Kiat Memulai Pola Hidup Sehat untuk Anda Sekeluarga

Kiat Memulai Pola Hidup Sehat Keluarga Anda
Kiat Memulai Pola Hidup Sehat
anwariz.com - Pernahkah anda berjanji bahwa anda akan pergi olahraga pada pagi harinya saat anda akan beranjak tidur, dan kemudian berubah pikiran delapan jam kemudian karena ketika anda bangun, anda tidak merasa ingin untuk berolahraga?

Semua itu tentu dapat terjadi pada kita semua, tapi bukan berarti anda harus menyerah ketika berkaitan dengan menjaga kesehatan anda. Apa yang harus anda sadari adalah selalu aktif dan pola makan yang benar sangat penting bagi kesehatan jangka panjang anda. Dan satu cara pencegahan sebanding dengan sepuluh cara penyembuhan. 

Semakin anda tahu tentang bagaimana tubuh anda bereaksi dengan gaya hidup pilihan anda, semakin baik anda dapat menentukan nutrisi dan rencana latihan yang tepat untuk anda. Saat porsi makan anda banyak, maka harus diimbangi dengan meningkatkan level aktifitas fisik anda, dan olahraga dengan intensitas yang sesuai, anda memberitahu tubuh anda bahwa anda ingin membakar sejumlah kalori. Ini menjadikan pembakaran kalori menjadi energi. 

Dengan kata lain, pola makan yang teratur ditambah olahraga sama dengan metabolisme yang cepat, dimana hal ini akan memberikan anda energi lebih sepanjang hari dan memungkinkan anda untuk melakukan lebih banyak aktifitas kerja dengan usaha yang lebih sedikit.

Olahraga memiliki tujuan diantaranya untuk mengirimkan pesan berulang-ulang pada tubuh meminta peningkatan metabolisme, kekuatan, dan kesehatan. Ketika anda memulai aktivitas berolahraga, tubuh anda merespons dengan meningkatkan kapabilitas anda untuk membakar lemak sepanjang siang dan malam. Olahraga tidak harus berat agar berguna untuk anda, cukup lakukan dengan kontinyu itu akan lebih baik.

Berikut contoh program olahraga yang mungkin cocok untuk anda:


• Pemanasan
Melakukan aktifitas aerobic ringan selama tujuh hingga delapan menit untuk meningkatkan jalan darah anda dan melumasi dan memanaskan urat dan otot anda.
• Latihan Daya tahan
Latih kelenturan otot-otot utama. Satu hingga dua set untuk setiap latihan. Istirahat 45 detik setiap set.
• Latihan aerobic
Pilih dua aktifitas favorit anda, seperti futsal, mendayung, bersepeda, apapun yang sesuai dengan gaya hidup anda. Lakukan selama 12 hingga 15 menit untuk aktifitas pertama dan lanjutkan dengan 10 menit untuk aktifitas kedua. Lakukan penyegaran ketika memasuki lima menit terakhir.
• Peregangan
Akhiri latihan anda dengan peregangan kecil seperti releksasi dan meditasi.

Mulailah kegiatan latihan sehari-hari dengan porsi yang realistis tanpa ada kesan berlebihan yang membebankan kinerja tubuh. Tergantung dari level olahraga anda bermula, anda dapat mengharapkan perubahan ini.
• 1 hingga 8 minggu – Merasa lebih baik dan memiliki energi lebih
• 2 hingga 6 bulan – Hilang berat badan. Anda mendapatkan otot dan menghilangkan lemak.
• Setelah 6 bulan – Mulai hilang berat badan secara konstan

Setelah anda membuat komitmen untuk melakukan olahraga beberapa kali dalam seminggu, jangan berhenti di sana. Anda juga harus merubah kebiasaan diet dan pola makan anda. Menghitung kalori atau mengkalkulasi jumlah gram dan persentase untuk nutrisi tertentu tidak dapat dipraktekkan. 

Baca juga:
Tips Menjaga Kesehatan Jiwa Raga

Saya menyarankan petunjuk yang mudah untuk diikuti ini:
• Makan beberapa makanan kecil (optimalnya 4) dan beberapa snack kecil sepanjang hari
• Pastikan setiap makanan anda seimbang – paling mudahnya ikuti 4 sehat 5 sempurna.
• Minum minimal 8 gelas sehari.
• Saya juga merekomendasikan agar anda mengkonsumsi multi vitamin setiap hari untuk memastikan bahwa anda mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Fasilitas hidup sehat adalah hak kita, maka dari itu tidak ada alasan untuk menolaknya hadir dalam kehidupan kita.

0 komentar

Post a Comment