5 Cara Mengatasi Stress Berat

cara mengatasi stress berat

5 tips/cara menurunkan stress berat yang akan di bahas mengupas tips-tips unntuk anda yang mengalami stress dan bingung harus mengatasinya seperti apa. Setiap orang pasti pernah mengalami stress karna masalah yang di dapatnya. Tingkat stress setiap orangpun akan berbeda tergantung pada mental tiap orang menghadapi maslahnya. Ketika seseorang terkena stress ringan, kadang stress tersebut bisa di hilangkan dengan cepat dengan cara jalan-jalan atau kumpul dengan sahabat. Lalu bagaimana jika stress telah mencapai stress berat?.

Oang yang terkena stress biasa umumnya menjadi murung, susah tidur, mengalami. Sedangkan yang mengalami stress berat biasanya mengalami gejala kebingungan, rambut rontok, gelisah berlebih, atau sampai menjadi pelupa berat. Stress jika tidak di atasi dengan baik, atau di pecahkan dengan penanganan yang sesuai bisa jadi akan berpengaruh pada mental orang tersebut. Jika di biarkan begitu saja, stress berat akan memberi gangguan pada fisik, mental, dan akhirnya bisa mengakibatkan gangguan jiwa.

Untuk mengatasi stress berat ini, berikut beberapa cara dan tips yang akan kami sampaikan yang mungkin bisa membantu dalam mengatasi stress berat yang di alami.

Berikut 5 cara mengatasi stress berat

1. Kenali penyebab stress.
Cobalah untuk mengetahui apa alasan yang menyebabkan anda menjadi stress. Dengan mengetahui penyebab tersebut anda bisa menganalisis kesalahan dan solusi untuk masalah tersebut sehingga bisa memungkinkan stress anda berkurang. Jika anda mempunyai orang yang bisa di percaya untuk berbagi cerita masalah anda, anda bisa lakukan hal tersebut untuk membantu anda mencoba memecahkan masalah. Ini memungkinkan anda untuk bisa bertukar pikiran tentang masalah anda.

2.  Tenangkan pikiran
Setelah anda mengetahui penyebab masalah anda kemudia mencoba mencari solusi, anda bisa memberi jeda terlebih dahulu sebelum menyelesaikannya. Anda bisa sedikit menyisihkan nafas anda untuk menenagkan pikiran. Cobalah untuk keluar rumah ataupun kamar dan pergilah ke tempat yang  bisa memungkinkan pikiran dan diri anda menjadi tenang. Ketenangan pikiran dan diri anda sangat bermanfaat bagi anda untuk menyelesaikan masalah agar tidak terpancing untuk emosi yang berlebihan. Anda bisa mencoba berjalan-jalan ke taman yang sejuk, atau tempat kesukaan anda untuk menenangkan diri.

3. Cobalah untuk tidur dengan nyenyak
Bagi anda yang stress, cobalah untuk atur pola tidur anda. Tidur akan mengistirahatkan tubuh dan pikiran anda agar menjadi segar. Tahukah anda, bahwasannya tidur yang berkualitas akan membawa ubuh anda menjadi sehat dan pikiran anda kembali jernih. Tidur yang baik di mulai di bawah pukul 10 dan puncak kelelapan harus berada pada pergantian jam. Jika stress menyulitkan anda untuk tidur, cobalah pada pagi harinya anda melampiaskan stress anda pada olahraga. Dengan olah tubuh ini, tubuh anda akan merasa segar dan  kelelahan pada tubuh anda akan cepat sekali mendorong rasa kantuk.

4. Pergilah ke dokter jika di anggap perlu
Bagi anda yang memang merasa butuh berkonsultasi dengan keadaan diri anda, cobalah untuk pergi ke dokter hanya untuk berkonsultasi. Dokter ahli akan jauh lebih mengerti keadaan diri anda dan bisa memberikan solusi terbaik untuk keadaan diri anda yang sedang mengalami stress berat.

5. Out of your zone
5 cara mengatasi stress berat yang terakhir ini yaitu keluar dari zona nyaman anda. Buatlah sesuatu hal yang baru. Jika biasanya ketika anda stress anda diam diri di kamar, atau hanya berkutat pada suasana itu-itu saja, cobalah untuk masuk pada suasana baru. Misal, anda bisa merubah tampilan kamar anda. Atau anda bisa mulai melakukan kegiatan. Kadang menyibukan diri sendiri bisa effektif untuk menghilangkan stress di pikiran anda. Atau anda bisa juga bisa mencoba memotong rambut, berjalan-jalan dengan teman. Bahkan jika memungkinkan, anda bisa pindah kosan, tempat kerja atau sekolah. Dengan seperti itu pikiran anda tidak hanya terpusat pada masalah yang menyebabkan anda stress.


Demikianlah 5 cara mengatasi stress berat mungkin bermanfaat untuk mengurasi stress anda. Jika anda merasa bahwa kondisi diri dan pikiran anda sudah tidak dapat di kontrol, segerlaha berkonsultasi ke dokter dan ahli psikolog agar diri dan pikiran anda bisa tercegah keadaan yang buruk atau bahkan gangguan mental. Salam Senyum :)

0 komentar

Post a Comment