7 Amalan Sunnah Bulan Ramadhan yang Dianjurkan Rassululloh SAW

amalan bulan ramadhan yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW
7 Amalan Sunnah Bulan Ramadhan
ANWARIZ.com | Amalan Sunnah di Bulan Suci Ramadhan. Sudah menjadi keharusan bagi umat muslim yang beriman untuk mengetahui beberapa amalan yg dianjurkan agar dilaksanakan di Bulan Suci Ramadhan. Beberapa amalan nantinya akan menjadi bekal ke akhirat kelak, apalagi melakukan amalan di bulan penuh berkah ini pahalanya akan berlipatganda. Selain berpuasa yang memang sudah menjadi hal yang wajib, Beberapa amalan berikut ini juga akan baik jika turut dilaksanakan, guna menyemarakkan suasana di Bulan Ramadhan sehingga terasa lebih indah. Amalan atau kegiatan keagagamaan tersebut akan semakin menambah keimanan dan kekhusyukkan di Bulan Ramadhan.

Pada dasarnya amalan ini tidak diwajibkan untuk dilaksanakan, namun Rasulullah SAW menganjurkan agar seluruh umat islam bisa melaksanakannya secara konsisten. Sebab hal demikian menjadi kesempatan guna meninggikan tingkat keimanan dan ketaqwaan Anda. Bahkan hal ini juga bisa menjadi jalan untuk menggapai ridho dari Allah SWT. Langsung saja berikut ini  7 Amalan Sunnah Bulan Suci Ramadhan dianjurkan Rasulullah SAW 
Amalan Pertama, Perbanyak Tadarus Al-Qur’an
Memerbanyak membaca (tadarus) Al Qur’an juga merupakan kegiatan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, Apalagi amalan tersebut dijalankan saat bulan Ramadhan. Oleh karena itu memperbanyak bacaan Al Quran di bulan ramadhan juga merupakan kegiatan yang sangat mulia, Dan isilah waktu luang anda dengan memperbanyak bacaan Al Quran. Sehingga di bulan yang penuh berkah tersebut, Dapat meningkatkan ketaqwaan dan keimanan anda.

Amalan Kedua, Memperbanyak I’tikaf di Mesjid
I'tikaf menurut istilah syar’i adalah berdiam diri di masjid untuk beribadah kepada Allah SWT, Memang amalan yang dianjurkan di bulan suci ramadhan. Tentunya hal demikian bisa menjadikan anda terhindar dari perkara maksiat dan meningkatkan keimanan anda. Sehingga aktifitas yang anda kerjakan di bulan suci ramadhan tidaklah sia-sia. Anjuran tersebut berdasarkan hadits nabi yang telah diriwayatkan oleh Muttafaqun alaih dari Aisyah RA.

Amalan Ketiga, Shalat Tarawih Berjamaah
Sholat tarawih memang suatu ibadah sunnah yang kebanyakan orang muslim menjalankannya, Namun mendirikan sholat tarawih dengan berjamaah adalah salah satu anjuran rasulullah SAW kepada seluruh umat muslim. Yang mana anjuran tersebut berdasarkan hadits nabi yang diriwayatkan oleh Muttafaqun alaih dari Aisyah RA.


Terkait: 7 Keistimewaan Bulan Ramadhan

Amalan Keempat, Menghidupkan Malam Lailatul Qadar

Sudah banyak dikatakan bahwa malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan, baik itu lewat syair lagu maupun cerawah Ustadz dan Ustadzah. Berdasarkan keterangan paling kuat mengatakan bahwa Lailatul Qadar terdapat pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan, tepatnya pada malam ganjil. Dan pada malam-malam tersebut alangkah baiknya jika diisi dengan kegiatan yang bermanfaat seperti I’tikaf, perbanyak do’a, mengerjakan sholat malam dan membaca Al-Qur'an.

Amalan Kelima, Memperbanyak sedekah
Sedekah merupakan salah satu amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, Dimana menyedekahkan sebagian harta yang anda miliki memang suatu hal yang mulia. Karena dengan demikian, Rizki yang anda sedekahkan di bulan suci ramadhan, Mendapat balasan yang berlipat ganda di sisi Allah SWT. Bersedekah atau memberikan sesuatu haruslah disertai niat yang tulus dan hati dalam keadaan ikhlas. Dan anjuran Rasulullah SAW agar umat muslim memperbanyak sedekah terutama di bulan suci ramadhan, Berdasarkan sabda beliau yang telah diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Ibnu Abbas RA.

Amalan Keenam, Pergi Umroh ke Tanah Suci

Rassul menganjurkan untuk melaksanakan ibadah umroh di bulan suci Ramadhan. Sebab pahala ibadah umroh di bulan Ramadhan, setara dengan pahala melaksanakan ibadah haji dibulan biasa. Sebaiknya jika anda mampu maka bersegeralah melaksanakan ibadah umroh saat bulan suci Ramadhan. 

Baca juga artikel berikut: Aneka Menu Pilihan Berbuka Puasa

Amalan Ketujuh, Memperbanyak Istighfar diakhir Ramadhan
Memohonkan pengampuanan pada malam akhir Ramadhan juga salah satu amalan yang sangat dianjurkan dan sangat penting untuk dalakukan. Apa sebabnya? Sebab pada malam tersebut akan memberi banyak pengampunan bagi setiap dosa-dosa hamba Allah SWT yang memohon ampunanNya. Yang demikian ini sesuai dengan hadits Nabi yang telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Al-Bazzar dan Baihaqi

Demikianlah 7 Amalah Sunnah Bulan Suci Ramadhan yang dianjurkan Rassullulloh SAW agar senantiasa didawamkan oleh umat muslim yang mengharapkan berkah berlimpah di bulan penuh ampunan serta berjuta kebaikan. Semoga Ramadhan kali ini menjadi Ramadhan terbaik yang pernah kita singgahi karena belum tentu kita berjumapa lagi dengan Ramadhan tahun depan. Salam senyum!!

2 komentar:

  1. Nice info... Blognya bagus !

    ReplyDelete
  2. Terimakasih gan.. Thanks juga sudah berkunjung ke blog sederhana ini. :)

    ReplyDelete