Ingin Silaturahmi Lebih Afdol? Lakukan Tips Berikut ini! - Anwariz.com

Ingin Silaturahmi Lebih Afdol? Lakukan Tips Berikut ini!

ANWARIZ.com | Agar Silaturahmi Lebih Afdol - Lebaran identik dengan ketupat dan silaturahmi. Sepakat yaa?? Yaa.. Kurang afdol rasanya jika hari raya Idul Fitri tanpa silaturahmi. Silaturahmi menjadi hal paling dinanti ketika hari lebaran tiba. 


agar silaturahmi lebih afdol
Selamat Hari Idul Fitri
Setelah sungkem kepada orang tu, berkunjung ke rumah-rumah tetangga, kerabat, teman, atau kekasih wajib hukumnya. Tentu saja dalam rangka meminta maaf atas kesalahan, saling memaafkan lahir dan batin. Syukur-syukur kalau dapat "bonus lebaran". Jadi, segera kenakan pakaian rapi, siapkan sandal, dan silakan bersilaturahmi. Namun, sebelumnya dimak dulu tips-tips berikut ini agar silaturahmi lebih afdol yaa...

Buah Tangan

Sebenarnya membawa oleh-oleh pada saat silaturahmi tidaklah wajib, tapi sebaiknya bawalah sesuatu untuk diberikan kepada si tuan rumah. Misalnya membawakan makanan kecil seperti kue kering atau kue basah juga gak masalah sih. Selain itu, buah-buahan plus sayur-sayuran juga oke tuh sebagai buah tangan. Memberi lenih baik dari menerima. Yang penting tidak datang dengan tangan kosong aja. Dan paling penting nih, jangan datang dengan pikiran kosong ya!

Jangan Santap Semua

Sekalipun disediakan aneka makanan lezat, gak perlu juga semua dimasukan ke perut. Meski sudah berpuasa sebulan lamanya, bukan berarti lebaran dijadikan ajang balas dendam dengan menyantap segala jenis makanan, apalagi dengan cara membabi buta! Jaim sedikit tak apalah, lagian siapa juga yang mau ngobrol dengan orang yang mulutnya gak bisa migkem lantaran dijejali makanan terus menerus? Jadi, selapar dan sehaus apapun, tetap kendalikan nafsumu, OK!

Jangan Over Acting

Biasanya, silaturahmi itu cukup dengan bersalaman, pelukan, atau cipika-cipiki (cium pipi kanan dan kiri). Jadi, silarurahmilah dengan cara sederhana, baik dan wajar jangan berlebihan. Maksudnya, ketika bersalaman ya tidak perlu juga menjabatnya terlalu kencang, atau ketika berpelukan terlalu kuat mendekap, kasihan juga orang itu. Oh ya, jangan mejadikan silaturahmi sebagai alasan mencium pipi orang lho ya!

Baca juga: Kumpulan Kata Bijak Bulan Puasa

Ingat Waktu

Terkadang hal ini tidak kita sadari. Jangan lantas karena kangen, ngobrolnya jadi kebablasan. Gak perlu banyak cerita, gak perlu juga berlama-lama ketika silaturahmi. Ingat, itu adalah hari saya, dimana semua orang punya banyak acara. Mungkin saja sang tuan rumah akan pergi atau mau beristirahat karena terlalu letih. Maka dari itu, sebebelum disindir bahkan diusir, alangkah lebih baik segera tengok arloji, jam berapa sekarang? Ingat, silaturahmi juga ada batasnya, ada etikanya!

Basa-basi Sedikit

Saat pamit pulang jangan lupa ucapkan terimakasih pada si tuan rumah. Terlebih kalau kamu makannya terlalu banyak dan lama pula. Kayaknya sekerangjang kata maaf pun terasa kurang. Tapi, demi etika tidak apalah. Lakukan saja! Oh ya, undang juga mereka nuntuk berkunjung ke rumah, sekalipun itu hanya basa-basi, gak ada salahnya bukan?

Oke, sudah sampai disini saja dulu tips agar silaturahmi lebih afdol di hari lebaran. Semoga memberikan manfaat serta keberkahan di hari kemenangan. Jika artikel ini berguna, tidak ada salahnya berbagi kebaikan juga kepada keluarga, teman dan sanak saudara! dengan cara membagikan postingan ini kepada mereka.


No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya:

1. Silakan berikan komentar terbaik Anda.
2. Saran & Kritik akan saya terima dengan lapang dada (bukan lapang bola, yaa) sebagai bentuk evaluasi konten blog ini.
3. Dilarang menyertakan LINK hidup atau mati.
4. Jika Anda tidak terima, silakan mengajukan 'banding'!!