Kiat Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

 
Kiat Menjaga Mata Agar Tetap Sehat
Illustrasi Mata
anwariz.com | Kiat Agar Mata Tetap Sehat - Mata adalah organ penglihatan yang mendeteksi cahaya. Yang dilakukan mata yang paling sederhana tak lain hanya mengetahui apakah lingkungan sekitarnya adalah terang atau gelap. Mata yang lebih kompleks dipergunakan untuk memberikan pengertian visual.

Banyak sekali penyakit mata yang dapat menyerang mata kita sewaktu-waktu. Contohnya jika orang terlalu lama membaca atau terlalu keasyikan main game didepan komputer, dan itu dapat terserang penyakit miopi.

Sudah tidak asing ditelinga kita bahwasannya ada jenis penyakit mata yang namanya miopi artinya dia tidak mampu melihat benda-benda yang terlalu jauh dari pandangannya, hipermetropi atau rabun dekat, presbiopi atau tidak dapat melihat benda yang jauh maupun dekat, katarak, buta warna yang tidak dapat melihat berbagai macam warna. 

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata dan dapat terhindar dari penyakit mata tersebut. Berikut adalah Kiat Agat Mata Tetap Sehat

Kesehatan mata keluarga
Coba sobat tanyakan kepada keluarga sobat terutama kepada ortu. Apakah orang tua sobat di diagnosis mengalami penyakit mata keturunan. Hal ini karena dapat mempengaruhi sobat, apakah kalian beresiko tinggi terkena penyakit mata atau tidak.

Istirahatkan mata
Jangan paksakan mata untuk berlama-lama membaca buku atau berada di depan layar komputer. Jika sobat terlalu lama, mata akan sakit. Tipsnya, cobalah matanya diistirahatkan sejenak setidaknya beberapa menit dulu sebelum melanjutkan aktivitasnya supaya matanya tidak lelah.

Jaga jarak pandang
Jaga jarak pandang ketika sedang berada dilayar komputer maupun TV. Jarak pandang yang ideal sekitar 50-100cm. Berlaku juga ketika sobat sedang membaca buku. Jarak yang ideal ketika membaca buku sekitar 30cm. Hal ini dimaksudkan agar dapat terhindar dari miopi atau rabun dekat.

Hindari kebiasaan mengucek mata
Jangan sering mengucek mata ketika mata terasa gatal. Ketika tangan sobat kotor sehabis memegang suatu benda dapat menginfeksi organ mata sehingga akan berakibat fatal bagi kesehatan mata.

Konsumsi vitamin A
Makan makanan seperti wortel yang mengandung vitamin A. Hal, ini dikarenakan wortel mengandung vitamin A dan beta karoten yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Kurangi Rokok

Bagi seorang perokok, usahakan agar menghentikan kebiasaan merokok mulai sekarang, setidaknya sobat mengurangi. Karena, menurut berbagai sumber bahwa merokok menyebabkan kerusakan saraf dan menyerang optik pada mata menjadi terganggu.

Pakai pelindung mata
Cobalah untuk memakai pelindung mata dalam berbagai kegiatan aktivitas seperti saat berkendara, olahraga, dan sebagainya. Banyak kacamata yang dirancang khusus untuk olahraga untuk menghindari terjadinya cedera mata dan terhindar dari debu.

Periksakan mata
Periksakan mata Anda secara berkali, misal 3 bulan atau 6 bulan sekali ke dokter mata agar terhindar dari penyakit yang menerjang anda sewaktu-waktu.

Demikianlah Kiat Menjaga Mata Agar Tetap Sehat. Jagalah kesehatan mata sobat sejak dini. Baca juga artikel mengenai Kiat Jitu Mempertajam Kemampuan Otak. Semoga bermanfaat, sampai jumpa di postingan berikutnya. Salam Senyum!

0 comments

Posting Komentar

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar