7 Kebiasaan Hidup Sehat yang Dapat Dilakukan Setiap Hari

pola hidup sehat silakukan setiap hari
Menjaga Kesehatan boleh dibilang langkah sederhana demi memiliki tubuh sehat seperti apa yang kita idamkan sebagai pendukung aktivitas keseharian kita. Begitu banyak artikel tentang tips dan cara mengenai pola hidup sehat beredar baik di media cetak maupun media digital tentunya dari berbagai sumber. Namun, tak jarang dari kita mengindahkan dan lebih jauh lagi tak memerdulikannya sama sekali akan pentingnya menjaga kesehatan. Kuncinya adalah kesedaran kita memulai sebuah langkah dan tindakan untuk membiasakan diri dengan kegiatan menjaga kesehatan. Lalu, apa saja tindakan menyehatkan itu??

Kesehatan tubuh merupakan suatu anugerah yang teramat penting untuk mendukung jalannya aktivitas hidup, pekerjaan begitupun dengan kewajiban beribadah kepada Tuhan YME sehingga senantiasa ada dalam kesempurnaan. Oleh sebab itu, setiap individu dianjurkan untuk menjaga kebugaran serta kesehatan setiap waktu. Rasa-rasanya mengetahui cara hidup sehat saja tidak cukup, lebih jauh lagi kita harus mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. 


Berikut ini 7 langkah nyata membiasakan diri untuk hidup sehat setiap hari :

1.  Membiasakan Berdiri. Faktanya, terlalu banyak aktivitas yang kita lakukan dengan hanya duduk dan jarang sekali berdiri. Padahal terlalu lama duduk akan mengakibatkan dampak tidak baik pada tubuh. Mulai sekarang kurangi aktivitas duduk, dan membiasakan untuk berdiri lebih lama.

2.  Alat Olahraga. Pada masa kana-kanak melakukan kegiatan olahraga menjadi aktivitas menyenangkan dengan teman-teman, namun dijaman modern ini olahraga menjadi suatu aktivitas yang sulit untuk dilakukan terlebih bagi orang super sibuk. Padahal olahraga sangat baik untuk menunjang kesehatan baik jasmani dan rohani kita. Untuk itu, mulailah persiapkan peralatan olahraga (seperti sepatu, bola, raket, pakaian dll) kemudian melauangkan waktu sejenak untuk berolahraga.

3.  Menata Tempat Tidur. Istirahat atau tidur malam menjadi hal terpenting dalam menjaga kesehatan tubuh. Buatlah kondisi tempat tidur lebih rapi dan nyaman dengan selalu membiasakan diri membersihkan dan merapikannya sebelum merebahkan tubuh anda. 

4. Belanja Buah dan Sayuran. Bepergian kepasar kemudian membeli beberapa buah-buahan dan sayur mayur hijau yang terjangkau sesuai kebutuhan sehari-hari. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar merupakan salah satu kunci hidup sehat. Jadi, lakukanlah kegiatan pergi kepasar sesekali sebagai pengisi waktu luang.
 
5.  Tetap Tersenyum. Senyuman kecil saja dapat meningkatkan kesehatan tubuh, tersenyum merupakan salah satu ibadah dan efektif meningkatkan gairah kebahagiaan atau suasana hati dimanapun aktivitas kita. Lalu, sudahkan Anda menebar senyuman hari ini?  

6. Membersihkan Rumah. Jadikan waktu libur kerja menjadi ajang kerja bakti membersihkan rumah bagi seluruh anggota keluarga. Karena lingkungan atau rumah yang bersih dapat menjadikan penghuninya semakin sehat dan nyaman.

7. Budayakan Jalan Kaki. Dengan berjalan kaki tidak saja membuat pembakaran kalori tubuh menjadi meningkat melainkan akan menambah kekebalan tubuh kita semakin baik, artinya dengan berjalan kaki tubuh dibiasakan melawan rasa capek dan kemudian setelah biasa akan menjadi kekuatan baru dalam tubuh kita. Meningkatnya kekebalan tubuh akan meminimalisir tubuh terserang berbagai penyakit.

Simak juga: Kenapa Buah Pisang Digemari? Inilah Alasannya

Semoga kiat kiat kesehatan yang mengulas beberapa langkah aktif menjaga kesehatan tubuh diatas dapat bermanfaat bagi pembaca dan menambah wawasan seputar pentingnya kesehatan tubuh dalam melakukan rutinitas setiap hari. Akhir kata penulis ucapkan terimakasih sudah berkunjung ke situs kumpulan tips dan trik kesehatan. Salam senyum :)
 
Image courtesy by Flickr.com

0 komentar

Post a Comment