Thursday, July 13, 2017

Cara Kerja Wifi Direct Secara Lengkap

Jika teman-teman masih bingung dengan apa itu wifi direct beserta cara kerjanya, maka artikel ini cocok banget untuk kamu baca. Karena di artikel ini akan saya jelaskan secara padat dan singkat mengenai wifi direct. Sekarang ini banyak sekali perangkat elektronik yang mulai menerapkan teknologi wifi direct, salah satunya adalah smartphone.
Keberadaan wifi direct memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dari Bluetooth yaitu memungkinkan dua buah perangkat untuk saling terhubung secara langsung dengan konsep peer-to-peer tanpa memerlukan router nirkabel atau jaringan internet.
Berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai apa itu wifi direct dan bagaimana cara kerjanya.
Wifi direct sudah banyak sekali diterapkan pada sebuah perangkat. Dan mungkin salah satu perangkat tersebut sudah kamu miliki. Seperti misalnya pada sebuah perangkat yang bernama Roku 3. Kehadiran roku 3 tidak menggunakan koneksi Bluetooth atau blaster IR lama, tetapi lebih memilih untuk menggunakan wifi direct dalam mengkomunikasikannyan denga remote control. Padahal secara fungsi wifi direct dan Bluetooth memilik fungsi yang sama yaitu untuk saling menghubungkan antar perangkat satu sama lain yang kemudian digunakan untuk mentransfer data. Namun wifi direct dirasa memiliki keunggulan yang lebih baik dari pada Bluetooth, sehingga tidak salah jika perangkat seperti roku 3 lebih memilih wifi direct dari pada Bluetooth.
Wifi direct mampu bekerja dengan baik pada perangkat yang menggunakan beberapa standar yang mampu menyelesaikan fungsi-fungsi wifi direct. Teknologi yang digunakan wifi direct sama dengan teknologi wifi yang menggunakan router nirkable untuk berkomunikasi. Namun wifi direct sudah didesign sedemikian rupa sehingga mampu memperluas fitur penemuan dan penyapan secara lebih mudah. Pada wifi direct juga terdapat fungsi wifi direct device dan service discovery, fungsi tersebut mempermudah wifi direct dalam mencari dan menemukan perangkat yang sebelumnya belum terhubung satu sama lain. Kemudian ada juga fungsi wifi protected setup, dimana fungsi tersebut berguna ketika dua perangkat yang saling terhubung, maka secara otomatis perangkat tersebut terkoneksi melalui wifi protected setup sehingga lebih aman. Dan yang terakhir adalah fungsi wpa2, fungsi ini berguna untuk mengkripsi wifi sehingga sangat aman.
Mungkin itu saja beberapa penjelasan mengenai apa itu wifi direct dan cara kerjanya yang bisa saya share kepada teman-teman. Dengan membaca artikel ini, semoga bisa membantu teman-teman yang belum kenal dengan wifi direct.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner