Tips Membuat Catatan Kaki Pada Artikel Blog

CARA MEMBUAT CATATAN KAKI ARTIKEL DI BLOG
ANWARIZ.com | Tips Membuat Catatan Kaki pada Blog - Catatan kaki berfungsi untuk memberitahukan catatan yang dianggap penting kepada pembaca, begitu juga halnya dengan catatan kaki artikel pada blog, catatan kaki dibuat diblog untuk memberikan atau menyampaikan informasi kepada pengunjung blog tersebut, dapat berupa ucapan terimakasih, pesan ataupun peringatan. Catatan kaki umumnya diletakan diakhir artikel blog.

Selain catatan kaki, umumnya blogger menyertakan rich snippet sebagai pendamping catatan kaki tersebut. Banyak blogger yang memasang catatan kaki untuk memberikan peringatan kepada pengunjung blog mereka agar tidak menjiplak artikelnya, maka tak ayal catatan kaki dianggap penting bagi sebagian penulis blog.

Lalu, bagaimana dengan Anda?, Apakah anda tertarik untuk memasangnya untuk berinteraksi dengan pengunjung blog Anda? Atau hanya sekedar untuk mengucapkan terima kasih karena sudah berkunjung. Saya rasa Anda ingin melakukan hal itu maka dari itu mengunjungi tulisan ini. Baiklah, kita mulai saja tutorialnya berikut ini:

Cara membuat Catatan Kaki Artikel
  • Pada dashboar blog anda silahkan pilihTEMPLATE
  • Klik EDIT HTML
  • Ketika halaman html sudah terbuka silahkan klik sembarang didalam template anda dan tekan CTRL + F
  • Setelah kotak kecil muncul dipojok kanan atas, masukan kode <data:post.body/> dan klik enter.
  • Maka anda akan menemukan kode tersebut, silahkan geser kursor anda kebawah pasti akan ada dua kode <data:post.body/>.
  • Setelah itu letakan kode berikut tepat dibawah kode <data:post.body/>.
        <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
        <div class='vcard' id='hcard-bang-ali' style='margin-top: 30px; padding: 10px; font-size: 12px; font-family: Arial; background: #dcdcdc; line-height: 1.3em; color: #777'>
        <span style='color:#777; font-size:18px; margin-top:10px'>Terima Kasih Telah Berkunjung</span><br/>
        Judul: <span itemprop='itemreviewed'><data:post.title/></span><br/>
        Ditulis Oleh <span class='fn n'><span class='given-name'><span itemprop='reviewer'><data:post.author/></span></span></span><br/>
        <span style='text-align: justify'>Jika mengutip harap berikan link DOFOLLOW yang menuju pada artikel <b><a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a></b> ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatian anda</span>
        </div>
        </b:if>
  • Simpan atau Save Template anda.
Keterangan:
  • Gantilah bang-ali dengan nama anda.
  • Anda bisa mengubah warna backround, jenis font, dan ukuran font berdasarkan keinginan anda.
  • Untuk yang sudah membaca artikel saya mengenai cara membuat read more otomatis, anda hanya perlu meletakan kode catatan kaki diatas tepat dibawah kode read more, karena kode <data:post.body/> sudah diganti dengan readmore.
Jika anda berhasil membuatnya maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini:

catatan kaki di blog

Demikianlah tutorial tentang cara membuat catatan kaki artikel pada blog, semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat tentunya bagi pembaca setia.

0 komentar

Post a Comment