Cara Sukses Menjalankan Bisnis OnLine


cara sukses bisnis online terbaru
anwariz.com | Membahas soal Bisnis Online, topik yang satu ini seakan tiada pernah ada ujungnya, karena memang sangat banyak jenis bisnis online dari mulai yang gratisan sampai yang berbayar. Bisnis online merupakan primadona bagi sebagian orang yang tahu potensi pasar dan potensi penghasilan yang bisa diraup dari internet. Pasar yang begitu besar merupakan potensi yang bisa kita lirik untuk menekuni bisnis online. Namun, bagi sebagian orang memulai dan mengembangkan bisnis online sering dianggap tidak mudah.

Bisnis online terus berkembang sejalan dengan dinamika kehidupan blogger dan pebisnis online. Di saat begitu banyak orang mencoba peruntungan dalam bisnis internet, ternyata banyak pebisnis online pemula yang mengalami kekecewaan. Dalam artikel ini penulis akan berbagi sedikit pengalaman menekuni bisnis online. Kiat sukses ini belum sepenuhnya mewakili kerasnya persaingan dalam bisnis online. Meski demikian, cara-cara ini bisa menjadi panduan untuk kesuksesan berbisnis internet.

Baca juga: 
Meraih Kesuksesan Bermodal Blog Gratisan

1. Tetapkan Tujuan Anda
Tetapkan tujuan yang kuat ketika anda mulai menjalani bisnis online dengan serius. Tujuan yang kuat dapat dijadikan patokan serta sumber motivasi ketika ditengah jalan ada godaan yang menerpa bisnis anda. Tujuan itu ibarat sebuah rel, tetaplah berada di jalur yang telah anda tetapkan, sampai apa yang menjadi tujuan anda tercapai.

2. Lakukan Survey Pasar
Menjalankan bisnis online bukan hanya melakukan pemasaran produk. Bukan pula hanya melulu berpikir bagaimana agar produk kita laku di pasaran. Sebelum menjalankan bisnis online kita perlu terlebih dahulu melakukan survey pasar, melihat sejauh mana produk kita dibutuhkan masyarakat, bukan memaksakan agar produk kita diterima oleh masyarakat.

3. Selangkah Demi Selangkah
Bisnis online bukanlah bisnis yang dapat dijalankan hanya dalam waktu sehari atau dua hari saja. Bekerja selangkah demi selangkah tidak berarti akan membuat perkembangan bisnis anda menjadi lambat. Pelajari setiap langkah yang anda lalui dan rencanakan langkah anda selanjutnya.

4. Fokus
Fokuslah pada bisnis online yang anda jalankan. Dengan fokus, anda dapat mencurahkan perhatian anda secara total 100% untuk mengembangkan bisnis online anda. Pekerjaan andapun akan terasa lebih ringan, dikarenakan kontrol yang dilakukan akan lebih mudah.

5. Bangun dan Perluas Jaringan Kerja
Di dunia bisnis online, jaringan kerja merupakan aset yang sangat berharga. Membangun maupun memperluas jaringan membutuhkan kerja keras. Kita harus dapat membangun komunikasi yang baik dalam berinteraksi dengan teman, kawan, rekan kerja, maupun para pengunjung blog kita. Mempelajari bermacam karakter manusia juga diperlukan agar komunikasi semakin lancar.

6. Berani Mengambil Resiko Secara Cermat
"Resiko" identik dengan penderitaan, kerugian, kesusahan, dan sejenisnya. Ubahlah pemikiran negatif tentangnya. Resiko akan membuat anda belajar untuk berani melangkah, berani mencoba, dan berani mengambil keputusan. Berani mengambil resiko dapat dimulai dengan memperhitungkan resiko terbesar yang mungkin saja terjadi, persiapkan diri dan lakukan tindakan untuk mengurangi resiko tersebut.

7. Pantang Mundur
Tentunya semua orang yang telah sukses di bisnis online pernah melalui rintangan dan hambatan yang tidak mudah.  Banyak dari mereka berkata bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Terus berusaha dan tetaplah konsisten walaupun mungkin bisnis online anda belum membuahkan hasil sesuai dengan harapan anda. Jangan cepat menyerah. Lakukan evaluasi dan perbaikan secara berkala agar bisnis online anda tetap terkontrol.

