Cara Mempercepat Jaringan Internet Ketika Melakukan Live Streaming



Sudah menjadi hal yang umum bahwa internet sudah menjadi sebuah kebutuhan dalam dunia kehidupan sehari-hari. Sebab, internet sudah bisa diakses oleh manusia pada semua sudut dunia. Salah satu fasilitas internet yang kini menjadi populer adalah live streaming.

Contohnya bisa kita lihat pada aplikasi IDN App yang kini sudah memiliki fitur live streaming. IDN App yang merupakan bagian dari IDN Times ini merupakan situs berita yang cukup populer di Indonesia. Dengan adanya fitur live streaming, maka pengguna bisa melihat konten menarik dan bisa berbincang dengan pembuat konten.

Ketika melakukan live streaming, tidak jarang kecepatan jaringan internet menjadi masalah utama. Sebab, terkadang jaringan internet menjadi masalah saat melakukan live streaming. Untuk mengetahui apa saja cara mempercepat jaringan internet ketika melakukan live streaming, simak ulasannya di bawah ini.

1. Gunakan Koneksi Internet yang Stabil
Bagian pertama yang harus dilakukan untuk mempercepat jaringan internet adalah memakai koneksi internet yang stabil. Pastikan kamu memiliki paket internet yang memadai dan memberikan kecepatan untuk mengakomodasi streaming video secara real-time. Pilih paket internet dengan kecepatan unduh (download) dan unggah (upload) yang tinggi, serta latensi (ping) yang rendah.
 
Jika memungkinkan, sambungkan perangkat yang digunakan untuk live streaming langsung ke router menggunakan kabel Ethernet. Koneksi kabel Ethernet jauh lebih stabil dan dapat memberikan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan koneksi nirkabel (Wi-Fi).

2. Tutup Aplikasi yang Tidak Perlu
Langkah berikutnya adalah tutup aplikasi yang tidak perlu saat ingin mempercepat jaringan internet. Pastikan tidak ada aplikasi atau program yang menggunakan banyak bandwidth saat kamu melakukan live streaming.

Tutup semua aplikasi yang tidak diperlukan untuk mengurangi beban pada koneksi internet
Jika kamu ingin menggunakan fitur live streaming IDN App, maka pastikan hanya aplikasi itu saja yang berjalan pada smartphone. Bahkan, membuka aplikasi IDN App sudah memberikan banyak fitur untuk penggunanya. Mulai dari live streaming, diskusi, hingga membuat artikel dari para pembaca.
 
3. Batasi Penggunaan Perangkat Lain
Ketika ada perangkat lain yang terhubung dengan jaringan sama, maka batasilah penggunaannya. Hal itu dikarenakan koneksi yang digunakan banyak orang sudah dipastikan membuat jaringan internet menjadi lelet. Terlebih lagi, koneksi digunakan untuk aktivitas internet berat seperti live streaming.

Maka dari itu, ada baiknya kamu batasi pengguna jaringan internet jika ingin fokus pada satu aktivitas seperti live streaming IDN App. Jika kondisi saat itu banyak dipakai orang secara bersamaan, maka ada baiknya tunggu waktu saat pengguna internet sudah sepi. Pada waktu tersebut, kamu bisa gunakan live streaming.
 
4. Perhatikan Ketinggian Router Wifi
Masih berhubungan dengan wifi, kali ini adalah posisi ketinggiannya yang dapat menjadi masalah. Percaya atau tidak, posisi router wifi juga dapat berpengaruh besar pada kekuatan sinyal jaringan internet. Jika kamu meletakkan router di belakang barang-barang yang berserakan, maka hal tersebut dapat memperburuk sinyal Wifi.

Selain itu, beton, cor, atau metal adalah material yang sangat kuat untuk menghalau gelombang Wi-Fi. Jadi hindari meletakkan router pada area basement yang dikelilingi beton. Terkait posisi, makin jauh dari sumber Wifi, maka sinyal akan makin lemah. Oleh sebab itu, cobalah untuk mendekat ke router jika sinyal mulai lemah.

5. Perbarui Aplikasi dan Sistem Operasinya
Terakhir, pastikan kamu perbarui aplikasi aplikasi dan sistem operasi smartphone yang digunakan. Dengan memperbarui aplikasi secara teratur, maka bisa memperbarui sistem pada aplikasinya. Bagian tersebut dapat berpengaruh pada jaringan internet saat melakukan live streaming.

Demikian cara mempercepat jaringan internet saat melakukanlive streaming. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat.

 

0 comments

Posting Komentar

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar