Musik Dangdut Koplo Orkes Melayu Ternama: New Pallapa


Orkes Melayu New Pallapa sangat berkaitan dengan Orkes Melayu Pallapa. Orkes Melayu Pallapa merupakan Orkes Melayu yang didirikan pada tahun 1998 di Sidoarjo Jawa Timur dengan Totok Ispiranto sebagai pimipinannya dengan istrinya yang bernama Juana Sari. Pada tengah perjalanan karir dari group Orkes Melayu ini diterpa dengan masalah yang pada akhirnya menjadikan Orkes Melayu Pallapa dibubarkan.

Masalah tersebut adalah masalah konflik internal yag ada pada Orkes Melayu Pallapa berupa perselingkuhan antara Juana Sari istri Totok Ispiranto selaku pimpinan Orkes Melayu dengan personil kendang Pallapa yang bernama Slamet atau yang lebih dikenal dengan sebutan cak Slamet. permasalahan tersebut pada akhirnya menjadikan pasangan Totok Ispiranto dan Juana sari bercerai. Perceraian tersebut akhirnya menjadikan Totok Ispiranto meninggalkan profesinya ssebagai pimpinan dari OM Pallapa dan pergi Jakarta meninggalkan dunia musik dangdut koplo yang selama ini telah ia tekuni bersama sang istri selama bertahun – tahun lamanya dan menjadikan OM Pallapa merupakan salah satu Orkes Melayu yang terkenal pada waktu itu.

Pada Tahun 2004 selepas ditinggalkan oleh Totok Ispiranto dan Pallapa akhirya bubar. Juana Sari akhirnya menikah dengan Cak Slamet selingkuhannya yang sebelumnya berprofesi sebagai kendang kempul Pallapa. Juana Sari mendirikan grup Orkes Melayu baru yang diberi nama New Pallapa, nama Pallapa sendiri tidak bisa ditinggalkan karena sudah cocok dengan personil grup dangdut tersebut.

Pada saat ditengah perjalanan karir grup New Pallapa terjadi konflik internal kembali yang mengakibatkan Sodik dan Nono yang keduanya merupakan gitaris dari OM New Pallapa keluar dari OM New Pallapa dan bergabung dengan grup OM Monata. OM New Pallapa sendiri merupakan salah satu Orkes Melayu paling sukses di seantero dunia musik dangdut koplo. Artis – artis dengan nama besar di dunia dangdut koplo seperti Brodin, Gery Mahesa, Agung Juanda, Lilin Herlina, Tasya Rosmala, Anjar Agustin, Devi Aldiva, Wiwik Sagita, Ratna Antika sering kali diundang untuk tampil pada saat OM New Pallapa manggung.

Om New Pallapa sendiri merupakan salah satu Orkes Melayu yang paling sukses, salah satu ikon dari New Pallapa adalah Cak Met atau yang lebih dikenal dengan Cak Slamet yang merupakan personil kendang Om New Pallapa yang diakui oleh kalangan pecinta musik dangdut koplo sebagai best of the best penabuh kendang untuk dangdut koplo, ada lagi julukan lainnya seperti profesor kendang. Kepiawaian Cak Slamet dalam memainkan kendang merupakan salah satu hal penting yang menjadikan OM New Pallapa bisa bersaing dengan Orkes – orkes lainnya meskipun personil lainnya juga memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kesuksesan dari OM New Pallapa juga penyanyi – penyanyi hebat yang sering didatangkan oleh OM New Pallapa.


OM New Pallapa sendiri biasanya berupa lagu – lagu duet karya Rhoma Irama, lagu – lagu campursari dan lain sabagainya. OM New Pallapa menjadikan musik dangdut koplo sebagai musik yang memiliki ciri khas tersendiri dibanding dengan dangdut biasa. Banyak lagu – lagu dangdut yang dibikin versi dangdut koplo oleh OM New Pallapa dan masyarakat senang dengan versi dari OM New Pallapa seperti lagu – lagu romantis Rhoma Irama Pertemuan, Kerinduan, Terkesima, Tak Dapat Tidur dan masih banyak yang lainnya lagi. Lagu – lagu campursari juga banyak yang dijadikan versi koplo oleh OM New Pallapa dan digemari oleh banyak orang seperti Cidro, Talining Asmoro, Simpang Limo, Gerajagan Banyuwangi dan masih banyak yang lainnya.

0 komentar

Post a Comment