8. Jauhi Penundaan
Tentukan tiap langkah dalam menjalani bisnis online anda dan segera lakukan. Melakukan penundaan akan membuat bisnis online anda berkembang dengan lambat. Lawan rasa malas yang biasa menyerang. Sama seperti mendorong mobil. Saat pertama mendorong adalah saat terberat. Namun ketika mobil sudah melaju, pekerjaan anda akan menjadi lebih ringan.

9. Belajar Dari Pengalaman
Ada pepatah yang mengatakan "Pengalaman Adalah Guru Terbaik". Demikian juga dalam menjalani bisnis online, pengalaman mengalami kegagalan akan membuat anda bertambah matang. Jika anda pelaku bisnis online pemula, anda dapat belajar dari pengalaman orang lain. Belajar dari pengalaman penting untuk meminimalkan resiko kegagalan. Paling tidak, anda dapat menghindari kesalahan yang pernah dilakukan sebelumnya.

10. Paham trend.
Pahami bahwa trend yang berlaku pada tahun ini tidak sama dengan tahun lalu. Walaupun goncangan ekonomi menerjang lembaga keuangan di beberapa negara penting di dunia, aktifitas dan keberuntungan pelaku bisnis di masa setahun lalu umumnya relatif lancar. Dalam setahun ini, kondisi akan berjalan berbeda. Persaingan bisnis online akan bertambah ketat dimana tipu-daya semakin meningkat.

11. Kerja keras.
Sadari bahwa tanpa kerja keras lebih keras dari sebelumnya, perolehan hasil akan cenderung menurun. Walaupun demikian, kesabaran dan kedisiplinan harus dipertahankan. Paling tidak, kerja keras berguna untuk mengurangi kemungkinan munculnya sikap perilaku yang dipenuhi kecerobohan. Tahun ini benar-benar tidak ada tempat bagi para pemalas. Kembangkan kebiasaan efektif sejak dini.

12. Introspeksi diri.
Telusuri bahwa karena pentingnya pengenalan terhadap diri sendiri, karakter pribadi dan kemampuan, maka introspeksi hendaklah dilakukan terlebih dulu. Setelah memahami potensi dan kompetensi diri secara obyektif, maka kita bisa menilai diri sendiri secara lebih proporsional. Dengan begitu, egoisme pribadi akan bisa dinetralisir sehingga bukan saja lingkungan keluarga menjadi harmonis, tetapi wawasan dalam berbisnis di internet pun akan menjadi cerah pula.

13. Analisa matang.
Beranjak dari pemikiran bahwa segala sesuatu harus dikaji secara matang, maka kita harus menumbuh kembangkan naluri bisnis yang umumnya merupakan gudang sejuta pengalaman. Imbangi naluri tersebut dengan kemampuan berpikir yang mengacu pada fenomena kondisi dan dinamika kehidupan di internet. Internet menyediakan beragam tool dan informasi yang bisa kita olah menjadi media pendukung kemajuan bisnis online.

14. Selalu optimis.
Yakini bahwa pada hakikatnya tidak ada era yang buruk. Semua hari ada baiknya, tergantung keseriusan kita dalam menjalankan kebiasaan-kebiasaan efektif. Hanya saja, karena miskomunikasi bisa saja terjadi antar sesama pebisnis online maka kita perlu menyeimbangkan pikiran dan perasaan, meneguhkan aspek kepemimpinan dan kewibawaan, mudah memaafkan orang lain, dan kooperatif dengan mitra bisnis. Kumpulkan energi motivasi diri dari dalam dan dari luar sehingga semangat akan selalu terpancar dari langkah sehari-hari. 

Artikel lainnya:  
Keuntungan Bisnis Afiliasi
Keuntungan Menjadi Blogger di Era Pasar Bebas


"Orang sukses bukanlah orang yang tidak pernah gagal. Tapi orang sukses adalah orang yang mampu bangkit dari tiap kegagalan yang dialaminya."

0 komentar

Post a Comment