Pelangi: Proses Terbentuknya serta Jenis- jenisnya

proses terbentuknya pelangi

Pelangi terlama yang membongkar rekor dunia Guinness, berlangsung sepanjang 9 jam. Pelangi ialah fenomena alam yang terjadi sebab pembiasan sinar matahari. Gimana pelangi bisa timbul?

Jenis Pelangi

·       Pelangi primer

Pelangi primer merupakan pelangi yang sangat kerap dilihat. Pelangi ini dibangun oleh pembiasan serta pantulan internal cahaya sinar yang masuk ke titik hujan.

Warna yang akan dihasilkan oleh pelangi primer dari dalam menuju ke luar yaitu warna ungu, biru dan hijau. Ada juga kuning, oranye, dan juga merah.

Pita merah membuat sudut sekitar 42 derajat dengan cahaya matahari, serta pita bercorak yang lain membuat sudut yang lebih kecil berturut-turut. Moonbow ataupun pelangi yang timbul di malam hari merupakan salah satu fenomena sangat jarang.

Beruntung ada yang sukses menangkap momen ini. Moonbow ataupun pelangi yang timbul di malam hari merupakan salah satu fenomena sangat jarang. Beruntung ada yang sukses menangkap momen ini.

·       Secondry bow

Ada pula pelangi lain yang kurang intens serta kadangkala nampak. Namanya busur sekunder ataupun secondary bow. Busur sekunder, apabila nampak di luar busur utama serta dengan urutan warna yang terbalik.

Ini dibuat oleh sebuah sinar yang memang sudah dipantulkan dari dua buah titik berbeda. Ini berada di belakang drop pada saat sebelum muncul menuju ke udara. Pelangi tingkatan besar sangat lemah, sehingga tidak sering nampak. Sinar dapat tercermin lebih dari sekali.

Cahaya keluar dari pusatnya pada sudut 50 derajat buat warna merah. Efek ini menciptakan pelangi sekunder yang rupanya terbalik dibanding dengan primer.

Sekunder mempunyai 43 persen total kecerahannya dari yang utama. Tetapi kecerahan permukaannya lebih rendah sebab sinar yang disebarkan di atas sudut yang lebih besar. Primer serta sekunder bersifat konsentris. Pelangi tidak cuma serangkaian cincin bercorak.

Langit di dalamnya cerah sebab tetesan air hujan, cahaya sinar yang menempuh refleksi di tetesan hujan. Zona antara primer serta sekunder lebih hitam dari langit sekitarnya yang disebut “Alexander’s dark band”. Dalam permasalahan lain Zona Alexander nampak hitam sebab tidak ada sumber sinar yang tersebar di sudutnya.

·       Supernumerary bows

Pelangi tipe ini umumnya memiliki warna hijau, merah muda, serta ungu yang dominan. Supernumerary bows terjadi kala terkena tetesan air hujan terkena pelangi utama dengan ukuran kecil serta seragam. Jumlah serta jaraknya bisa berganti dari menit ke menit.

·       Lunar rainbow

Pelangi tidak cuma diakibatkan oleh matahari, pula dapat terjadi sebab bulan. Ini dinamakan lunar rainbow. Pelangi cuma memerlukan tetesan air serta sumber sinar.

Bulan purnama dapat mempunyai sinar yang lumayan cerah. Sinar ini bisa dibiaskan oleh tetesan hujan semacam yang terjadi pada matahari.

Inilah beberapa jenis pelangi yang bisa kamu ketahui. Bagi kamu yang baru pertama mengetahui bahwa ternyata pelangi itu ada beberapa jenis. Biasanya paling menyangka kalau pelangi itu cuma ada satu jenis yang biasa terlihat mata.

 


0 comments

Posting Komentar

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar