Tips Jitu Memilih Kampus Ideal - Kumpulan Artikel Bermanfaat | Anwariz.Com

Cari aja disini

Tips Jitu Memilih Kampus Ideal


Tips Jitu Memilih Kampus Ideal dan Tepat
Gambar diambil dari bersosial.com
Tidak sedikit adik-adik SMA atau sederajat yang kebingungan saat harus memilih kemana ia melanjutkan, kampus seperti apa yang pas untuk kita? Gak usah khawatir, Anwariz.com hadir untuk membahas tentang tips-tips memilih kampus yang ideal. Berikut ini poinnya:

Pertama, tentunya kamu sudah menentukan pilihan program studinya, jangan memilih jurusan karena terpaksa sebab bisa berdampak buruk saat kuliah kamu nantinya. Semangat kuliah bisa loyo karena bertolakbelakang dengan keinginan kamu. Konsultasikan dengan guru BK dan keluarga atas pilihan tersebut agar semakin pas mantap. Prodi sangat terkait dengan dunia kerja apa yang ingin digelutinya kelak setelah lulus, jadi jangan ambil risiko salah memilihnya.

Kedua, terlebihdahulu cermatilah reputasi kampusnya. Sekarang kampus swasta banyak yang lebih maju, jadi jangan hanya melihat status negeri atau swasta. Lihat saja dari prestasi, akreditasi dan serapan lulusannya, kampus haruslah membuat kita bangga atasnya.

Ketiga, ukurlah biaya studi dan biaya hidup selama kuliah. Ini harus sangat jeli sebab beberapa kampus nampak lebih murah tetapi ternyata ada biaya tambahan. Misalnya, apakah SPP sudah termasuk biaya SKS, praktikum dan ujian. Kampus negeri umumnya lebih murah. Meski demikian ada baiknya dibandingkan dengan swasta yang setara akreditasinya agar memiliki pertimbangan yang matang saat diakhir harus memutuskan pilihan yang terbaik. 

Keempat, pilihan kota sangat penting. Ada yang suka dengan kota besar dan padat, ada juga yang memilih kota sepi. Selera kota ini harus dipertimbangkan jarak dan transportasi yang tersedia, sebab jauh bukan berarti waktu tempuhnya lama dengan pesawat. Yang terpenting, kota pilihan anda sebaiknya kota di mana kampus itu berinduk, bukan semacam kelas jauh atau cabang. Sangat penting berada di pusat kampus untuk merasakan kultur akademik daripada kampus jauh yang terkesan sebagai kampus cabang. Pastikan juga kota tersebut aman secara sosial maupun bencana alam agar bisa belajar dengan tenang.  

Kelima, suasana dan budaya kampusnya juga jangan luput dari perhatian kamu. Ada kampus yang terkesan ekslusif, mewah, tetapi mencekik mahasiswanya, sebaliknya ada juga kampus yang tidak terawat dan kumuh. Sebaiknya kampus mencerminkan suasana bersahaja, inspiratif, bersih dan sehat, tidak telalu padat. Kampus juga harus selalu ‘hidup’, bukan seperti kuburan China yang megah tetapi sepi dari aktivitas akademis dan kemahasiswaan. Dinamika kampus sangat penting untuk mendorong sikap optimis dan kompetitif.


Sumber: http://www.umm.ac.id dengan perubahan 


2 comments:

  1. Artikel yang baik dan inspiratif. Mudah-mudahan bisa menginspirasi teman-teman calon mahasiswa.
    Terima kasih sudah berkunjung ke www.infomahasiswa.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Mas Slamet sudah mengunjungi balik blog sederhana saya ini.. Sejauh ini saya masih tetap belajar menulis mas, cita-citanya menjadi penulis sihh.. Bikin novel atau buku. Aamiin.. :D

      Delete

Terimakasih atas kunjungannya:

1. Silakan berikan komentar terbaik Anda.
2. Saran & Kritik akan saya terima dengan lapang dada (bukan lapang bola, yaa) sebagai bentuk evaluasi konten blog ini.
3. Dilarang menyertakan LINK hidup atau mati.
4. Jika Anda tidak terima, silakan mengajukan 'banding'!!