4 Cara Yang Bisa Dilakukan Orangtua Agar Anaknya Tidak Suka Jajan - Anwariz.com Sahabat Inspirasi Indonesia

Cari aja disini

4 Cara Yang Bisa Dilakukan Orangtua Agar Anaknya Tidak Suka Jajan


Suka jajan merupakan salah satu kebiasaan kurang baik yang biasanya akan dialami seorang anak pada masa tumbuh kembangnya. Kebiasaan suka jajan ini tentunya menjadi masalah untuk para orangtua sehingga orangtua ini harus bisa bersikap sabar didalam menghadapi kebiasan buruk dari anaknya itu. Salah satu kekhwatiran para orangtua ketika anaknya suka jajan adalah anak akan lebih menyukai untuk menikmati makanan yang berada diluar daripada makanan yang disediakan di rumah.

Makanan yang dijual di luar itu belum tentu terjaga kehigienisannya sehingga ini dapat membuat para orangtua khawatir jika akan berpengaruh terhadap kesehatan anaknya. Anak suka jajan itu adalah sesuatu hal yang wajar karena dengan jajan ini anak dapat menemukan beraneka ragam jenis makanan. Tetapi sebagai orangtua itu sebaiknya bisa membatasi agar anaknya itu tidak jajan secara berlebihan. Apa yang sebaiknya dilakukan orangtua sebagai cara membuat anak agar tidak suka jajan? 4 cara yang bisa dilakukan orangtua agar anaknya tidak suka jajan diantaranya yaitu :
  • Memberikan Uang Saku Tidak Terlalu Banyak
Agar anak tidak memiliki kebiasan jajan secara berlebihan maka sebaiknya orangtua ini memberikan uang saku yang tidak banyak kepada anaknya. Ketika anak tidak memiliki uang saku yang banyak sehingga nantinya anak ini akan mempunyai rasa jika dirinya tidak bisa membeli segala jajajan yang dia inginkan.

  • Memastikan Anak Telah Makan Dengan Cukup
Orangtua juga sebaiknya memastikan jika anaknya sudah makan dengan cukup. Hal ini harus dilakukan orangtua karena ketika anak sudah merasa kenyang maka nantinya anak tidak akan merasa lapar sehingga anak tidak niat untuk membeli jajanan. Meski anak ini punya uang tetapi ketika perutnya masih kenyang maka tentunya tidak akan melakukan jajan.

  • Membiasakan Anak Untuk Membawa Bekal Dari Rumah
Terkadang seorang anak mempunyai sebuah kegiatan yang mengharuskan dirinya untuk berada diluar rumah dengan waktu yang cukup lama. Sehingga untuk menghindari anak agar tidak jajan secara berlebihan maka sebaiknya para orangtua membekali anaknya itu makanan dari rumah sehingga anak juga akan terjaga dari mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

  • Membuat Makanan Kesukaannya Di Rumah
Penyebab anak lebih menyukai makanan yang ada di luar salah satunya adalah karena anak tidak menyukai dengan makanan yang telah disiapkan oleh orangtuanya. Sehingga orangtua ini sebaiknya mulai memperhatikan tentang makanan apa yang disukai oleh anaknya dan mulailah untuk membuatnya sendiri di rumah.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya:

1. Silakan berikan komentar terbaik Anda.
2. Saran & Kritik akan saya terima dengan lapang dada (bukan lapang bola, yaa) sebagai bentuk evaluasi konten blog ini.
3. Dilarang menyertakan LINK hidup atau mati.
4. Jika Anda tidak terima, silakan mengajukan 'banding'!!