai ribuan dollar setiap bulannya. Lumayan bukan?

Beberapa metode pencairan pendapatan affiliate amazon

Cara Mencairkan Pendapatan Bisnis Affiliate Amazon


Proses pencairan penghasilan affiliate amazon pada awalnya tidak semudah mencairkan penghasilan dari google adsense. Jika Google Adsense sudah sejak lama menggunakan metode pembayaran via Western Union dan transfer bank lokal sehingga proses pencairannya lebih mudah, tidak demikian dengan pencairan penghasilan amazon, untuk mencairkan pendapatan amazon ternyata tidak semudah google adsense, namun setidaknya ada 3 metode pencairan penghasilan affiliate Amazon berikut ini;

1. Melalui Amazon Gift Card


Kita bisa memilih metode pembayaran pendapatan amazon melalui amazon gift card. Cara ini uang tidak bisa kita ambil, melainkan harus digunakan untuk membeli produk-produk amazon atau produk produk dari pihak ke 3 amazon.

 2. Melalui Direct Deposit


Direct deposit merupakan metode pembayaran yang sangat cepat, jika memilih metode ini amazon akan langsung mengirimkan pendapatan yang kita peroleh langsung ke rekening bank, namun cara ini hanya untuk affiliate marketer amazon amerika saja karena direct deposit hanya berlaku untuk bank di US saja. meskipun begitu kita masih bisa menggunakan direct deposit melalui akun payoneer, berikut beberapa hal yang berkaitan dengan direct deposit.

3. Melalui Cek


Jika melakukan proses pencairan melalu cek, maka cek akan langsung dikirim langsung ke alamat rumah Anda, kemudian cek bisa kita cairkan di bank-bank lokal, kendala  jika kita menggunakan metode pencairan dengan cara ini,   ternyata kita mau tidak mau harus menunggu cek cair kurang lebih satu sampai satu setengah bulan, ditambah lagi biasanya bank yang kita pilih untuk mencairkan cek yang bersangkutan akan memberlakukan pemotongan untuk administrasi pencairan melalui cek yang boleh dibilang kisarannya cukup besar, jika saja kita terpaksa memilih cara ini setidaknya kita bisa mencari bank yang memberlakukan pemotongan biaya pencairan yang relatif murah meskipun harus menunggu pencairan sampai berbulan-bulan.

Demikianlah keuntungan bisnis Affiliate Amazon lengkap dengan cara mencairkan komisi amazon. Semoga bisa memberikan sedikit gambaran bagi Anda yang ingin memulai menekuni bisnis Affiliasi amazon. Kuncinya hanya diperlukan ketekunan serta konsistensi promosi produk affiliasinya.

2 komentar:

  1. Ikut program affiliate marketing memang gak ada resiko sama sekali ya kang.. Peluang dapat passive income gk ada matinya.. Ulasannya mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih untuk pencerahan dan tambahannya kang husni.. Ah bisa aja nih, saya ini masih belajar nulis jadi masih belepotan... Thanks a lot :)

      Delete