Cara Membuat Blog Top Level Domain, Cukup 5 Langkah Saja - Anwariz.com Sahabat Inspirasi Indonesia

Cari aja disini

Cara Membuat Blog Top Level Domain, Cukup 5 Langkah Saja


Di jaman yang serba online seperti sekarang ini, blog dan website menempati posisi yang sangat penting. Tidak hanya untuk menyebarkan berita dan informasi secara online, website juga dimanfaatkan sebagai sarana branding sebuah perusahaan dan usaha. Bahkan hampir segala portofolio usaha tidak lengkap rasanya tanpa melibatkan sebuah website.

Tingginya kebutuhan website, menjadikan banyak orang menawarkan jasa pembuatan website. Padahal untuk membuat website sangatlah gampang. Hanya dalah beberapa menit saja, website bisa langsung meluncur di search engine. tak percaya? Berikut cara membuat blog menggunakan Top Level Domain (TLD) dan Self Hosted.

Cara Membuat Blog / Website
Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk bisa membuat website menggunakan TLD dan Self Hosted. Langka-langkah tersebut terdiri dari menentukan platform website, menentukan nama domain dan hosting, membeli domain dan hosting, melakukan istalasi website dan mengatur website biar keren. Tanpa bicara panjang lebar, mari kita mulai dari yang pertama.
  1. Tentukan Platform
Untuk membuat blog, sebenarnya kita itu harus menentukan platform yang akan digunakan. Kalau mau buat platform sendiri juga bisa. Hanya saja kamu harus pandai main code HTML, CSS, PHP dan lainya. Jadi lebih enak kalau pake platform yang sudah ada saja.

Beberapa platform yang bisa kamu gunakan misalnya wordpress dan blogger. Hanya saja, berdasarkan data dari BuiltWith dan W3Techs. Platform yang paling banyak digunakan untuk membuat website diseluruh dunia saat ini adalah WordPress sebanyak 53%, Joomla 5%, dan Drupal 2% pengguna.

Jadi saya sarankan, kamu juga menggunakan wordpress saja. Mengapa? Sebab wordpress bisa kamu download secara gratis, mudah digunakan, responsive (bisa digunakan di berbagai perangkat, baik tablet, mobile, maupun desktop),     punya dukungan komunitas yang besar dan powerfull (artinya bisa untuk berbagai jenis website mulai dari blog personal hingga website perusahaan).
Karena alasan itu juga, pada kesempatan kali ini saya juga akan menggunakan Wordpress sebagai platform pembuatan website.
  1. Tentukan Nama Domain dan Hosting
Setelah menentukan platform yang akan digunakan, selanjutnya tentukan domain dan hostingnya. Oh ya buat kamu yang belum tahu, domain itu sebuah alamat website, misalnya niagahoster.co.id, cinta.com, namawebsiteterbaik.net dan lain sebagainya. Sedangkan hosting tempat menyimpan file yang ada di alamat blog kita. Mudahnya, kalau di dunia nyata, hosting itu semacam tanah.

Domain itu ada yang berbayar atau yang disebut TLD (Top Level Domain) dan ada pula yang gratisan. Yang gratisan biasanya seperti ini, cinta.blogspot.com, contoh.wordpress.com dan lain-lain.
Lalu mengapa harus memilih yang berbayar kalau ada yang gratisan? Sebab yang gratisan itu tidak keren. Itu salah satu alasanya, tapi alasan yang lebih utama adalah bila kita menggunakan top level domain, kita bisa membuat nama blog sesuai yang kita inginkan. Misalnya saja namausaha.com, namausaha.net dan lainya. Tentu lebih keren bila dibanding dengan namausaha.wordpress.com.

Saran saya, pilihlah nama domain yang sesuai dengan usaha yang kamu jalani. Atau bisa juga menggunakan nama kamu saja. Hanya saja, setelah menemukan nama, kamu harus pastikan bahwa nama yang kamu inginkan belum didaftarkan oleh orang lain. Jika sudah, maka kamu harus mengganti dengan nama yang lain. Untuk memastikan apakah nama domain yang kamu inginkan sudah digunakan oleh orang lain atau belum, kamu bisa coba cek di niagahoster.co.id

Harga sewa domain setiap tahun berbeda-beda, tergantung nama yang kamu pilih. Misalnya kamu memilih .com, tentu berbeda dengan .net, berbeda pula dengan .shop dan lainya. tapi biasanya ada pada kisaran 100 ribuan. Kalau ada harga di bawah seratus ribu, biasanya hanyalah harga promo, dan pada biaya perpanjangan, pasti lebih mahal.

Setelah menentukan nama domain yang sesuai dengan keinginan kamu, selanjutnya adalah menentukan hosting. Hosting adalah ruang yang akan kamu gunakan untuk menyimpan data kamu. Diberbagai web penyedia hosting biasanya menyediakan paket berdasarkan besar kecilnya ruang. Saran saya, kamu perhatikan hal berikut sebelum membeli hosting:
  • Kualitas performa server
  • Harga terjangkau dan unlimited
  • Garansi uang kembali
  • Fitur keamanan
  • Customer Support 24 jam dan berkualitas
  • Review pelanggan
Selain beberapa hal di atas, kamu juga harus memperhatikan kebutuhan kamu. kamu butuhnya berapa banyak ruang. Semakin banyak ruang biasanya semakin mahal. Jadi saran saya, belilah yang sesuai dengan kebutuhan kamu saja. Toh nanti ketika kamu kekurangan ruang, kamu bisa melakukan upgrade. Tentu ini lebih hemat ketimbang kamu beli hosting banyak tetapi tidak terpakai.
Untuk harga sewa hosting biasanya ada yang bulanan, empat bulanan, tahunan dan lainya. tapi makin lama kamu sewa, biasanya semakin murah.


  1. Order Hosting dan Domain
Setelah kamu menentukan domain dan hosting sesuai dengan kebutuhan kamu, saatnya melakukan order hosting dan domain. Kamu bisa pesan hosting dan domain di web hosting house, di internet ada banyak sekali yang menyediakan. Sebagai contoh, saya akan pesan hosting dan domain dari niagahoster.co.id. Kebetulan dengan pesan hosting disini, gratis domain. Jadi saya tidak perlu lagi beli domain.

Untuk beli hosting di niagahoster, ada beberapa langkah yang harus kita lakukan:
  • Buka webbrowser lalu mengetikkan Niagahoster.co.id
  • Setelah itu, tinggal pilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan kita. paket hosting di niagahoster ada 3, personal, premium dan bisnis. Hanya paket personal saja yang tidak gratis domain, sementara dua lainya gratis domain.
  • Selanjutnya, tentukan durasi sewa kamu. kamu bisa pilih tiap bulan, tiap tahun, atau lainya. Makin  lama kamu order, makin murah juga harganya.
  • Silakan masukkan nama domai yang kamu inginkan. Jika domain sudah ketemu, silakan masukkan ke tambah cart.
  • Baru setelah itu, kamu akan mendapatkan rincian berapa yang harus kamu bayar dari domain dan hosting yang kamu pesan. Lalu klik tautan Lanjut Ke Checkout.
  • Jika kamu pengguna baru, silakan tekan tombol selanjutnya kalau kamu sudah punya akun di Niagahoster, silakan login menggunakan akun kamu.
  • Baru setelah itu lanjutkan ke cara pembayaran dan lakukan pembayaran.
  1. Lakukan Instalasi Blog / Website
Setelah domain dan hosting kamu teregistrasi, tentu saja setelah kamu bayar. Saatnya membuat blog. Pertama-tama kamu harus melakukan instalasi wordpress. Caranya:
  • Silakan login ke cPanel dengan cara menggetikkan url http://namadomainanda.com/cpanel (ingat, namadomainanda.com harus sesuai dengan nama domain yang kamu pesan tadi),
  • Setelah itu, login dengan user dan password yang kamu dapatkan dari niagahoster. Baru lanjutkan dengan klik menu berlogo WordPress.
  • Lanjutkan dengan klik tombol Install Now
  • Pada kolom Choose Domain, silakan kamu pilih nama domain kamu.
  • Setelah itu, lanjutkan dengan melengkapi semua data yang diminta.
  • Lalu isi username, password dan alamat email aktif kamu. baru setelah itu, klik tombol Install untuk memulai instalasi WordPress.
  1. Mengatur Tampilan Blog
Jika proses instalasi selesai, maka sebenarnya blog yang kamu buat telah jadi. Tapi kamu perlu melakukan setting biar makin bagus tampilanya. Beberapa setting yang perlu kamu lakukan adalah ganti template wordpress, ubah permalink, buat halaman baru, dan melakukan posting.

Nah itu dia cara membuat blog yang mudah dan cepat. Jika Anda ingin lebih mudah dalam membuat sebuah blog. Pastikan domain dan hosting yang Anda gunakan dalam satu tempat penyedia hosting. Misalnya saja di NiagaHoster yang memberikan gratis top level domain jika menggunakan hosting disana. Asik kan?

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya:

1. Silakan berikan komentar terbaik Anda.
2. Saran & Kritik akan saya terima dengan lapang dada (bukan lapang bola, yaa) sebagai bentuk evaluasi konten blog ini.
3. Dilarang menyertakan LINK hidup atau mati.
4. Jika Anda tidak terima, silakan mengajukan 'banding'!!