4 Cara Mudah Membedakan Kopi Luwak Palsu



Pagi yang indah, semoga penuh dengan berkah. Tidak ada salahnya mengawali hari yang cerah ini dengan secangkir kopi luwak yang nikmat. Tapi bukankah kopi itu tidak bagus untuk perut yang masih kosong? Kata siapa, kopi asli apalagi kopi luwak tetap aman di minum meski dalam kondisi perut kosong. Asalkan tidak berlebihan. Dengan catatan juga, yang anda minum adalah kopi luwak yang asli. bukan kopi luwak instan yang dikemas dalam sachet seharga seribu rupiah.

Lho bukanya yang dikemas dalam sachet kopi instan itu juga diberi nama kopi luwak ya? Yups namanya memang kopi luwak, tetapi isinya adalah kopi biasa, bukan kopi luwak (non luwak) alias kopi reguler. Yang tertulis itu hanya nama produknya saja, untuk memasarkan produk. Cuma sebatas itu.

Lagi pula mana mungkin kopi luwak dijual dengan harga semurah itu. kopi luwak memilki harga yang lumayan mahal kawan. Biasanya untuk ukuran 100 gram bisa dijual dari seratus ribu hingga dua ratus ribu, bandingkan dengan kopi instan biasa yang harganya Cuma seribu rupiah.

Nah bila kamu ingin tahu bagaimana cara membedakan kopi luwak dengan kopi luwak palsu alias kopi biasa? Berikut beberapa perbedaan yang sangat mencolok.

1. Dari aromanya
Kita bisa mengidentifikasi apakah kopi tersebut kopi luwak asli atau palsu dari aromanya. Aroma kopi luwak berbeda dengan kopi biasa atau kopi reguler atau non luwak. Kopi luwak memiliki aroma yang lebih pekat. Bahkan aromanya bisa terasa sejak pertama kali kamu taungkan air panas ke dalam kopi. Kopi luwak langsung memenuhi ruangan dan menyengat aromanya.

Pada kopi luwak yang diperoleh dari luwak pandan akan menghasilkan aroma seperti daun pandan. Beda dengan kopi luwak dari luwak bulan. Jadi aroma biji kopi luwak dengan kopi biasa berbeda. Baik masih dalam bentuk biji kopi maupun ketika telah diseduh.

2. Kopi luwak asli gak ada yang berbentuk kopi instan
Yang pasti kopi luwak asli tidak ada yang dikemas dalam kemasan instan. Kecuali bila nanti ada produsen yang memutuskan membuat kopi luwak instan. Tetapi sejauh ini, mengemas kopi luwak secara instan akan mengurangi cita rasa kenikmata kopi luwak.

Kalau yang dikemas secara instan dengan mena kopi luwak, itu bukanlah kopi luwak yang sebenarnya. Paling kandunga kopi luwaknya hanya satu persen saja.

3. Dari Harganya
Berikutnya yang bisa kita gunakan untuk membedakan mana kopi luwak asli dengan kopi luwak palsu terletak pada harga. kopi luwak asli tidak ada yang dijual dengan harga murah, apalagi seribuan.

Kopi luwak asli karena memiliki proses yang panjang dan lama untuk mendapatkanya, ditambah dengan cita rasa yang mantap, menjadikan kopi luwak memiliki harga yang mahal. Biasanya di jual 100-200 ribu tiap seratus gram.

4. Dari bentuknya
Kopi luwak asli memiliki bentuk berbeda dengan kopi luwak palsu terutama bila masih dalam bentuk biji kopi. Pada biji kopi luwak warnanya kehijauan, sementara biji kopi reguler memiliki warna yang tidak seragam, ada yang putih dan kecoklatan. Lalu juga bentuk biji kopi luwak lebih seragam, dan tidak ada yang tidak rapi. Misalnya berlubang. Biji kopi luwak juga punya belahan yang lebih besar dibanding dengan kopi biasa.

Nah itulah yang membedakan kopi luwak asli dengan kopi luwak palsu, alias namanya saja yang kopi luwak. Tapi sebenarnya bukan.

0 komentar

Post a Comment