Growth Hacker Profesi Paling Dicari Perusahaan StartUp Digital

ANWARIZ Blog - Istilah Growth Hacking dan orangnya disebut sebagai Growth Hacker muncul belum lama ini, sekitar tahun 2010-an. Pertama kemunculan istilah ini berawal dari seorang entrepreneur, praktisi digital marketing bernama Sean Ellis.

profesi growth hacker
Sumber gambar: crazyegg.com

Growth Hacking jika diterjemahkan menjadi pertumbuhan peretasan adalah bidang yang relatif baru dalam pemasaran yang berfokus pada pertumbuhan. Ini dimulai sehubungan dengan startup tahap awal yang membutuhkan pertumbuhan besar-besaran dalam waktu singkat dengan anggaran kecil, tetapi sejak saat itu juga menjangkau perusahaan-perusahaan besar.

Para pelaku growth hacking atau biasa disebut dengan growth hacker merupakan orang-orang yang ahli dalam memakai teknik SEO, pemasaran konten, analisis situs dan melakukan testing dibeberapa sektor periklanan. 

Di dalam dunia internet marketing, seorang growth hacker memang sangat dibutuhkan. Tanpa adanya mereka, maka website startup tidak akan dikenal oleh banyak orang. Para growth hacker akan menemukan strategi apa yang paling bagus dan efektif untuk pemasaran bisnis startup, tanpa harus memakan banyak biaya promosi dan sebagainya.

Profesi Growth Hacker Dibutuhkan Perusahaan StartUp untuk Bertumbuh

  • Growth hack adalah proses eksperimen cepat yang melibatkan jalur-jalur marketing, pengembangan produk, segmentasi penjualan, dan unsur-unsur bisnis lain untuk menemukan cara menumbuhkan produk yang paling efisien.
  • Seorang Growth Hacker dituntut memiliki pemahaman di bidang marketing, desain produk, serta programming/engineering sekaligus, meski tidak secara mendalam.
  • Strategi growth hack yang sukses biasanya tidak akan mudah ditiru oleh perusahaan kompetitor, karena dalam setiap taktiknya yang diluar ekspektasi kebanyakan marketer. 
  • Proses growth hacking bisa diterapkan jauh sebelum Anda memiliki produk sekalipun, seperti dengan berdiskusi kepada calon user, atau melakukan beberapa riset pasar via media populer.

Prosesnya berkesinambungan bahkan setelah produk dirilis ke publik. Beberapa strategi yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan proses referral seperti Dropbox, atau mengintegrasikan produk ke platform super seperti yang dilakukan Airbnb. Mengadakan berbagai kuis atau give away seperti yang sedang marak terjadi belakangan ini diberbagai media sosial. 

Baca:

Jasa SEO Bandung Harga Murah Bergaransi

Panduan Internet Marketing dengan Teknik SEO

Saya Growth Hacker?

Titik balik saya berkarier di dunia Growth Hacker adalah ketika berhasil membidik keyword tunggal "kemasan" bertengger di puncak pencarian Google Search Engine.

Growth Hacking yang saya terapkan disana salah satunya menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO) Organik. Fokus utamanya SEO Specialist tentu saja bertumpu pada pembuatan serta distribusi konten (artikel) berkualitas di Blog Network yang dimiliki.

Project tersebut merupakan garapan salah satu perusahaan Packaging yang saat ini bertumbuh pesat. Berangkat dari sanalah mulai mengembangkan network digital marketing lainnya seperti; Sosial Media Marketing (SMM) beserta turunannya.

Alhamdulillah hingga saat ini On Progress SEO tetap berjalan untuk beberapa perusahaan lainnya, diantaranya; Travel Agency, Rent Car, dan Sock Supplier. Semoga progressnya berjalan lancar, targetnya tercapai sesuai kesepakatan yang telah ditentukan sebelumnya.


Doa & Harapan

Semoga perusahaan-perusahaan yang disebutkan diatas semakin berkembang, menjangkau banyak pelanggan, dan membuahkan profit. Semakin sukses walau harus berjibaku ditengah-tengah badai cobaan krisis perekonomian. Aamiin

Demikian ulasan singkat mengenai Profesi Growth Hacker Kian Diburu Perusahaan StartUp, terutama bidang pemasaran digital. Semoga artikel ini bermanfaat bagi perusahaan Anda. Setidaknya informasi tentang Growth Hacking bisa menjadi referensi perencanaan pengembangan bisnis bersama tim Anda.

0 komentar

Post a Comment

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar