ISTILAH PENTING SEPUTAR BLOGGER YANG PERLU ANDA KETAHUI

istilah dalam blogging
Istilah Penting Seputar Blog via teknoologia.com

Dalam dunia blogging ada beberapa istilah penting yang harus Anda fahami sebelum membuat sebuah blog baru agar lebih mudah saat mengelola blog kedepannya. Istilah penting berkaitan dengan blog tersebut diantaranya:

1. Blog

Sebuah blog adalah jenis situs web yang diperbaharui secara teratur dan sering, dengan konten tentang hampir segala sesuatu. Blog biasanya lebih mudah untuk mempertahankanya daripada sebuah situs web pada umumnya dan blog secara nyata mendapatkan lebih banyak lalu lintas juga. Blogger, TypePad dan WordPress adalah platform blogging yang popular (semacam sistem operasi blog) dimana anda dapat membangun dan menghosting blog Anda dengan gratis.

2. Posting

Sebuah posting adalah sebuah artikel atau entri jurnal, Anda akan menulis dan mempublikasikan ke blog Anda. Hal ini dapat berisi teks, gambar, video, hyperlink, dan media lainnya. Jika Anda dapat menggunakan pengolah kata atau menulis email, Anda dapat membuat posting! Seperti di kebanyakan program pengolah kata, Anda bahkan dapat melakukan beberapa format teks (tebal, miring, mengubah font, ukuran font, dan alignment) dengan menggunakan toolbar.

3. Halaman

Sebuah halaman pada dasarnya adalah sebuah posting tetapi dengan satu perbedaan utama (dalam hal ini kita hanya berbicara terminologi). Perbedaannya adalah bahwa ketika Anda memposting sesuatu yang baru untuk blog Anda, orang-orang yang berlangganan (atau mengikuti) blog Anda akan menerima pembaharuan, tapi itu tidak terjadi ketika Anda membuat atau memodifikasi halaman.

4. Widget

Sebuah widget atau gadget hanyalah nama lain untuk item atau elemen yang Anda tambahkan ke blog Anda, paling sering di sidebar. Gadget populer adalah link langganan (yang memungkinkan orang untuk berlangganan ke blog Anda), link ke situs favorit, gambar, atau informasi kontak.

5. HTML

HTML (HyperText Markup Language) adalah bahasa yang digunakan untuk membangun situs web, dan Anda dapat menggunakannya untuk memformat blog Anda. HTML adalah bahasa khusus yang memungkinkan blog Anda untuk dibaca oleh semua browser web yang berbeda (seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, atau Safari untuk Mac).

6. CSS

Seperti HTML, CSS (Cascading Style Sheets) adalah bahasa yang dapat dibaca oleh web browser, tetapi dirancang khusus untuk posting memformat, halaman, dan tata letak blog secara keseluruhan. Demikian beberapa istilah penting seputar blog yang harus Anda ketahui sebelum membuat blog. 

2 komentar:

  1. Blognya mantap bang.. Terimakasih atas informasinya. Sekarang jadi lebih tau akan istilah dalam dunia blogging. Salam kenal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke gan.. Thanks atas kunjungannya.. Selamat menyimak konten di Mitra Google Indonesia

      Delete