Tips Puasa Sehat Bagi Penderita Penyakit Maag

agar puasa lancar bagi pendertita sakit maag
Puasa Sehat Bagi Penderita Maag

Hai Ladies, bagaimana puasanya hari ini? Walaupun sedang menjalankan ibadah puasa, tetap semangat menjalankan aktivitasnya yah. Semua orang dapat menjalankan ibadah puasa, namun tidak semua dapat menjalankan ibadah puasa tersebut dengan tetap sehat. Seringkali beberapa diantaranya mengalami keluhan di awal bulan puasa ini. Salah satunya adalah keluhan yang dialami oleh mereka yang mengidap penyakit gastritis atau lebih trend dengan sebutan maag.  Apakah salah satu dari ladies suka merasa mual, perih, kembung, perut terasa penuh, serta merasa tidak enak pada perut bagian kiri? Jika iya, maka tidak diragukan lagi bahwa penyakit maag yang diderita kambuh lagi. Penyakit yang sering diderita oleh kebanyakan kaum perempuan ini merupakan peradangan pada dinding lambung akibat dari produksi asam lambung yang berlebih. Langsung tidur setelah makan sahur adalah salah satu yang menyebabkan produksi asam lambung lebih meningkat ketika berpuasa. Nah looh... Mau tetap nyaman berpuasa meski punya penyakit maag? 
tips sehat berpuasa anda yang sakit maag
Puasa Lancar Bagi Pendertita Maag
  1. Bagi kamu penderita maag jangan coba-coba deh langsung mengkonsumsi makanan berat dalam jumlah yang banyak saat berbuka puasa. Setelah seharian menahan lapar, perut kita yang kosong akan kesulitan mencerna makanan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Lambung kita harus menyesuaikan terlebih dahulu. Makanlah dahulu makanan ringan kemudian makan makanan berat dengan porsi yang sedikit namun sering. Jangan makan banyak sekaligus. Hal ini akan memperparah kondisi lambung. Perut kita akan terasa tidak nyaman dan perih.
  2. Hindari beberapa makanan yang dapat membuat maag mu kumat. Makanan dan minuman yang wajib dihindari ketika berbuka diantaranya makanan yang pedas, gorengan, makanan yang mengandung asam, makanan atau minuman yang banyak mengandung gula, teh, rokok, dan kopi. Makanan yang disebutkan tadi dapat memicu produksi asam lambung yang berlebih. Seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah, beliau cukup memakan tiga buah kurma saat berbuka. Maka tiga buah kurma ini sangat dianjurkan dikonsumsi ketika ta’jil. Berbuka puasa memang dianjurkan dengan yang manis-manis, tapi bukan berarti mengkonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung gula yah. Ingat, makan dengan porsi yang kecil namun sering. Setelah ta’jil ladies bisa melaksanaka sholat maghrib terlebih dahulu kemudian makan makanan berat dengan porsi kecil. Setelah itu melakukan sholat tarawih dan kembali makan dengan porsi kecil lagi.
  3. Konsumsi makanan sehat yang dapat mencegah maag mu kumat. Beberapa makanan yang dianjurkan bagi penderita maag saat berbuka dan sahur diantaranya makanan  yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi, roti gandum, kentang, dan sebagainya; makanan yang mengandung protein nabati seperti kacang-kacangan, almond bisa jadi pilihan yang tepat; dan buah-buahan segar yang tidak mengandung asam seperti pisang. Dianjurkan pula minum segelas susu putih saat sahur.
  4. Banyak mengkonsumsi air putih dan jus buah yang tidak mengandung asam. Pada saat berpuasa, tubuh kita yang tidak diisi oleh asupan makanan selama berjam-jam tidak boleh sampai kekurangan cairan atau dehidrasi. Maka minumlah air putih 8 gelas sehari saat berbuka dan sahur.
  5. Lakukanlah olahraga ringan seperti jogging, jalan santai, jalan cepat, senam, atau olahraga aerobik lainnya selama 15-30 menit setiap hari.
  6. Bila perlu, konsumsi obat maag saat sahur dan menjelang tidur.  
    Image source by Flickr dan Pedomansholat.blogspot.com

0 komentar

Post a Comment