7 Alasan Kenapa Harus Bangun di Pagi Hari

kenapa harus bangun dipagi hari

Bangun dipagi hari tidak mudah dilakukan setiap orang. Namun, bangun pagi menjadi salah satu penyebab meningkatnya kesehatan tubuh dan kebugaran badan sebelum memulai aktivitas. Senada dengan pribahasa yang tidak asing ditelinga kita "Bangun pagi!, Malu sama ayam agar rezeki tidak dipatok ayamnya". Yaa... Bangun pagi memberikan kesegaran pada badan sebelum beraktivitas, walau sulit dilakukan oleh sebagian orang tapi penulis yakin kali setiap orang menginginkan badannya segar, bugar, fresh ketika memulai rutinitas keseharian mereka. Setiap orang ingin bangun pagi... 

Adakah tipsnya agar mudah bangun dipagi hari?


Baiklah langsung saja kita bahas satu per satu dari 7 Alasan Kenapa Harus Bangun di Pagi Hari dibawah ini:
 
Sahabat, ANWARIZ. Pagi hari adalah saat yang tepat untuk Anda memulai berkarya dengan kesibukan dan rutinitas keseharian dengan tubuh yang segar. Alasannya, karena pada pagi hari energi tubuh masih berada pada puncak kesegaran dan pikiran dalam keadaan segar. Oleh sebab itu, disarankan untuk terbiasa bangun dipagi hari. Bahkan bagi umat Muslim dianjurkan melakukan ibadah Shalat di sepertiga malam (sekitar pukul 2 dini hari) sebab saat itulah tubuh dan pikiran dalam kondisi jernih. Selain itu, bangun pagi berdampak positif bagi kebugaran tubuh Anda. 

Baca juga: 

bangun pagi menyehatkan

1.    Menghirup Udara Segar. Sudah menjadi fakta bahwa polusi udara menjadi sesuatu yang tidak dapat dihandari pada era serba modern seperti sekarang ini. Sedangkan paru-paru kita membutuhkan suplay udara segar setiap hari untuk dikonvesi menjadi sumber energi. Untuk itu mulai membiasakan diri bangun dipagi hari sekedar untuk menghirup udara segar dan fresh ketika Anda terbangun dari tidur.

2.    Olahraga Pagi. Membiasakan diri memnggerakkan tubuh selama 30 menit setiap pagi akan berdampak besar bagi kesehatan tubuh dihari ini dan di masa mendatang. Setidaknya melakukan lari-lari kecil diwaktu pagi menjadi salah satu pilihan sebelum memulai rutinitas Anda.

3.    Disiplinkan Sarapan. Makan pagi ( sarapan) merupakan hal yang mesti dilakukan setiap hari guna memelihara kesehatan. Sarapanlah dengan makanan berat dipagi hari (misal roti, nasi, umbi-umbian dll), maka kegiatan maupun pekerjaan yang anda kerjakan di sepanjang hari dapat berjalan lancar sesuai harapan dan keinginan anda.

4.    Pikiran menjadi Tentram. Suara kokok ayam dipagi hari serta burung yang berkicau disaat mentari tampak diufuk timur sangat indah untuk dinikmati yang mana dapat membantu menenangkan pikiran dan perasaan sekaligus menurunkan tingkat stres dari berbagai problematika hidup yang dialami.

5.    Waktu Persiapan Memulai Aktivitas. Berbagai jadwal kegiatan hari ini dapat langsung ditulis atau direncanakan di waktu pagi, di saat pikiran masih jernih. Sehingga andapun dapat mengagendakan dan melakukan hal-hal penting yang tidak boleh di lewatkan pada hari ini.

6.    Melihat Keajaiban Kecil. Berbagai keajaiban kecil hanya dapat di lihat dan disaksikan di pagi hari seperti melihat suami berangkat ke kantor, melihat istri mempersiapkan hidangan pagi maupun melihat dan mempersiapkan buah hati untuk berangkat ke sekolah dan masih banyak keajaiban-keajaiban lainnya yang hanya dapat dinikmati pada pagi hari.

7.    Menikmati Kehangatan. Pagi hari merupakan waktu yang pas untuk menyantap hidangan pembuka yang hangat-hangat seperti teh hangat, kopi hangat serta sarapan pagi yang masih hangat. Selain itu, membiasakan banyak minum air putih antara pukul 5:30 hingga 6:30 akan memberikan dampak baik pada kesehatan pencernaan Anda.  

Demikianlah yang dapat penulis bahas tentang 7 Alasan Kenapa Harus Bangun di Pagi Hari yang begitu penuh dengan keajaiban dan kehangatan. Semoga bermanfaat menambah wawasan Anda. Jangan lupa untuk menyimak artikel menarik lainnya tentang 7 Kebiasaan Hidup Sehat yang Dapat Dilakukan Setiap Hari.
Sumber: http://intips-kesehatan.blogspot.com dengan perubahan

4 komentar:

  1. Blognya bagus mas bro. Rekomendasi buat teman2 yang sedang mencari Tips dan Trik Menarik nih. Terimakasih banyak atas informasinya bermanfaat sekali. Sukses selalu

    ReplyDelete
  2. Syukurlah jika bermanfaat mas... Ayo bagikan postingan ini agar lebih banya menebar kebaikan. Aamiin

    ReplyDelete
  3. Anonymous6/02/2016

    Tapi saya ga yakin bisa bangun pagi - pagi. Kalo suara kokok ayam nya aja sih masih suka denger . Ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segitu juga lumayan gan masih sempet denger kokok ayamnya..hehe

      Delete