Tips Merawat Perkembangan Janin Pada Kehamilan Trimester Pertama - Anwariz.com

Tips Merawat Perkembangan Janin Pada Kehamilan Trimester Pertama



Kehamilan trimester pertama merupakan fase yang sangat penting, sebab hal ini akan ditandai dengan adanya pertumbuhan organ pada janin. Selain itu, organ dan juga bagian system organnya akan mulai terbentuk sempurna. Pada masa penting perkembangan janin, bunda akan dihadapkan pada perubahan bentuk fisik dan hormone di trimester kehamilan pertama ini. Tak hanya itu saja, bunda juga akan dihadapkan pada berbagai masalah seperti kepala sering pusing, emosi yang tidak stabil, hingga mual-mual. Pada fase inilah sangat penting bagi bunda untuk melakukan penyesuaian dan merawatan kesehatan selama masa kehamilan.

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa bunda diharuskan untuk menjaga perkembangan janin di kehamilan trimester pertama. Menurut para dokter kandungan, janin akan berbentuk organ dan system organ yang sempurna pada kehamilan trimester pertama. Di samping itu, pada fase ini juga system syaraf, jantung, dan otak janin mulai berkembang dengan pesat. Maka dari itu, sangat penting bagi bunda untuk tetap menjaga dan berhati-hati karena hal ini sangat rentan pada masalah keguguran. Lantas, bagaimana cara merawat perkembangan janin pada kehamilan trimester pertama? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang tips dan trik yang dimaksud tadi, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

 1. Jangan Melakukan Aktifitas Yang Berat
Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa kehamilan trimester pertama ini menunjukan bahwa janin sedang dalam perkembangan yang sangat pesat. Maka dari itu, sangat penting bagi bunda untuk menjaganya dari hal-hal yang membahayakan janin. Ya, salah satunya adalah dengan tidak melakukan aktifitas-aktifitas yang berat. Pasalnya, aktifitas yang berlebihan ini sangat rawan berpotensi terjadinya kelecakaan yang bisa mencederai bunda maupun janin dalam kandungan. Dan yang lebih mengerikannya lagi, kecelakaan tersebut bisa memicu terjadinya keguguran lho!

2. Jangan Mengonsumsi Ikan Laut Yang Mengandung Merkuri
Selain tidak boleh melakukan aktifitas yang berat, bunda juga disarankan untuk tidak mengonsumsi ikan laut yang mengandung merkuri. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, kandungan merkuri tersebut dapat menghambat perkembangan dan pertumbuhan janin. Bahkan yang lebih mengerikannya lagi, kandungan merkuri ini dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi lho! Adapun mengenai berbagai jenis ikan laut yang mengandung merkuri seperti ikan tenggiri, ikan pari, ikan hiu, ikan salmon, dan lain sebagainya.

3. Jangan Mengonsumsi Daging Setengah Matang
Tips berikutnya dalam merawat perkembangan janin pada kehamilan trimester pertama, yakni jangan mengonsumsi daging setengah matang. Berdasarkan dari hasil penelitian dokter kandungan, daging yang mentah ini masih menyimpan bakteri yang dapat memicu infeksi toksoplasma sehingga dapat mengancam kondisi plasenta serta sangat membahayakan bagi janin. Jikapun bunda ingin memakan daging, sebaiknya pastikan dulu bahwa daging tersebut sudah dimasak sampai matang.

4. Hindari Kebiasaan Merokok dan Minuman Beralkohol
Sudah menjadi rahasia umum. Bahwa asap rokok dan minuman yang beralkohol itu sangat tidak bagus untuk kesehatan tubuh kita. Ya, terutama untuk ibu hamil, yang tentunya sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi kedua-duanya. Pasalnya, karbonmonoksida pada asap rokok itu akan mengalir melalui aliran darah pada janin, sehingga dapat menyebabkan bayi lahir secara premature dengan berat badan yang sangat rendah. Sedangkan pada minuman alcohol, maka zat kimia pada minuman tersebut akan menghambat hingga merusak otak janin.

Itulah tips dalam merawat perkembangan janin pada kehamilan trimester pertama, yang tentu saja harus bunda ketahui.



No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya:

1. Silakan berikan komentar terbaik Anda.
2. Saran & Kritik akan saya terima dengan lapang dada (bukan lapang bola, yaa) sebagai bentuk evaluasi konten blog ini.
3. Dilarang menyertakan LINK hidup atau mati.
4. Jika Anda tidak terima, silakan mengajukan 'banding'!!