Bagaimana Cara Menghitung Berat Badan Yang Ideal?


Berat badan yang tergolong ideal memiliki berbagai kelebihan. Selain bisa tampil lebih menawan lagi, dengan berat badan ideal maka tentunya bisa membuat kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Dengan begitu, maka kita bisa lebih sehat lagi. Anda tentunya juga harus tahu cara menghitung berat badan ideal. Bagi Anda semua yang ingin tahu lebih tentang metode mudah hitung info berat badan yang ideal, Anda dapat langsung saja menyimak info di bawah ini. Pastinya kita semua lebih baik mengetahui metode mudah hitung info berat badan yang ideal ini. Hal tersebut dikarenakan supaya kita bisa dimudahkan jika ingin tahu berat badannya termasuk bobot ideal atau tidak. Jika berat badan berlebih atau yang biasa disebut dengan obesitas, maka akan membuat tubuh kita rentan terserng berbagai macam penyakit. Bahkan penyakit tersebut bisa saja merupakan penyakit yang berbahaya yaitu seperti penyakit jantung, ginjal atau paru-paru.


Rumus Menghitung Berat Badan Yang Ideal
Terdapat salah satu rumus yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui info bobot badan Anda yang tergolong ideal. Rumus tersebut yaitu

BBI ( Berat Badan Ideal )= ( Tinggi Badan - 100 ) x 90 %

Berikut ini akan dijelaskan contoh kasus pengunaan rumus penghitung bobot badan Anda yang tergolong ideal satu ini agar lebih jelas lagi. Dengan contoh kasus, tentunya Anda bisa lebih paham bobot berat badan Anda yang tergolong ideal satu ini. Misalnya saja, Anda harus tahu bobot berat badan Anda yang tinggi badannya 155 cm. Untuk penyelesaian cukup mudah yaitu dengan memakai rumus penghitung bobot berat badan ideal di atas lalu hitung hasil berat badan yang idealnya dengan cukup memasukkan angka berupa tinggi badan Anda. Selanjutnya hasilnya yaitu sebagai berikut:

BBI = ( 155 - 100 ) x 90 %, Anda harus menyelesaikan hasil hitung yang terdapat di dalam kurung dahulu tentunya. Hasilnya yaitu ( 55 x 90 % ). Dengan begitu, maka hasil perhitungan akhirnya yaitu 49,5 kg. Jadi dapat disimpulkan bahwa bobot berat badan ideal Anda dengan tinggi 155 cm yaitu 49,5 kg.

Dengan begitu, kalau Anda berat badannya 10 atau 20 persen lebih besar dari 49,5 kg maka Anda tidak tergolong memiliki bobot berat badan ideal dan bahkan bisa dibilang gemuk. Hal tersebut dikarenakan Anda mempunyai berat badan yang lebih besar dibandingkan bobot berat badan ideal seharusnya yang Anda miliki.

Bahkan kalau berat badan Anda lebih besar dari 20 %, maka dapat dibilang Anda tidak hanya tidak tergolong bobot berat badan ideal tetapi mempunyai berat badan yang berlebih atau obesitas. Sama halnya dengan sebaliknya, kalau berat badan Anda 10 atau 20 persen lebih kecil dari angka 49,5 kg tersebut, maka Anda juga tidak termasuk bobot berat badan ideal tetapi termasuk kurus.

Disamping hal tersebut, Anda lebih baik segera mengontrol berat badan Anda dengan konsumsi asupan makanan secara teratur. Kalau memang terlalu kurus, Anda bisa mengonsumsi lebih banyak makanan. Sedangkan kalau Anda tergolong gemuk, maka bisa mengurangi makanan terutama saat malam hari.Sekian saja ulasan metode mudah hitung info berat badan yang ideal kali ini yang lebih baik diketahui oleh Anda semua khususnya untuk mereka yang ingin tahu berat badannya termasuk bobot ideal atau tidak. Dengan bahasan di atas, maka Anda bisa semakin mengerti metode mudah hitung info berat badan yang ideal.

0 komentar

Post a Comment