Apa Itu CosPlay? Yuk, Kenalan Sama Permainan Kostum yang Satu Ini

COSPLAY (PERMAINAN KOSTUM ), Anwariz.com - Hobi bisa muncul dalam bentuk kegiatan atau hal apapun yang positif, bermanfaat atau menghibur. Salah satu yang berawal dari kegemaran dan rasa suka terhadap suatu hal atau suatu karakter yaitu membuat cosplay  yaitu kostum dengan karakter tokoh tertentu, seperti tohoh super hero, tokoh kartun dan lain sebagainya. 

costum player

Pada mulanya ini dipopulerkan oleh orang Jepang tetapi memakai Bahasa Inggris, namun kini tidak sedikit orang Indonesia yang mampu mendesain kostum tokoh tertentu khususnya cosplay. Bagi orang yang mendesain dan membuat cosplay selain menyalurkan hobi juga sebagai jalan untuk mencari penghasilan, karena ternyata banyak pula orang yang berminat mengkoleksi dan atau memakai cosplay tersebut. Cara membuatnya bisa kita melihat dari berbagai sumber dan media, namun hal yang terpenting aalah tentukan tokoh karakter yang kita inginkan. 

Semakin kita menyukai tokoh atau karakter yang kita akan buat semakin mudah dalam melakukan perancangan dengan detail dan apik, sehingga kostum tersebut tidak terlihat asal-asalan, melainkan kostum yang berkualitas. Bagi orang yang membeli pun, ini bukan hanya menghabiskan atau mengeluarkan uang demi sebuah kegemaran saja, melainkan bisa juga dimanfaatkan untuk mendapat penghasilan tambahan, sebagai contohnya diwaktu luang kita bisa tampil menghibur anak-anak dengan kostum tersebut di tempat yang banyak dikunjungi orang seperti tempat konser musik, tempat olahraga, lapangan terbuka hijau, tempat pariwisata, Car Free Day, sekolahan, tempat perayaan ulang tahun, bahkan acara televisi dan tempat umum lainnya. 

cosplay robot ultron
Ultron Cosplay via britakeun.com
Selain menyalurkan hobi juga memiliki keuntungan, sehingga kegemaran membuat dan mengkoleksi cosplay ternyata bisa pula menguntungkan. Biasanya pada desain cosplay lebih menarik, lebih modern, lebih unik dan hal tersebut memudahkan anak-anak lebih tertarik apalagi bagi orang yang memakainya menambahkan aksesoris dan properti pendukung lainnya seperti samurai, senjata, tameng dan lain sebagainya, serta didukung lagi dengan gaya dan pose bagus dari orang yang memakai cosplay tersebut. Gambar di atas adalah beberapa contoh cosplay yang tengah banyak digandrungi oleh kaula muda masa kini.

Baca juga:
Panduan Main Pokemon Go Lengkap
Memakai kostum bukan hanya sekedar memakai baju, menyalurkan hobi atau bergaya saja, melainkan ada kepuasan tersendiri dalam mengahadirkan karakter tokoh tertentu yang biasanya hanya ada dalam film, video, kartun, atau tokoh animasi lainnya. Menghadirkan tokoh idola dalam dunia nyata kita memang sangat menyenangkan, terlebih dituntut totalitas yang penuh agar tokoh yang kita inginkan terwujud, selain kostum tentunya terdapat aksesoris, properti, dan make up yang mendukung terbentuknya sebuah karakter. Tidak semua karakter menyerupai robot atau bertopeng, maka dari itu tatanan dan make up sangat membantu sekali dalam pembentukan sebuah karakter agar menyerupai karakter aslinya, salah satu contohnya adalah karakter sailor Moon di bawah ini: 

cosplay sailor moon
Sailor Moon Cosplay via cosplayertips.com
Banyak acara dan kegiatan yang bisa kita lakukan untuk menampilkan diri kita bersama kostum yang kita miliki. Untuk Cosplayer Bergabunglah dengan komunitas cosplay mulai dari komunitas yang terdekat sampai komunitas tingkat nasional, sehingga kita pula bisa berbagi tips dan trik cara perawatan, cara tata rias wajah, menata tatanan rambut,  tempat membeli cosplay yang terbaik, cara membuat kostum namun dengan biaya yang tidak terlalu mahal, informasi kejuaraan (Evant cosplay)bahkan bisa berkegiatan bersama-sama dalam rangka menyalurkan hobi dan pula menghibur orang banyak. 

Menghibur orang banyak terkadang tidak harus selalu mencari keuntungan, membuat orang lain tersenyum, begembira, bersuka ria melihat kita memakai kostum sudah merupakan kebahagiaan tersendiri. Nah, sekarang sudah mulai tau kan apa itu cosplay? Semoga info di atas bermanfaat buat Anda pecinta permainan kostum.

Kontributor: Ayu Widaningsih