Mana Yang Imun Tubuhnya Lebih Kuat Antara Pria dan Wanita?

Tak sedikit orang yang beranggapan kalau imun tubuh wanita tidak lebih kuat dari imun tubuh pria. Hal ini didasari dengan stigma lama kalau laki-laki lebih mampu bekerja keras dibandingkan perempuan.

Apakah asumsi tersebut benar? Berikut pendapat para ahli dan hasil penelitian mengenai sistem kekebalan tubuh pada pria dan wanita yang dilansir sistus kesehatan halodoc.

mana imun paling kuat pria atau wanita

Sistem Kekebalan Tubuh Pada Pria dan Wanita

Pertama-tama, perlu diketahui sistem kekebalan tubuh pria dan wanita memang memiliki perbedaan. Akan tetapi, anggapan kalau sistem kekebalan tubuh pria lebih kuat dibanding wanita tidaklah tepat.

Faktanya, sistem kekebalan tubuh wanita lebih kuat sebagaimana hasil penelitian dari Ghent University di Belgia yang berfokus di MicroRNA. Hasil penelitian tersebut mengatakan jikan kelebihan kromosom X yang dimiliki wanita adalah sebab utama kenapa sistem kekebalan tubuh pada wanita justru lebih kuat daripada pria.

Bukti ini semakin dikuatkan dengan statistik data bahwa wanit hidup lebih lama dibandingkan pria. Ini juga berlaku untuk hewan mamalia betina yang lebih lama hidupa daripada pejantan.

Dengan kelebihan kromosom tersebut, wanita nyatanya lebih mampu menghadapi peristiwa trauma, syok, bahkan infeksi. Satu kromosom X mengandung 10 persen dari semua microRNA yang berfungsi penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan kanker.

Dengan demikian, wanita memiliki dua kali lipat perlindungan dari kanker sedangkan pria hanya memiliki satu kromosom X. Di sisi lain, kromosom Y tidak banyak berperan dalam membentuk sistem kekebalan tubuh.

Tidak hanya itu, nyatanya kaum adam lebih berisiko terkena penyaki dan teinfeksi bakteri dan viru dua hingga lima kali lipat lebih besar dibandingkan wanita. Sedangkan, sistem kekebalan tubuh juga tidak hanya dipengaruhi oleh kromosom tapi juga jenis hormon tertentu.

Salah satu hormon yang berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh tersebut adalah hormon testosteron. Hormon ini berperan sebagai pemicu menurunnya sistem antibodi. Kadar hormon testoren yang tinggi pada pria, dapat membuat tingkat antibodi rendah.

Berbeda dengan hormon estrogen yang banyak pada wanita. Hormon ini berperan bereaksi sebagai pelindung tubuh. Nah, jika sekali waktu seorang perempuan nampak begitu emosional, hal ini bisa diasumsikan sebagai reaksi hormon estrogen dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cara Meningkatkan Imun Tubuh Untuk Pria dan Wanita

1.     Konsumsi Makanan Sehat

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, biasakan mengonsumsi makanan bergizi seimbang seperti daging tanpa lemak, dan biji-bijian. Jangan lupa untuk tetap konsumsi sayur-sayuran yang berperan sebagai antioksidan dan bisa melawan radikal bebas penyebab turunnya imun tubuh.

2.     Berolahraga Ringan

Olahraga ringan bisa dilakukan siapapun dan terbukti mampu meningkatkan imun sekaligus mecegah peradangan. Cukup dengan berolahraga ringan setiap hari selama 30 menit saja sudah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3.     Kelola Stres dengan Baik

Tidak hanya menganggu emosional, mental, dan psikologi, tapi stres juga menjadi salah satu penyebab meningkatknya produksi hormon kortisol penghambat kerja sitem imun tubuh melawan infeksi virus.

4.     Mengonsumsi Suplemen

Tak jarang anak kecil atau orang sudah lanjut usia sulit makan utamanya makan sayur dan buah-buah sehingga imun tubuhnya lemah. Di sisi lain, banyak orang dewasa juga harus bekerja ekstra dan kurang istirahat.

Demi menjaga sistem kekebalan tubuh, Anda mengonsumsi suplemen Rhea Health Tone. Suplemen terbuat dari lima bahan herbal yang diolah dengan benar melalui riset panjang dan terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada semua orang, baik pria maupun wanita.


0 comments

Posting Komentar

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar