Cara Mengatur Waktu Menjadi Lebih Bermanfaat

AnwariZone.blogspot.com


Mungkin inilah waktunya untuk memanajemen waktu dengan baik. Dilihat sepele tapi kalau dipraktekin efeknya itu lo yang bikin spesial, hehehe. Kalau kita males-malesan dengan tidur-tiduran di kos, main game sampai pagi, ngecek timeline di sosmed. Manfaatnya apa coba? :p Ayo lekas tinggalkan masa itu dan kita buat project yang lebih besar dengan berkarya mas bro. Masih muda alangkah baiknya jika kita bisa memanajemen waktu kita dengan baik. 24 jam itu kayak kurang bagi para aktivis. Mereka samapai belain jarang tidur dan mengabdikan hidupnya untuk sebuah kemajuan. Sebenarnya saya juga bukan aktivis tapi kalau tahu temen-temen yang ikut aktivis ngiri juga kok mereka kuat berhari-hari kagak tidur.

Berikut beberapa tips yang saya kumpulkan dalam memanajemen waktu dengan baik semoga bermanfaat bagi kita para remaja yang mengisi waktu dengan senang saja. Tiap hari tebar tawa kesana kemari. Tanpa berfikir tanggung jawabnya udah selesai apa belum :D SUKSES??!!!! semua orang juga mau. Tapi apakah kita pantas SUKSES??!!. nah, itulah pertanyaan kita??? Apapun jawabannya hanya kita yang bisa buktikan. Bismillah, Monggo ini beberapa tipsnya.

Buat daftar hal-hal yang harus anda lakukan
Sejak SD sebenarnya udah diajari buat bikin jadwal kegiatan. Tapi apakah kita sadar bahwa kita lupa akan jadwal yang kita buat. Kalau udah gede yang lebih utama adalah menjaga komitmen dalam melakukan tugas-tugasmu. Bukan sekedar direncanakan tapi mulai sekarang kita buktikan. Jadi buat target apa yang anda lakukan mulai dari skala harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan. Yang jelas anda harus siap untuk merealisasikan target anda untuk kedepannya. Buat skala prioritas mana yang penting, sangat penting dan harus dilakukan.

Kita tidak boleh meremehkan pentingnya perencanaan tugas-tugas tersebut. Sebuah rencana yang baik dan akurat dapat memberikan anda kontrol yang besar dari waktu anda. Anda harus menyadari apa yang terpenting bagi anda dan menempatkannya pada urutan atas di daftar anda.

Buat rencana SMART (Specific-Measureable-Achievable-Reasonable-Timeline)
Tips yang sangat efektif buat kalian yang suka manfaatin weekend buat nyantai. Jadi untuk kalian yang suka manfaatin weekend lebih baik manffatkan tugas yang paling sulit di awal setiap minggu. Jadi kalau sudah hari jum'at bisa lega tanpa memikirkan tugas berat tadi.

Kunci manajemen waktu yang sukses adalah delegas
Inilah yang membuat waktu kita lebih efektif. Jangan hanya secara individu saja. Pahami mana tugas yang dapat diselesaikan oleh orang lain. Kalau kita bisa bagi tugas kenapa masih egois buat maksa diri. Kalau emang bener-bener tugas pribadi maka alangkah baiknya jika kamu lakukan sendiri. Yang terpenting jangan merepotkan orang lainlah. Semua orang pasti punya quality time yang ingin mereka habisin bukan semata-mata waktunya buat bantu kamu aja.

Cobalah untuk tidak menunda hal-hal untuk nanti
Ini yang sering dilakukan para pelajar. Kalau ada tugas bawaannya nanti aja kalau udah waktunya mendekati deadline. Jadi mulai dari sekarang kalau kalian menerima tugas dan tugas itu bisa anda selesaikan sekarang maka selesaikanlah. Kalau udah menumpuk yang ada pekerjaan kurang maksimal dan jangan sampai menyelesaikan tugas besar dalam sekali duduk. Mencicil pekerjaan lebih baik dari pada mecicil dikemudian hari. hehehe

Hindari hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian anda
Yang ini cobaan bagi para remaja, kalau kita lagi serius kerjain tugas diajak main. Waduh, kalau sudah begeini gimana mau nolak. Tapi cobalah untuk selesaikan tugas dahulu sebelum anda hang out bareng temen. Kalau dituruti emang gak ada habisnya. Tapi cobalah anda tahan sebentar, dan ingat bahwa anda punya tugas yang wajib anda selesaikan. Bayangkan jika tugas kamu belum selesai pada waktunya entar kamu jadi tahu bagaimana kamu menyikapinya.

Jaga kesehatan Prioritas Utama
Yang terpenting dalam setiap perencanaan adalah kesehatan. Percuma kalau kita punya jadwal yang udah rapi namun kita dilanda sakit. Jadi kenali diri anda dan jaga stamina dalam tubuh disaat sibuknya aktivitas anda.

Selalu rencanakan waktu untuk kegiatan tak terduga
Coba untuk merencanakan waktu dimana ada kala tugas mendadak. Jadi kalau buat jadwal jangan full 24 jam. Dalam 24 jam ada beberapa jam dimana kamu bisa relax dan tetap santai. Apabila ada waktu luang sudah saatnya kita buat untuk istirahat. Namun apabila ada acara yang belum kita rencanakan kita manfaatkan waktu tersebut dan jika kegiatan tak terduga sampai menyita kegiatanmu selanjutnya maka yang anda lakukan menata ulang rencana singkat dengan tetap menggunakan skala prioritas dalam membagi waktu.

Demikian beberapa Cara Mengatur Waktu Menjadi Lebih Bermanfaat  yang saya kumpulkan untuk belajar bagaimana cara manajemen waktu yang benar. Selamat mencoba teman. Dan saya harap kalian tidak bosan dengan ocehan AnwariZone. Selamat berkarya guys... Simak juga tips Bisnis Internet Marketing nya... Wokeh sukses selalu !!

0 komentar

Post a Comment