Kesalahan Saat Menulis di Blog ini Sering Dilakukan Blogger Pemula

anwariz.com - Kesalahan Fatal saat Menulis di Blog Bagi Pemula – Pengertian blog jika merujuk pada solozine, maka blog adalah bentuk Aplikasi Web. Pada dasarnya merupakan bagian dari situs website yang dapat diakses secara online yang memiliki fungsi utama memuat tulisan-tulisan dan gambar (dimuat dalam posting) pada setiap halaman web. 
kesalahan utama menulis di blog

Pada kenyataannya, banyak di antara blogger pemula yang ingin terjun di dunia blogging gagal akibat ketidaktahuan mereka terhadap dunia tulis menulis itu sendiri. Berangkat dari fakta itulah semestinya kita mulai belajar tentang bagaimana cara menulis yang sederhana, tetapi memiliki makna yang kuat sehingga pesan di dalamnya mudah tersampaikan kepada pencari informasi melalui jaringan internet (netizen).

Terdapat beberapa kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh blogger ketika menulis pada blog mereka, antara lain sebagai berikut;

1. Menggunakan bahasa gaul terkesan alay

Blog memang sarana untuk berekspresi. Kita bebas menuliskan apa saja yang ingin dibagikan kepada banyak orang selama tidak melanggar hukum dan norma, termasuk gaya kepenulisannya. Meskipun demikian, ada saatnya kita harus mencoba untuk menggunakan tata bahasa yang baik saat menulis demi kemudahan pembaca dalam memahami isi bacaan. Jika disuruh memilih, tentu akan lebih mudah memahami isi bacaan yang ditulis formal daripada bacaan alay bukan? Selain itu, gaya kepenulisan juga menunjukan tingkat kedewasaan penulis di mata para pembacanya.

2. Tidak redaksional

Keruntutan alur penyampaian informasi juga menjadi penting. Mengapa? Karena dengan alur yang baik akan mempermudah pembaca dalam memahami isi bacaan yang ditulis. Mereka seakan larut dalam bacaan sehingga proses transfer informasi berjalan lebih mudah. Untuk itu, awali sebuah tulisan dengan pengantar, kemudian tuliskan inti pesan yang disampaikan, lalu akhiri dengan kesimpulan sebagai penutupnya.

3. Banyak tulisan sedikit pesan

Jangan pernah berpikir jika semakin banyak tulisan yang dipaparkan akan semakin mempermudah pembaca untuk memahami sebuah pesan. Terlalu banyak kalimat justru akan membuat pembaca menjadi jenuh dan enggan untuk meneruskan membaca. Akibatnya, mereka menjadi tidak fokus dan lupa dengan inti bacaannya. Jadi, buatlah tulisan yang seringkas mungkin dengan tetap mempertahankan inti dari tulisan tersebut. 200-400 kata adalah jumlah ideal untuk posting pada sebuah blog.

4. Kurang jelasnya informasi

Ketika hendak menyampaikan sebuah informasi, kita harus memiliki data yang valid terkait apa yang hendak kita sampaikan. Dukungan data yang akurat akan membuat sebuah tulisan menjadi berisi dan kaya informasi. Jangan sampai kita hanya asal menulis tanpa tahu apa yang sebenarnya ingin kita sampaikan. Sehingga, pembaca akan merasa bingung untuk menyerap informasi yang hendak mereka dapat.


Untuk meminimalisir kesalah menulis di blog sebaiknya kilas balik dengan menjawab pertanyaan apa alasan Anda menulis? Tulislah pada satu paragraf utuh tujuan Anda menulis. Kemudian bacalah kembali ketika Anda merasa lelah atau sedang tidak mood menulis. Ini adalah motivasi bagi Anda untuk segera bangkit dan kembali semangat.

Demikianlah ulasan mengenai Kesalahan Utama Saat Menulis Artikel di Blog. Semoga bisa memberi dampak positif bagi kemampuan menulis agar semakin berkualitas. Jangan sungkan membagikan artikel berikut ke media sosial berbagi kebaikan kepada teman-teman Anda.

0 comments

Posting Komentar

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar