Jurus Jitu Buka Usaha Clothing Distro

Kiat Jitu Buka Bisnis Distro Unik Bandung

ANWARIZ | Siapa sih yang gak kenal dengan jenis usaha unik distro? Gak sedikit yang minat juga kan? Sebagai sampel lihat penampakan desain pakaian diatas. Menarik bukan? Right... Bisnis kaos distro memang mengjanjikan dan menggiurkan bahkan menguntungkan. Target pasarnya lebih ke kaum muda yang ingin tampil berbeda, harganyapun cukup terjangkau untuk hasil kualitas istimewa.

Tetapi sebelum Anda memulai usaha di bisnis baju distro, Anda harus tahu tahap-tahapnya. Jangan terburu-buru untuk “Terjun” di jenis bisnis ini tanpa persiapan yang matang. Tampaknya memang sederhana , namun ada beberapa hal spesifik yang harus Anda siapkan dan Anda lakukan saat Anda mau memulai usaha clothing distro.

Right, pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit berbagi dengan Anda mengenai bagaimana cara dan langkah membuka usaha bisnis baju distro. Langsung saya mulai saja, ada sedikitnya tujuh poin yang harus menjadi perhatian Anda sebelum benar-benar menggeluti usaha ini, diantaranya;

Pertama, Ciptakan Tema Unik

Anda masuk ke bisnis kaos distro, Anda harus siap punya konsep yang unik. Mengapa? Karena salah satu karakter khas dari pasar bisnis distro adalah perilaku konsumen yang mencari keunikan. Mereka selalu mencari sesuatu yang berbeda. Namanya juga anak muda. Jadi untuk menjadi “bintang baru” dalam bisnis baju distro ini, Anda harus menemukan tema yang khas dan menjual namun cukup berpotensi untuk Anda jalani. Ada banyak tema yang bisa Anda pilih.  Mulai dari etnik, sporty, sosial, sampai otomotif.

Kedua, Pilih Konsep Bisnis Tepat

Langkah selanjutnya adalah Anda harus menentukan : pilih jadi reseller atau pilih produksi sendiri. Masing-masingnya memiliki kelebihan tersendiri. Kalau Anda memilih jadi reseller atau agen, Anda tidak lagi dipusingkan dengan masalah produksi. Tetapi ingat, Anda harus memastikan bahwa supplier Anda adalah produsen kaos distro yang terpercaya, khususnya dari sisi etika bisnis, stok barang dan kualitas produk. Sedangkan bila Anda tertarik untuk produksi sendiri, Anda harus menyiapkan segala peralatan produksi dan tenaga ahlinya seperti print digital, alat sablon, desainer sampai bahan baku. Yang jelas, prosesnya lebih rumit. Tetapi Anda bisa mempunyai desain dengan ciri khas yang berbeda dan of course, idealisme Anda bisa Anda tuangkan. Untuk lebih jelasnya tentang memilih reseller atau produksi, Anda bisa baca selengkapnya di sini.

Ketiga, Tentukan Jalur DIstribusi

Oke, untuk jalur distribusi penjualan produk distro pada umumnya ada 3 pilihan… Yakni offline, online atau kombinasi keduanya. Kalau offline, sudah barang tentu Anda memerlukan tim penjualan. Anda bisa masuk ke toko-toko distro atau dengan memasuki komunitas tertentu dan menjualnya secara khusus. Kelebihannya, Anda mempunyai kedekatan emosional dan brand Anda bisa melekat di hati pecintanya. Tetapi sayangnya, modal Anda harus besar dan jangkauan pasar Anda terbatas. Sedangkan jika memilih menggunakan pemasaran online, biaya Anda lebih kecil. Yang Anda butuhkan hanyalah sebuah website yang ter-SEO dengan sejumlah biaya yang harus Anda keluarkan untuk memasang iklan produk Anda di google adwords facebook ads. Setelah itu, Anda hanya perlu memperbanyak stok barang. Saran saya, Anda harus masuk di keduanya, tetapi bisa Anda mulai dengan cara online terlebih dahulu. Alasannya? Model online ini “modal marketing” Anda tidak besar dan jangkauan pasarnya sangat luas dan tak terbatas.

Keempat, Rencanakan Anggaran

Di usaha apapun, Anda butuh modal. Tidak ada sebuah usaha yang tanpa modal. Sekecil apapun yang namanya modal tetap lah modal. Nah, bila Anda ingin usaha Anda berjalan mulus, saat Anda memulai usaha distro, silahkan siapkan dana segar sekitar 30 – 45 juta. “Mahal amat yaa?”. Woles aja, dana segitu gak sulit kok dapetinnya yang penting modal kemauan dulu, nanti juga kalo memang sudah "kebelet" pastinya Anda bakalan usaha mati-matian buat dapetin tuh modal. OK
   
Kelima, Tentukan Harga Produk

Pada tahapan ini, Anda harus menghitung total biaya produksi dari produk Anda ditambahkan dengan biaya lain-lainnya. Jika Anda adalah reseller, hitung berapa modal yang Anda keluarkan saat barang Anda sampai ke biaya marketing Anda. Dari sini Anda bisa menghitung berepa harga yang akan Anda bandrol untuk produk Anda.

Keenam, Pasarkan Produk

Setelah Anda menentukan harga, saatnya Anda mulai mengenalkan produk Anda dengan cara PROMOTION. Yups... Promosikan bisnis Anda. Strateginya bermacam-macam dan bergantung dari tujuan Anda. Tujuan Anda menjual membuat orang melakukan pembelian berbeda cara promosinya. Begitu juga target yang Anda bidik. Menjual langsung ke end user akan berbeda cara promosinya dengan menjual ke agen atau reseller bisnis kaos distro. Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana cara promosi yang benar. Sekali lagi, Anda bisa pelajari caranya cukup dengan membaca artikel tujuan promosi.

Jurus Terakhir, Branding Itu Penting! 

Bagian terpenting dari sebuah bisnis adalah branding. Dengan branding, Anda bisa menjual tanpa jualan. Dan seperti yang saya katakan di atas, pasar dari kaos distro adalah anak muda yang yang ingin tampil berbeda dan unik. Kalau Anda produksi sendiri, sepertinya Anda tidak susah untuk menentukkan apa yang Anda branding. Misalnya desain khusus tentang kaos distro muslim dengan bahan yang bagus. Tetapi kalau Anda adalah reseller, hal ini akan jadi masalah. Tipsnya adalah, branding lah layanan dan toko Anda. Contohnya bagaimana? Contohnya adalah Anda membranding toko Anda sebagai toko penjual kaos distro bermerk non bajakan yang berkualitas. Jadi Anda hanya menjual barang-barang yang "EDUN" artinya barang keren bikinan Anda. Setelah nama Anda mulai terkenal dan Anda mulai mempunyai pemasukan yang lumayan, buatlah kaos produksi Anda sendiri. Sebagai contoh lagi yang memakai cara ini? Lihatlah bisnis franchise seperti Alfa****, Indo***** dll. Mereka mulai menjual barang yang umumnya beredar dipasaran namun dengan merek mereka sendiri bukan?

Right... Saya rasa tujuh poin diatas sudah memberikan gambaran buat Anda yang tengah merencanakan untuk membuka usaha Clothing Distro Unik dengan konsep original dari Anda sendiri. Saatnya Anda membuat strategi lanjutan sebelum benar-benar "tempur" dipasaran dengan produk-produk khasnya. Simak pula artikel tentang Sejarah Singkat Asal-Usul Usaha Clothing Distro di Indonesia. Selamat mencoba

3 komentar:

  1. Terimakasih artikelnya sangat membantu sekali, mempunyai usaha sendiri di usia muda memang jadi mimpi banyak orang. Ada banyak jenis usaha yang bisa dilakoni, mulai dari usaha jual pulsa, bisnis kuliner, atau membuka bisnis clothing line misalnya. Memiliki usaha clothing line memang menjanjikan lantaran kebutuhan anak muda akan pakaian dengan desain terbaru cukup tinggi. Terlebih, dengan adanya berbagai aplikasi desain yang saat ini tersedia, proses merancang baju yang sesuai dengan keinginan jadi semakin mudah dilakukan

    www.prodonesia.com

    ReplyDelete
  2. Terimakasi untuk tidak spam disini

    ReplyDelete
  3. Halo, saya Mrs Maureen Martins, pemberi pinjaman pinjaman pribadi. Apakah Anda dalam utang yang buruk? Anda ingin memperluas bisnis ur yo, membayar tagihan Anda, renovasi rumah, atau jika Anda memerlukan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% kepada individu dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang dipahami.
    hubungi kami melalui ema il:
    (maureenmartinsloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete