Apa Itu Karoseri Kendaraan Bermotor?

ANWARIZ.COM - Apa yang anda pikirkan ketika pertama kali mendengar kata Karoseri?. Mobil? Bus? Atau lainnya? Karoseri Sanggar Karya? Bikin bodi? Bikin Tangki?  Admin sendiri baru jelas tentang apa itu karoseri pada saat mengerjakan suatu projek website untuk perusahaan yang bergerak dibidang Karoseri Kendaraan Bermotor di Bandung. Waktu itu ditawari (direkomendasikan) oleh salah satu klien kita untuk Optimasi Website perusahaan rental mobil bandung milik beliau, sampai akhirnya berkesempatan juga mengerjakan projekan website Karoseri tersebut. Semoga hasilnya memuaskan seiring berjalannya waktu. Mohon doa terbaiknya dari Sahabat Anwariz ya... Aamiin..

Sanggar Karya Karoseri Bandung

Apa Itu Karoseri

Dari berbagai sumber yang admin temukan, kata "karoseri" sendiri berasal dari bahasa Prancis : Carrosserie.  Bahasa Italia menuliskannya : Carrozziere , sedang bahasa Jermannya : Karosserie. Ada juga istilah Carrozzeria, tapi tidak jelas ini istilah dari bahasa mana. Dalam bahasa Inggris, biasanya digunakan istilah Coachbuilder, Autobody manufacture, atau Body builder.

Mengenal Perkembangan Karoseri Kendaraan Bermotor

Pada dasarnya karoseri dapat diartikan sebagai : suatu usaha jasa pembuatan bodi mobil beserta interiornya di atas chassis dan mesin yang diproduksi oleh pabrik lainnya. Dikelompokkan sebagai jasa, karena sebagian besar produksinya adalah made to order (dibuat berdasarkan pesanan) bukan made to stock (dibuat berdasarkan stock dijual). Selain itu sebagian besar pengerjaan jasa karoseri kendaraan bermotor ini mengacu kepada permintaan pelanggan. Tentu saja menjadi kelebihan tersendiri ketika kebutuhan akan kendaraan khusus (special vehicle) bagi organisasi atau perorangan tertentu. Chassis adalah rangka utama sebagai tumpuan dimana bodi kendaraan diletakkan. Chassis juga menjadi "tempat duduk" dari berbagai macam komponen dasar baik itu mesin, transmisi, maupun suspensi kendaraan.

Dibawah ini adalah ilustrasi dari jasa karoseri kendaraan.

apa itu karoseri kendaraan bermotor

Kesimpulan dari ilustrasi tersebut adalah karoseri kendaraan hanya bertanggung jawab pada pembuatan bodi dan interior suatu kendaraan saja. Sedangkan masalah mesin, transmisi ataupun suspensi pihak pembuat chassislah yang bertanggung jawab, dalalm hal ini biasanya pabrikan. Namun keduanya memiliki hubungan sangat erat dan tak dapat dipisahkan sebab suatu kendaraan baru bisa dikatakan sesuai standar layak jalan jika beberapa faktor seperti beratnya, dimensinya, dan lain sebagainya memenuhi standar peraturan yang ada. Sehingga tidak bisa asal-asalan membuat bodi kendaraan walaupun proses pembuatan dan pembuatnya terpisah.

Karoseri identik dengan proses secara manual untuk bodi kendaraan. Maksudnya manual disini adalah membuat mobil dengan keterampilan. Ya, kalau anda membayangkan seperti kita membuat prakarya dari kertas karton dan digunting-gunting sesuai pola kemudian dilipat dan dilem hingga menjadikan sebuah bentuk, ya memang seperti itu maksudnya manual/handmade. Hanya saja bedanya objek yang dilipat dan dibentuk adalah besi alih-alih kertas karton yang dicontohkan. 

Baca:

Penyedia Jasa Rental Mobil di Bandung Terbaik

Jasa SEO Website Bergaransi di Bandung

Setelah proses pembentukan, lalu plat besi/baja tersebut dipoles dengan dempul agar mulus sebelum diberi cat agar menarik. Kakurangan karoseri sendiri diantaranya pada tingkat presisi saja jika dibandingkan mobil buatan pabrik. Karena ketergantungan terhadap skill manusia masih sangat tinggi. Namun karena desainnya dan proses pembuatannya handmade menjadikan bodi kendaraan dibuat terbatas, beda dari yang lain. Apapun bisa dibuat, adalah nilai plus yang paling tinggi. Coba saja pesan mobil Isuzu Elf eksklusif satu biji yang ada toilet di dalamnya, plus kursi pijat dan minibar buat santai, ke pabrikan, mana bisa mereka sediakan. Nah, disinilah karoseri yang berperan penting membuatkannya untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Dewasa ini industri karoseri kendaraan mengalami perkembangan pesat di Indonesia. Tak heran jika proses pembuatan manual/handmade kini telah dibantu oleh berbagai alat bantu tambahan sehingga memudahkan pembuatan. Penggunaan mesin-mesin, otomasi, alih teknologi dengan tenaga asing, penerapan konsep manufaktur oleh perusahaan karoseri tertentu bertujuan memberikan kualitas produk lebih baik lagi. Dikarenakan pengerjaan mulai beralih menggunakan mesin, otomasi, tingkat kreasi seni sisi manusianya menjadi terkurangi. Pada prinsipnya, jika produksi jumlah sedikit dan spesifikasinya khusus maka proses handmade manual akan lebih banyak digunakan, dan jika jumlah produk banyak maka produksinya pun akan mengarah ke manufaktur dengan spesifikasi lebih umum.

Sampai disini dulu ulasan singkat tentang Apa Itu Karoseri Kendaraan Bermotor?. Semoga informasi sederhana ini bermanfaat bagi Anda pembaca setia Anwariz Blog. Jangan lupa tinggalkan pendapat kamu tentang Karoseri Kendaraan Bermotor di kolom komentar ya. Jika berkenan silakan bagikan artikel ini ke media sosial favorit juga biar semakin banyak orang menjadi tahu Apa Itu Karoseri Kendaraan Bermotor. Terimakasih, sampai jumpa di artikel menarik berikutnya...

0 komentar

Post a Comment

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar