Puncak Sagara Garut, Pesona Negeri Diatas Awan (2185 Mdpl)

Pesona Alam Pegunungan Puncak Sagara Garut 2185 Mdpl


BLOG Anwariz - Kapan kamu ke Puncak Sagara? - Baru-baru ini netizen dihebohkan dengan foto-foto keindahan puncak gunung bak "negeri diatas awan" yang memanjakan mata. Ya, Pucak Sagara namanya. Merupakan gunung yang terletak di kabupaten Garut, juga berbatasan dengan kabupaten Tasikmalaya. 
Puncak Sagara: Pesona Negeri Diatas Awan
Sumber: Dok. Pribadi (Kustriawan)
Saat ini Puncak Sagara tengah menjadi destinasi wisata favorit dikalangan anak muda, khusunya mereka generasi milenial pecinta alam untuk sekedar menikmati keindahan Talaga (danau) Bodas dari ketinggian sambil menghirup segarnya udara khas pegunungan. Jangan lupa ngopi biar gak panik!!
Puncak Sagara: Pesona Negeri Diatas Awan
Rindu Senja di Puncak. Dok. Kustriawan
Tak hanya sekedar indahnya pemandangan Talaga Bodas dari ketinggian, disana bisa menikmati ke terbit dan tenggelamnya matahari serasa lebih dekat. Cukup bersahabat jika ingin berfoto ria bersama teman dan keluarga di Objek Wisata Puncak Sagara.
negeri diatas awan puncak sagara
Sumber: Dok. Pribadi (Karuhun Sagara)
Lokasi wisata ini terbilang baru di Garut, sehingga belum terlalu diketahui oleh publik. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan jika destinasi wisata ini akan segera menjadi ikon baru di Kabupaten Garut, khusunya di Dusun Sagara, Kecamatan Sucinaraja. Keindahan dan keasrian Puncak Sagara masih kental terasa karena belum begitu banyak terjamah tangan-tangan manusia.


Akses Menuju Puncak Sagara Garut


Perjalanan dari Desa Tenjonagara menuju lokasi memakan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan. Jika Anda Dari Garut Kota, makan silakan belok kanan setelah memasuki Desa Sadang. Kemudian ikuti jalan tersebut hingga bertemu perkampungan Tajur Kidul atau Sagara di Desa Tenjonagara.

Jika menggunakan kendaraan bermotor, telah disediakan lahan parkir oleh panitia di lokasi pemberangkatan awal masing-masing. Demi keamanan dan kenyamanan bersama, bisa menitipkan kendaraan ditempat yang telah disediakan tersebut. Setelah itu silakan berkemas dan menikmati perjalanan mendaki indahnya Puncak Sagara.

Tak kalah penting. Sebelum melakukan perjalanan, alangkah baiknya dipersiapkan segala macam keperluan selama diperjalanan, seperti perbekalan dan pasokan makanan. Terutama cadangan air bersih sangat penting dibawa sebelum "muncak" karena disana sangat minim sumber air. 

Ke Sagara, kurang lengkap rasanya jika belum menikmati Pesona Curug Cikulawing

Bagi yang hendak berkemah, disana tersedia lahan untuk mendirikan tenda. Hanya saja tempatnya sangat terbatas sehingga diperlukan koordinasi terlebih dahulu dengan pemandu agar mendapat informasi lengkap.


Tiket Masuk


Belum ada informasi pasti mengenai berapa besaran Rupiah jika ingin mendaki ke Puncak Sagara. Namun, taksiran hanya Rp. 5000 hingga Rp. 15.000 saja sudah bisa menikmati indahnya Pesona Alam Puncak Sagara dari dekat. 

Disclaimer: Info selengkapnya silakan hubungi pemandu setempat.


2 Rute Menuju Puncak Sagara


Jika Anda dari Garut Kota tinggal lurus menuju arah Pasar Wanaraja. Sebelumnya akan melewati Layung Sari kemudian belok kanan ke arah Sadang (Sucinaraja). Silakan ikuti jalan tersebut hingga melewati Padepokan Pencak Silat Panglipur Galih (perguruan silat pimpinan aktor film Hollywood) kebanggaan orang Garut, yakni Cecep Arif Rahman. Tak jauh setelah melewatinya akan memasuki wilayah Dusun Tajur Kidul, Tenjonagara, Sucinaraja - Garut.


rute menuju puncak sagara garut
Peta Lokasi Puncak Sagara
Terdapat 2 jalur alternatif menuju Objek Wisata Puncak Sagara, yakni via Dusun Tajur dan Dusun Sagara. Jika hendak naik gunung lewat Tajur, Anda tinggal lurus hingga ke ujung jalan aspal di dusun tersebut mengikuti petunjuk arah. Dan jika ingin masuk via Dusun Sagara, maka harus melakukan perjalan kembali sekitar 10 menit ke arah selatan melewati perbukitan terjal namun menyuguhkan pemandangan indah hingga sampailah di Dusun Sagara. 

Dikedua titik keberangkatan tersebut sudah ada pemandu yang akan mengantarkan perjalanan Anda mendaki sekitar 3 jam perjalanan berjalan kaki menuju Puncak Sagara. Sehingga keamanan dan kenyamanan tetap terjaga dengan baik saat menjelajah alam Gunung menuju Puncak Sagara.

Demikian informasi singkat tentang Puncak Sagara, semoga membantu perjalanan Anda menikmati indahnya pemandangan alam Nusantara. Jangan lupa bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat ke sosial media favorit kalian.

2 komentar:

  1. wah garut memang indah ya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul brader.. Sudah pernah ke Garut? Kalo belum, sesekali mampir nikmati suasana Swiss Van Java. Itu kenapa dijuluki Kota INTAN [Indah, Tertib, Aman, Nyaman]

      Delete