Ini Alasan Anda Perlu Mengetahui Jadwal Bola Indonesia



Sepak bola Indonesia masih menunjukkan pesona yang dapat membuat kagum penggila bola, maka itu jadwal bola Indonesia masih dinanti-nantikan penggemarnya. Meski prestasi bola Indonesia belum bisa membanggakan, namun rakyatnya sangat tergila-gila akan sepak bola. Dukungan dari suporter tidak hanya bisa ditunjukkan oleh mereka yang langsung berada di stadion, tapi juga bisa Anda berikan dengan menyaksikan melalui layar kaca! Ini alasan kenapa kamu perlu mengetahui jadwal bola Indonesia.

  1. Dapat Memahami Karakter Pemain
Olahraga sepak bola merupakan cerminan bangsanya. Sepak bola begitu melekat dengan akar budaya masyarakatnya. Seperti budaya orang Italia yang terkadang mereka sering tak bisa jujur, dari sisi pemainnya yang dapat dilihat pemain-pemain Italia gemar berakting atau diving di tengah lapangan. Atau masyarakat Brazil yang suka bersenang-senang pada karnaval tergambar dalam jogo bonito mereka yang menari-nari indah di tengah lapangan. Tertibnya suporter Jerman jadi penegas jika budaya disiplin dalam budaya mereka terlihat di stadion. Begitu pula dengan suporter Italia yang suka berlaku keras di stadion, hal itu sejalan dengan negara mereka yang memang sedang tidak stabil keamanannya di beberapa bagian.
Dengan menonton bola dari sebuah liga, maka secara tidak langsung anda dapat mengenal karakter masyarakatnya. Meski terkadang jika anda menonton dari stadion anda akan melihat pemandangan yang tidak anda inginkan seperti keributan dan lain-lain, namun menonton pertandingan bola Indonesia memiliki keunikan tersendiri. Terlebih karena Anda akan mengenal kepribadian para pemain dengan membaca karakter bermainnya. 

2.               Melihat Taktik dari Sudut Pandang Berbeda
Ada hal lain yang bisa kita dapatkan jika menonton pertandingan secara langsung di stadion, yaitu taktik pergerakan para pemain saat tanpa bola. Jika Anda memang penggila bola, maka anda dapat membandingkan dengan kekurangan taktik pemain kita dengan negara lain. Terlebih saat menonton di TV maka  yang dapat disaksikan hanya pemain yang sedang menggiring bola saja atau pemain lainnya dengan sudut pandang sempit. Jika anda menonton di stadion langsung maka dengan area pandang yang luas anda bisa menyaksikan seluruh pemain sekaligus.

3.               Membantu Berputarnya Perekonomian
Jika di suatu daerah akan diadakan pertandingan sepak bola, meski anda tidak begitu suka tim yang akan bertanding, para pedagang sudah jauh-jauh hari memesan tempat kepada pemda setempat untuk berjualan.  Mereka sangat menantikan jadwal bola Indonesia karena akan menjadi waktu dagang mereka yang biasanya akan laris. Tak hanya makanan dan minuman yang dijual saat acara nobar, namun kaos dan pernak pernik lambang tim kesayangan juga akan dijual saat pertandingan berlangsung. Di samping itu, sepak bola pun dapat menghidupi berbagai sektor. Dimulai industri rumahan hingga industri besar berhubungan dengan sepakbola. Belum lagi akan ada beberapa transportasi yang akan disewa suporter. Hingga petugas parkir pun ikut menikmati khasanah sepak bola dalam negeri. Bahkan jika nonton bareng sepak bola secara live di kafe juga akan menghidupkan keramaian kafe hingga tukang parkir pun ikut terdampak.

4.               Memahami Sepak Bola sebagai Peristiwa Sosial
Jika hadir menonton ke stadion menikmati liga lokal maka Anda tidak hanya menikmati tampilan pertandingan 90 menit saja layaknya yang anda saksikan pada televisi anda. Meski pertandingan bola hanya memakan waktu 90 menit, namun jika anda menonton bola Indonesia maka anda butuh lebih banyak waktu. Anda harus memperhitungkan waktu tempuh perjalanan, kemacetan atau antrian tiket di loket. Karena saat itu berbagai suporter akan hadir secara besar-besaran dengan segala perlengkapan untuk menyemangati tim kesayangannya. Interaksi sosial antar suporter pun terjalin, meskipun kadang terjadi gesekan yang tak diinginkan.

Dimanapun anda menikmati suguhan pertandingan bola Indonesia, maka hal yang paling menonjol akan karakter masyarakat kita adalah kebersamaannya. Dalam setiap kegiatan nonton bareng, maka seluruh kampung dan warung kopi atau kafe dipenuhi penonton, yang meski tak saling kenal namun kebersamaan dapat dilihat dari interaksi yang terjadi di antara penonton bareng tersebut, bahkan jadwal bola Indonesia terpampang besar di arena nonton bareng.

2 komentar: