Definisi Pemasaran Jaringan

Anwariz.com - Pemasaran jaringan adalah istilah yang menggambarkan struktur pemasaran yang digunakan oleh beberapa perusahaan sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka secara keseluruhan. Pemasaran jaringan merupakan sistem penjualan yang memanfaatkan konsumen sebagai tenaga penyalur secara langsung, sehingga harga barang yang ditawarkan di tingkat konsumen adalah harga produksi ditambah komisi yang menjadi hak konsumen.

Apa itu bisnis jaringan, network marketing


Agar lebih mudah dalam memahami apa itu pemasaran jaringan, akan saya uraikan terlebih dahulu beberapa cara memasarkan produk perusahaan (mendistribusikan produk). Secara sederhana, bahwa dalam memasarkan suatu produk dari suatu perusahaan ada dua macam cara :

a. Yang sudah umum berlaku, disebut cara konvensional.

Yaitu sampainya suatu produk kepada konsumen setelah melalui setidaknya 4 (empat) tahap berikut: dari pabrik kepada distributor, kemudian kepada agen, kemudian kepada grosir, lalu kepada pengecer/toko dan baru kepada konsumen. Bila harga dari pabrik Rp. 100.000 maka sesudah sampai kepada konsumen bisa menjadi Rp. 200.000 atau lebih, karena banyak menyerap biaya, seperti biaya produksi, biaya promosi dan biaya lainnya.

b. Sistem pemasaran jaringan (network marketing)

Dalam sistem jenis ini konsumen berperan juga sebagai distributor. Konsumenlah yang menjual produk perusahaan ke konsumen-konsumen lainnya. Jadi seorang konsumen dalam menjual produk akan merekrut konsumen lain (downline) dan ia akan menerima keuntungan (prosentase) dari setiap pembelanjaan downline tersebut. Semakin banyak jaringan (downline) maka semakin besar pula keuntungan yang akan diterima olehnya. Inilah mengapa sistem ini dinamakan sistem pemasaran jaringan. Cara ini memutus tahapan diatas, yakni dari pabrik langsung kepada konsumen yang sekaligus bisa menjadi distributor. Mengenai harga, tetap seperti diatas hanya kelebihan harga pabrik tersebut menjadi keuntungan distributor.


Baca:
Hal yang Harus Dimiliki Oleh Pengusaha
Analogi Bisnis MLM yang Benar
Nah itulah arti pemasaran jaringan. Namun seringkali orang-orang memaknai nework marketing sebagai MLM saja. Bahkan ada yang menganggap pemasaran jaringan adalah money game. Padahal perlu diketahui bahwa MLM dan Money Game adalah bentuk-bentuk pemasaran jaringan. 


Mungkin anda berpikir bahwa bisnis jaringan/networking hanya menguntungkan orang-orang yang bergabung lebih awal??Atau dengan kata lain orang-orang yang bergabung kemudian tidak akan mencapai puncak kesuksesan ? Atau anda berpikir bahwa bisnis networking menggunakan skema piramida??

Bisnis skema piramida seperti dalam money game termasuk penipuan dan pembodohan masyarakat, jadi harus dihindari. Ada dua hal yang perlu kita perhatikan jika berbicara soal piramida. Pertama, yakni keuntungan bagi yang bergabung duluan dan kedua, tertutupnya akses untuk mencapai posisi puncak.

Sebelum kita meninjau dan berbicara mengenai skema piramida dalam bisnis networking, kalau kita jeli melihat, sebenarnya justru bisnis konvensional yang ada jelas jelas berskema piramida. Mengapa saya katakan demikian?

Pertama, dalam perusahaan yang umum ( termasuk BUMN ) coba anda sebutkan ada berapa orang yang menjadi komisaris, direktur, manager dan sebagainya? Hanya segelintir orang bukan? Kalau ada 10 orang karyawan tingkat bawah yang pintar dan berprestasi, apakah mungkin semuanya menduduki jabatan atau posisi atas?

Kedua, apakah kalau anda bekerja di sebuah perusahaan dan karena anda berhasil akhirnya anda diangkat jadi boss atau pemilik sehingga pemilik yang sah menjadi bawahan anda? Tentu tidak bukan? Atasan tetaplah atasan, biarpun bodoh dan tololnya dia. Bawahan tetaplah bawahan biarpun betapa pintar dan rajinnya ia bekerja. Inilah yang disebut piramida. Semua hasil kerja keras kita hanya untuk dinikmati orang-orang yang di atas. Sekarang bagaimana dengan bisnis networking? Bisnis networking yang benar justru tidak berbentuk piramida, kecuali praktik money game dan usaha-usaha penipuan berkedok bisnis networking. Oleh karena itu sekali lagi saya ingatkan, hindarilah pemasaran jaringan berbentuk money game. Jika belum mengerti tentang money game, silahkan tunggu postingan saya selanjutnya tentang bentuk-bentuk pemasaran jaringan.

Bagi anda yang ingin mencoba bisnis pemasaran jaringan yang benar saya merekomendasikan agar anda bergabung dengan Paytren Ust. Yusuf Mansur karena legalitasnya di mata hukum sangat terbukti. Selain itu banyak para tokoh-tokoh agama dan pejabat yang telah merekomendasikan Bisnis Paytren
 Ust. Yusuf Mansur


Namun jika anda ingin mencoba bisnis networking tapi tidak punya modal yang cukup, anda bisa bergabung dengan viral marketing karena gratis pendaftaran. Banyak sudah perusahaan networking dengan pendaftaran gratis.

Mudah-mudahan menjadi referensi bagi Anda tentang bisnis pemasaran jaringan sebelum menekuninya. Semoga bermanfaat

0 komentar

Post a Comment