Mengelola Blog itu Gampang Gampang Susah, Yakin Mau Ngeblog?

Kumpulan Artikel Populer | Anwariz.com | Dengan banyaknya situs maupun blog yang menyediakan konten tutorial belajar membuat blog yang serba gratis sekarang ini, membuat sebuah blog bukanlah hal yang menyulitkan. Cukup utak-atik berapa menit, sim sala bim.. Blog pun jadi. 
cara mengelola blog

Selanjutnya, pertanyaannya adalah mau diapakan blog yang sudah jadi itu?
Apakah hanya asal kita buat dan kemudian kita anggurkan begitu saja?

Yup, biasanya jika kita tidak memiliki arah tujuan yang jelas dalam membuat sebuah blog maka yang ada kita akan kebingungan untuk mengisi apa yang sebaiknya kita tempatkan di blog kita. Ada baiknya kita juga memperhatikan hal-hal penting sebelum memulai aktifitas blogging.

Setelah masalah tujuan telah selesai kita tetapkan, akan muncul masalah baru lagi. Apa? Yup, biasanya kita malas dan tidak berkomitmen untuk mengurus blog kepunyaan kita. Ini lah faktor utama yang membuat banyak blogger pemula gugur berjatuhan tak kuasa melanjutkan eksistensinya. 

Memang sih, jika kita blogging dibutuhkan sedikit ketekunan meski hanya sebatas hobi sampingan sekalipun. Paling tidak kita mengunjungi blog untuk sekedar membalas komentar, menjawab buku tamu yang kita pasang, blogwalking, hingga melakukan posting.

Mengelola blog itu tidak mudah

Akan tetapi, susah di sini bukan dalam artian teknis melainkan susah karena faktor internal dalam diri kita untuk melanjutkan eksistensi dengan komitmen dan ketekunan yang mumpuni.

Lalu, bagaimana solusinya?

Mudah, cukup niatkan saja dalam hati jika kita benar-benar berkomitmen untuk rutin menjalankan aktifitas ini. Kalau jenuh melanda, cukup istirahatkan sejenak dan gunakan waktu untuk menghilangkan kejenuhan tersebut dengan cara kita masing-masing. Jika kita bingung dan tidak punya sumber ide menulis, kita coba cari darimana saja sumber menulis postingan di blog. Bagaimana? Mudah bukan?

Hal yang paling mendasar untuk kita benahi adalah niatnya!

Setelah itu, baru lah kita melangkah untuk memperbaiki masalah-masalah teknis blogging dengan melihat beberapa blog maupun situs tutorial yang ada sekarang ini. Mari kita mulai melangkah!



0 comments

Posting Komentar

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar